Browsing Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019 by Title
Now showing items 24-35 of 35
-
Pengembangan Buku Cerita Anak Bilingual berbasis Nilai-Nilai Tanggung Jawab bagi Siswa Sekolah Dasar
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku cerita anak bilingual bagi siswa sekolah dasar. Secara rinci penelitian ini bertujuan mengetahui (1) langkah-langkah pengembangan buku cerita anak bilingual berbasis karakter ... -
Pengembangan Buku Guru dan Buku Peserta Didik Berkarakter berbasis Kurikulum 2013
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian pengembangan buku guru dan buku peserta didik berkarakter berbasis kurikulum 2013 adalah menghasilkan buku ajar berkarakter berbasis kurikulum 2013 yang valid.Metode yang ... -
Penggunaan Alat Peraga Model Matrik Materi Perkalian untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui pennggunaan alat peraga model matrik dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang perkalian pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah Kupang Karangdowo Klaten. ... -
Penggunaan Strategi Pembelajaran Puzzle Drama dalam Muatan Pelajaran PKn dan IPS di Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Muatan pembelajaran tematik sekolah dasar kini begitu berkembang sesuai zamannya. Salah satunya pada muatan sosial seperti Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan pendidikan yang berguna ... -
Peningkatan Aktivitas Siswa melalui Pendekatan Kontekstual berbasis Alam dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang bersifat abstrak. Akan tetapi, fakta tersebut bertolak belakang dengan tahapan perkembangan kognitif siswa usia sekolah dasar yang masih pada tahap operasional konkret. ... -
Peningkatan Hasil Belajar PPKn menggunakan Media Puzzle Pancasila pada Siswa Kelas IA di SD Negeri Rambutan 03 Pagi
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada prinsipnya memiliki tujuan untuk mengembangkan sikap dan nilai moral siswa guna menyiapkan warga negara Indonesia yang lebih baik (a good citizen), berpartisipasi aktif ... -
Peningkatan Minat Belajar IPS melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Artikulasi bagi Siswa Kelas III di SD Muhammadiyah 16 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar IPS melalui strategi pembelajaran Artikulasi pada siswa kelas III SD Muhammadiyah 16 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian ... -
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Pembelajaran berdasarkan Masalah di Kelas X SMA Lab. School Pulau Arar
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X di SMA Lab. School Pulau Arar dengan menerapkan pembelajaran berdasarkan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ... -
Peningkatan Mutu Sekolah melalui Total Quality Management (TQM)
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Total Quality Management (TQM) berasal dari kata "Total" yang berarti keseluruhan atau terpadu, "Quality" yang berarti kualitas, dan "Management" yang telah disamakan dengan manajemen dalam Bahasa Indonesia yang berarti ... -
Peran Guru dalam Memberikan Layanan Bimbingan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah 23 Semanggi Surakarta
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) pelaksanakan bimbingan belajar menulis permulaan, (2) peran guru dalam melaksanakan bimbingan belajar menulis permulaan, (3) kendala dan solusi guru dalam memberikan ... -
Peran Orangtua dalam Pemanfaatan Media Sosial terhadap Pendidikan Anak
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Teknologi saat ini sebuah prameter garis terdepan yang memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan tak terkecuali oleh pengguna media sosial hampir semua Individu memilikinya. Peran penting teknologi inilah ... -
Problematika Pendidikan Inklusi di Indonesia
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan tentang problematika pendidikan inklusi yang ada di Indonesia dan bagaimana langkah yang dapat ditempuh untuk mewujudkan pendidikan inklusi yang sebenarnya. Latar belakang ...