Browsing Prosiding Seminar Nasional Pendidikan by Issue Date
Now showing items 21-40 of 156
-
Optimalisasi Apersepsi Pembelajaran Melalui Folklor sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Pemanfaatan folklor sebagai bahan apesepsi menjadi alternatif guru dalam memulai proses pembelajaran. Pembiasan suatu cerita dan tradisi yang turun-temurun inilah yang menjadikan folklor dapat digunakan sebagai bahan ... -
Bimbingan Belajar untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Anak berkebutuhan khusus merupakananak-anak yang memiliki keunikan tersendiri dalam jenis dan karakteristiknya.Sebagai seorang guru selain mengajar juga membimbing anak berkebutuhan khusus dalam hal belajarnya sehingga ... -
Bimbingan dan Konseling dalam Konteks Pendidikan Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Perubahan zaman yang semakin dinamis harus didukung unsur hardskil dan softskil. Fungsi softskill harus direvitalisasikan seiring dengan pengembangan hardskill siswa yang semakin pesat, revitalisasi dapat dilakukan dengan ... -
Integralistik Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Fakta di sekolah dasar, kegiatan Bimbingan Konseling tidak diberikan oleh Guru Pembimbing secara khusus seperti di jenjang pendidikan SMP dan SMA. Guru kelas harus menjalankan tugasnya secara menyeluruh, baik tugas ... -
Fenomena Bullying di SD Negeri 3 Manggung Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Penyebab kekerasan anak di sekolah kebanyakan datang dari teman sebaya atau kakak tingkat yang melakukan intimidasi terhadap pihak yang lebih lemah. Bullying merupakan salah satu bentuk kekerasan yang Kita tidak sadari ... -
Integrasi Nilai Karakter dalam Materi Pembelajaran PPKN di SMA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Materi ajar merupakan salah satu cara bagi pengintegrasian nilai-nilai karakte dalam suatu mata pelajaran. Diasumsikan bahwa jika sebuah materi ajar mampu memuat dan mengorganisasi nilai-nilai karakter didalamnya secara ... -
Pengelolaan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan: 1) pengelolaan pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta, 2) petugas yang mengelola pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul ... -
Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Lembaga pendidikan formal yang terdiri atas jenjang Pendidikan Dasar (SD dan SMP), Sekolah Menengah Atas baik umum maupun kejuruan dan Perguruan Tinggi bertujuan untuk menghasilkan individu mencapai perkembangan optimal ... -
Pemanfaatan Website PGSD untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Mengikuti Kegiatan Program Studi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Salah satu bagian dari IPTEK adalah internet, website menjadi jendela awal dalam memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa, yang mana dalam konteks ini mahasiswa PGSD. Informasi - informasi seputar perkuliahan dan kegiatan ... -
Membangun Kemandirian Belajar melalui Strategi Metakognitif Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Rendahnya kegigihan siswa dalam belajar, baik belajar tentang konsep maupun prosedur atau algoritmik bahkan menemukan solusi dari suatu masalah, menunjukkan bahwa siswa tidak memiliki kemandirian, khususnya kemandirian ... -
Analisis Penanaman Pendidikan Karakter 4 Sifat Nabi “Saft” pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 “Indahnya Kebersamaan” Kurikulum 2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter 4 Sifat Nabi “SAFT” tertera dalam buku siswa kelas 4 tema 1 “Indahnya Kebersamaan”. Jenis penelitian: penelitian Kualitatif,peneliti menganalisis,apakah dalam buku siswa ... -
Penanaman Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Krisis karakter yang terjadi saat ini sangat mengkhawatirkan karena melibatkan anakanak. Hal itulah yang mendasari pentingnya pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Pendidikan karakter di Sekolah Dasar dapat dilaksanakan ... -
Kontribusi Konseling Islam dalam Kasus Sosial Perkembangan Sains dan Teknologi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Perkembangan sains dan teknologi yang begitu pesat sangat dimungkinkan mempengaruhi psikologi manusia. Historisitas sains yang sangat mengandalkan kekuatan akal manusia mengakibatkan manusia berlomba dalam mencari sesuatu ... -
Hubungan Organisasi dengan Mahasiswa dalam Menciptakan Leadership
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Penelitian ini dilakukan oleh mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk mengetahui peranan UKM Ekspo terhadap minat berorganisasi Mahasiswa Pendidikan Guru sekolah Dasar UMS tahun 2014. Penelitian ini menggunakan teknik ... -
Peran Metode Diskusi dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Di tengah-tengah perkembangan dunia yang begitu cepat dan semakin kompleks dan canggih, prinsip-prinsip pendidikan untuk membangun etika, nilai dan karakter peserta didik tetap harus dipegang. Metode diskusi diharapkan ... -
Implementasi Layanan Bimbingan Konseling di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)SD Muhammadiyah Program Khusus merupakan satu dari sekian banyak SD Muhammadiyah yang berada di kota Surakarta. Hadir dan berkembang diharapkan memberi wacana untuk alternatif layanan bimbingan konseling bagi warna ... -
Peranan Guru dalam Mengidentifikasi Masalah Peserta Didik di Sekolah Dasar dan Bentuk Bimbingannya
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Sekolah Dasar (SD) merupakan tempat memberikan dasar ilmu pengetahuan, untuk memperoleh pendidikan selanjutnya. SD sebagai landasan (fundamentals) untuk mengembangkan potensi dasar sebagai titik awal untuk menuju pendidikan ... -
Pembelajaran Berbasis Karakter
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Pembelajaran mengandung makna adanya kegiatan mengajar dan belajar, di mana pihak yang mengajar adalah guru dan yang belajar adalah siswa yang berorientasi pada kegiatan mengajarkan materi yang berorientasi pada ... -
Analisis Penanaman Pendidikan Karakter 4 Sifat Nabi “SAFT” pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 “Indahnya Kebersamaan” Kurikulum 2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter 4 Sifat Nabi “SAFT” tertera dalam buku siswa kelas 4 tema 1 “Indahnya Kebersamaan”. Jenis penelitian: penelitian Kualitatif,peneliti menganalisis,apakah dalam buku siswa ... -
Peranan Guru dalam Mengidentifikasi Masalah Peserta Didik di Sekolah Dasar dan Bentuk Bimbingannya
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Sekolah Dasar (SD) merupakan tempat memberikan dasar ilmu pengetahuan, untuk memperoleh pendidikan selanjutnya. SD sebagai landasan (fundamentals) untuk mengembangkan potensi dasar sebagai titik awal untuk menuju pendidikan ...