Now showing items 21-40 of 272

    • HUBUNGAN ANTARA KOHESIVITAS KELOMPOK DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA KARYAWAN 

      O, Achmad Dwityanto; Amalia, Pramudhita Ayu (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kohesivitas kelompok dengan komitmen terhadap organisasi di PT. NA Pekalongan. Komitmen terhadap organisasi berfungsi sebagai variabel tergantung, sementara ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER DIPONEGORO 

      Abidin, Zaenal (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Diponegoro adalah salah satu pahlawan nasional yang sampai sekarang masih “hidup” di tengah-tengah bangsa Indonesia. Namanya tidak hanya diabadikan sebagai nama Universitas, tetapi juga untuk Kodam, bahkan untuk nama ...
    • PERAN RUANG TERBUKA SEBAGAI RUANG SOSIALISASI ANAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA 

      Setyowati, Suryaning (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Kebutuhan ruang terbuka sebagai ruang sosialisasi anak menjadi satu masalah di lingkungan perumahan dan permukiman. Keberadaan ruang terbuka di lingkungan perumahan dan pemukiman banyak dimanfaatkan untuk bangunan usaha, ...
    • KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PSIKOLOGI ISLAM 

      Mujib, Abdul (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Fungsi pendidikan adalah transformasi kebudayaan dan nilai kepada peserta didik, agar mampu memahami, menginternalisasikan dan menyampaikan kepada generasi berikutnya. Ada dua faktor pendidikan ialah faktor eksternal, ...
    • RESILIENSI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER 

      Uyun, Zahrotul (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Pendidikan formal secara langsung maupun tidak langsung akan berdampak pada pengembangan karakter individu. Pendidikan karakter dapat dilakukan dengan mengembangkan kemampuan-kemampuan yang ada pada diri individu, antara ...
    • MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KECERDASAN MORAL ANAK USIA PRASEKOLAH DENGAN METODE DONGENG 

      Ahyani, Latifah Nur (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Membangun kecerdasan moral sangat penting dilakukan agar suara hati anak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, sehingga mereka dapat menangkis pengaruh buruk dari luar. Salah satu cara yang dapat digunakan ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER ( KAJIAN DARI TEORI EKOLOGI PERKEMBANGAN) 

      Na’imah, Tri (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Tulisan ini dilatar belakangi beberapa fenomena di masyarakat yang menunjukkan rendahnya karakter anak. Fenomena itu antara lain masih banyaknya kasus bullying di sekolah, tindak asusila, bahkan kriminalitas anak. ...
    • PROFIL KEPRIBADIAN 16 PF PELAKU DAN KORBAN BULLYING 

      Hertinjung, Wisnu Sri; Susilowati; Wardhani, Indrastiti Radna (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Penelitian ini bertujuan untuk memahami profil kepribadian pelaku dan korban bullying berdasarkan faktor-faktor kepribadiannya. Subjek penelitian adalah pelaku dan korban bullying di suatu SMA di kota Surakarta dan berusia ...
    • HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN VOKASIONAL DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMK 

      Hidayati, Dwi Istikhomah; Suparno (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kematangan vokasional dengan motivasi berwirausaha pada siswa SMK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Solo ...
    • PERILAKU KORUP DI MATA MAHASISWA 

      Falah, Falasifatul (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Salah satu faktor yang mempersulit gerakan perang terhadap korupsi adalah hipokrisi yang menjangkiti masyarakat dalam menyikapinya; di satu sisi korupsi dihujat, di sisi lain perilaku korup dianggap sebagai bagian dari ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH: APAKAH MENJADIKAN ANAK-ANAK LEBIH BAIK? 

      Karyani, Usmi (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Gencarnya sounding mengenai urgensi pendidikan karakter disambuat baik oleh banyak pihak, sehingga ghirah (semangat) melaksanakan pendidikan karakter cukup terasa di mana-mana. Pemerintah telah mencanangkan aksi nasional ...
    • MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELOMPOK BELAJAR DAN SELF EFFICACY 

      Partini (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Fakta yang ada di SMP Al-Muayyat Surakarta menunjukkan bahwa 77% siswa bila mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolah lebih memilih menanyakan kepada teman-temannya dari pada membuka referensi dari buku-buku ...
    • ANALISIS PERMASALAHAN PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PRA-SEKOLAH (Studi di TK Al Ghoniyyah Malang) 

      Ni’matuzahroh (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Pendidikan karakter merupakan sebuah proses panjang yang harus dilakukan sejak anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi sekolah dalam menerapkan pendidikan karakter mengingat ...
    • KARAKTER DISIPLIN BERLALU LINTAS DALAM ISLAM 

      Yuwono, Susatyo (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Artikel ini mengambil latar belakang permasalahan meningkatnya pelanggaran lalu lintas yang menunjukkan adanya penurunan karakter kedisiplinan berlalu lintas. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji karakter ...
    • METODE DZIKIR UNTUK MENGURANGI STRES PADA WANITA SINGLE PARENT 

      Hamid, Abdul; Anwar, Zainul; Fasikhah, Siti Suminarti (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Menjadi single parent memang tidak mudah, terutama bagi wanita. Banyak hal yang berubah dan butuh penyesuaian diri. Islam sebagai salah satu agama mampu memberikan ketenangan hati bagi umatnya. Diantara metode untuk ...
    • BUDAYA MANUT DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI JAWA 

      Adab, Gugus; Wiyarto, Andy; Primastito, Zulkarnaen; Moordiningsih (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Salah satu fenomena sosial pada masyarakat Jawa adalah budaya manut dalam proses pengambilan keputusan yang melibatkan sekelompok orang. Manut dalam Bahasa Jawa tentu berbeda dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia yang ...
    • PENGALAMAN MEMBANGUN PEMBELAJARAN BERLANDASKAN KARAKTER ISLAMI DI PSIKOLOGI UMS 

      Kumaidi (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 4 ayat 3 menyatakan bahwa pendidikan merupakan suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Makalah ini didasari oleh pengalaman empirik ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER OLEH GURU (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam di Jakarta) 

      Hastuti, Rahmah; Tiatri, Sri (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Pendidikan karakter mempunyai peran penting dalam pengembangan nilai-nilai positif. Pada saat ini kurikulum pendidikan karakter disajikan secara implisit atau termasuk dalam hidden curriculum. Penelitian ini bertujuan ...
    • POSITIVE PSYCHOLOGY : PSIKOLOGI CARA MERAIH KEBAHAGIAAN 

      Taufik (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Psikologi positif adalah studi tentang emosi-emosi positif untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Memfokuskan pada pemahaman dan penjelasan tentang kebahagiaan dan subjective well-being. Secara operasional psikologi ...
    • PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM KELUARGA JAWA 

      Nurani, Gita Aulia; Puspadewi, Melia; Apriliani, Fitria; Moordiningsih (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Keluarga merupakan komponen terkecil dalam masyarakat yang berperan penting dalam pembentukan karakter anak. Orangtua sebagai model utama dalam keluarga bertindak sebagai penanggungjawab timbulnya perilaku positif maupun ...