Browsing Prosiding Seminar Nasional Pendidikan by Title
Now showing items 28-47 of 156
-
Implementasi Layanan Bimbingan Konseling di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)SD Muhammadiyah Program Khusus merupakan satu dari sekian banyak SD Muhammadiyah yang berada di kota Surakarta. Hadir dan berkembang diharapkan memberi wacana untuk alternatif layanan bimbingan konseling bagi warna ... -
Implementasi Layanan Bimbingan Konseling di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)SD Muhammadiyah Program Khusus merupakan satu dari sekian banyak SD Muhammadiyah yang berada di kota Surakarta. Hadir dan berkembang diharapkan memberi wacana untuk alternatif layanan bimbingan konseling bagi warna ... -
Implementasi Media Mas Novel berbasis Kearifan Lokal untuk Penanaman Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa SD
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)This research is a development research which consists of 3 stages, namely: preparing for the experiement, design experiment, and retrospective analysis. The location of this research was conducted at SD Djama’atul Ichwan ... -
Implementasi Pembelajaran berkarakter pada Matapelajaran Bahasa indonesia di SD Muhammadiyah 10 Surakarta: Kendala dan Solusinya
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-03)Mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang cenderung menggunakan pendekatan monolitik dan bersifat top down. Guru hanya menekankan pada pembahasan apa yang ada dalam buku teks, tanpa dikaitkan dengan ... -
Implementasi Pembelajaran Inovatif dan Kreativitas Guru dalam Pendidikan Profetik di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun 2014
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran inovatif dan kreatifitas guru dalam pendidikan profetikdi SDIT Nur Hidayah Surakarta dengan menggunakan pengamatan, wawancara dan melihat dan menganalisis ... -
Implementasi Pembelajaran Inovatif dan Kreativitas Guru dalam Pendidikan Profetik di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun 2014
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran inovatif dan kreatifitas guru dalam pendidikan profetikdi SDIT Nur Hidayah Surakarta dengan menggunakan pengamatan, wawancara dan melihat dan menganalisis ... -
Implementasi Think Talk Write (TTW) dalam Pembelajaran Menulis Surat Resmi di Sekolah Dasar
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Menulis surat resmi di sekolah dasar menjadi salah satu pembelajaran yang membutuhkan pemikiran yang dituangkan dalam bentuk gagasan. Kajian tulisan ini membahas mengenai menulis surat resmi dengan menggunakan model think ... -
Inovasi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence dalam Kegiatan Pembelajaran Membaca Kelas 1 di MI Muhammadiyah PK Kartasura
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Pada sekolah dasar, membaca merupakan keterampilan dasar potensial. Terdapat dua sasaran pokok pembinaan keterampilan membaca, yaitu peningkatan kemampuan membaca dan membangun budaya membaca. Siswa sebagai subyek belajar ... -
Inovasi Pembelajaran Matematika berbasis Double Loop Learning: Menumbuh Kembangkan Peserta Didik Mandiri dan Bermartabat
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Inovasi model pembelajaran matematika berbasis double loop learning yang efektif meningkatkan output pembelajaran. Pembelajaran matematika berbasis double loop learning, dalam paradigma “peserta didik aktif mengkontruksi ... -
Integralistik Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Fakta di sekolah dasar, kegiatan Bimbingan Konseling tidak diberikan oleh Guru Pembimbing secara khusus seperti di jenjang pendidikan SMP dan SMA. Guru kelas harus menjalankan tugasnya secara menyeluruh, baik tugas ... -
Integralistik Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Fakta di sekolah dasar, kegiatan Bimbingan Konseling tidak diberikan oleh Guru Pembimbing secara khusus seperti di jenjang pendidikan SMP dan SMA. Guru kelas harus menjalankan tugasnya secara menyeluruh, baik tugas ... -
Integrasi Nilai Karakter dalam Materi Pembelajaran PPKN di SMA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Materi ajar merupakan salah satu cara bagi pengintegrasian nilai-nilai karakte dalam suatu mata pelajaran. Diasumsikan bahwa jika sebuah materi ajar mampu memuat dan mengorganisasi nilai-nilai karakter didalamnya secara ... -
Integrasi Nilai Karakter dalam Materi Pembelajaran PPKn
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Materi ajar merupakan salah satu cara bagi pengintegrasian nilai-nilai karakte dalam suatu mata pelajaran. Diasumsikan bahwa jika sebuah materi ajar mampu memuat dan mengorganisasi nilai-nilai karakter didalamnya secara ... -
Interaksi Pada Pendekatan Saintifik (Kajian Teori Scaffolding)
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Pendekatan saintifik merupakan salah satu unsur strategis di dalam praktik Kurikulum 2013 (K13). Pendekatan saintifik tersebut memiliki lima unsur yang merupakan satu kesatuan, yaitu: mengamati, menanya, mencoba, ... -
Kemampuan Calon Guru Dalam Mengembangkan Pra Pedagogical And Professional – Experience Repertoires (PaP-eRs) Sebagai Pendukung Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Sesuai Karakteristik Pedagogical Content Knowledge (PCK)
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)This study aims to determine the ability of pre-service teachers’ in developing pre PaP-eRs as a support in implementing learning according to the characteristics of PCK. Pre PaP-eRs is a narrative description of pre-service ... -
Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Kelas IV B SDM 14 Surakarta
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)This research was intend to know the implementation of scientific process skills in elementary school of Muhammadiyah 14 Surakarta. It was qualitative research. The subject of this research was students on grade IV B. ... -
KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN BILANGAN PECAHAN DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) SEBAGAI UPAYA MERETAS SEKOLAH HUMANIS
(MUP UMS, 2012-05)This study aims to describe 1) the implementation of contextual teaching learning (CTL) to the students of Grade 4 at SD Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta; 2) the ability to add the fraction after ... -
Kepemimpinan Kewirausahaan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Teacherpreneurship di Era MEA
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah dalam: 1)meningkatkan pengetahuan kewirausahaan bagi guru di era MEA; 2) menumbuh-kembangkan jiwa kewirausahaan bagi guru di era MEA; ... -
Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Artikel ini membahas tentang kesiapan mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Kesiapan ini dilihat dari 5 dimensi, yaitu (1) tingkat kepribadian dan sosial mahasiswa calon guru, (2) ... -
KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PEMBELAJARAN
(MUP, 2012-05)This study aimed to: 1) describe differences in mathematical communication skills among students who have learning with Creative problem Solving (CPS) with students who have learning Invitation Into Inquiry (iii). 2) ...