Browsing Prosiding Seminar Nasional Pendidikan by Title
Now showing items 88-107 of 156
-
Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Krisis karakter yang terjadi saat ini sangat mengkhawatirkan karena melibatkan anakanak. Hal itulah yang mendasari pentingnya pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Pendidikan karakter di Sekolah Dasar dapat dilaksanakan ... -
Penanaman Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Krisis karakter yang terjadi saat ini sangat mengkhawatirkan karena melibatkan anakanak. Hal itulah yang mendasari pentingnya pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Pendidikan karakter di Sekolah Dasar dapat dilaksanakan ... -
Pendekatan Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan Abad 21
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Proses pembelajaran yang kurang menarik dan membosankan menjadi penyebab tinggi rendahnya kualitas pembelajaran matematika. Banyak siswa yang merasa bahwa matematika terasa sangat sulit. Pendekatan pembelajaran yang ... -
Pendekatan Placed-Based Education Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Optimalisasi Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Tingkat Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Berdasarkan karakteristik pendekatan ilmiah, kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang sangat dekat dengan pengajaran sains. Kegiatan dalam pendekatan berupa kegiatan mengamati, bertanya, mengelompokkan, memperkirakan, ... -
Pendidikan Dasar: Antara Harapan dan Kenyataan
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Kualitas pendidikan memepengaruhi kualitas sumber daya manusia. Upaya peningkatan pendidikan selalu menjadi perhatian serius di berbagai negara, tidak terkecuali negara Indonesia. Indonesia mempunyai pekerjaan rumah ... -
PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KECERSASAN MEJEMUK DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN SISWA SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KOTA SURAKARTA
(MUP UMS, 2012-05)Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter di sekolah dikembangkan melalui tiga pendekatan, yaitu : Inquiry-based learning (pendekatan yang merangsang daya minat anak), Collaborative dan ... -
Pendidikan Karakter Di Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar Melalui Model Group Investigation
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Character education is one important concern in human development from an early age through formal education. The current state of society requires the development and strengthening of a strong character to improving the ... -
Pendidikan Yang Humanis Melalui Pembelajaran Tematik
(MUP UMS, 2012-05)Researches and national statistic data on low-grade learning outcomes indicates that there is a serious problem on Education in Indonesia. Based on the currently data and researches, we need to change or reform the ... -
Penerapan Jiwa Teknopreneur Sejak Usia Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran SBK (Seni Budaya Dan Keterampilan) Sebagai Solusi Ekonomi Masa Depan
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)This study aims to: (1) Describe the process of applying the technopreneur's spirit since elementary school in SBK subjects (2) Describe the process of applying teknopreneur as a form of future economic solution (3) ... -
Penerapan Kegiatan Champion Day sebagai Upaya Meningkatkan Perkembangan Emosi Anak (Studi Kasus di TK Lazuardi Kamila Banjarsari Surakarta)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan Champion Day dalam meningkatkan perkembangan emosi anak Penelitian ini dilakukan di TK Lazuardi Kamila, Banjarsari Surakarta, dimana anak kelompok B ... -
Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Belakang
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai guling belakang pada siswa kelas IX-D SMP Negeri 3 Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012 dengan menggunakan media pembelajaran audio-visual. Penelitian ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEBAGAI UPAYA MERETAS SEKOLAH HUMANIS DI SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KOTA BARAT SURAKARTA
(MUP UMS, 2012-05)This study aimed to apply the model of interactive learning in science lessons with group work, as an effort to repair and improvement of the learning process. The research method using a Classroom Action Research studies ... -
Penerapan Strategi Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 Ngawi Tahun Ajaran 2013/2014
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-03)Abstrak Penelitian ini bertunjuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan strategi embelajaran Inside Outside Circle (IOC) kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 )l"gawi tabun ajaran ... -
Pengaruh Model Asesmen Terhadap Higher Order Thinking Skill dan Keterampilan Proses Sains Yang Dikontrol Oleh Past Performance
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan rerata higher order thinking skill dan keterampilan proses sains pada kelompok asesmen terintegrasi dan konvensional yang ditinjau dari past performance, serta untuk ... -
Pengaruh Reward And Punishment terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 3 Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh reward terhadap kedisiplinan siswa kelas tinggi SD Negeri 3 Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015, 2) mengetahui pengaruh punishment ... -
Pengaruh Reward and Punishment terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 3 Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh reward terhadap kedisiplinan siswa kelas tinggi SD Negeri 3 Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015, 2) mengetahui pengaruh punishment ... -
Pengaruh Strategi MURRDERR, Minat Penjurusan, dan Kemampuan Dasar Matematis Terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Dan Disposisi Kreatif Matematis Mahasiswa PGSD
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Creative thinking ability and disposition (CTAD) dituntut dalam aktivitas belajar matematika dalam penguatan program belajar guru sekolah dasar (PGSD). Untuk itu, pemilihan pendekatan dan strategi yang tepat akan membuat ... -
Pengelolaan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan: 1) pengelolaan pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta, 2) petugas yang mengelola pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul ... -
Pengelolaan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan: 1) pengelolaan pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta, 2) petugas yang mengelola pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul ... -
Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Bagi Calon Guru Sekolah Dasar Berpendekatan Local Wisdom
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)UU Sisdiknas no 20 tahun 2013 pasal 36, yakni kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan jenjang satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Selain ...