Now showing items 966-985 of 7463

    • Bentuk Vokatif dalam Dialog Wacana Bahasa Jepang 

      Sutawikar, Elly; Ginanjar, Pika Yestia (Muhammadiyah University Press, 2017-04-04)
      Bentuk vokatif (sapaan) digunakan untuk mengisyaratkan sikap positif dan menunjukkan rasa hormat atau keakraban kepada mitra tutur pada saat berkomunikasi. Berbeda dengan bahasa Indonesia yang sangat produktif dalam ...
    • Bentuk-Bentuk Adaptasi Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Banjir (Studi Kasus di Desa Pelangwot Kecamatan Laren Lamongan) 

      Huda, Imam Arifa’illah Syaiful (Muhammadiyah University Press, 2016-06-04)
      Desa Pelangwot sebagai salah satu desa di Kecamatan Laren Lamongan yang sering terjadi banjir. Adaptasi merupakan salah satu cara dalam menghadapi bencana banjir. Manusia selalu bertahan dari bencana yang menimpa dengan ...
    • Bentuk-Bentuk Kalimat Imperatif Sederhana Dalam Proses Pembelajaran Di SMA Kebakkramat 

      Viveria C., Etty (Ikatan Alumni MPB bekerja sama dengan Magister Pengkajian Bahasa Program UMS, 2013-03-01)
      Guru adalah pendidik yang memberikan sejumlah ilmu pengetahuan kepada anak didiknya di sekolah (Saiful dalam Faturrohman, 2007:43). Selain memberikan sejumlah ilmu pengetahuan, guru juga bertugas menanamkan nilai-nilai ...
    • Bentuk-Bentuk Perilaku Bullying di Sekolah Dasar 

      Hertinjung, Wisnu Sri (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)
      Abstraksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying yang terjadi di sekolah dasar baik dari versi pelaku maupun korban. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 4 – 5 dari SD ...
    • Berat Badan Bayi dan Pemberian Makanan pada Bayi Usia 0-6 Bulan 

      Kulsum, Ummi; Astuti, Pri (LPPM STIKES Muhammadiyah Kudus, 2016-02)
      Infant feeding from birth is still a problem, especially in developing countries. Problems breastfeeding infants is a very complex issue that is influenced by several things, among others, the motivation and knowledge of ...
    • Berbagai Macam Pengunci Layar (Lock Screen) Smartphone 

      Yulianto, Dimas Agung (Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018, 2018-03)
      Pemakai smartphone sudah mencapai jumlah yang banyak dan sangat membantu dalam aktifitas sehari-hari. Data-data krusial (baik yang bersifat pribadi maupun bisnis) pada smartphone perlu dilindungi agar tidak jatuh ke ...
    • Berkreasi Dengan Digital Storytelling Sebagai Alternatif Strategi Pembelajaran 

      Yuliana, Irma; Wantoro, Jan (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2, 2017-08)
      Vlog atau video blog adalah salah satu konten kreatif digital yang segar,bercerita tentang apapun yang kadang luput dari perhatian sehingga cukup popular terutama di media sosial seperti Youtube. Sebanyak 60,5 % publik yang ...
    • Bermain dan Bersenam Si Buyung untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar dan Penguatan Karakter Anak – Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar 

      Marzuki, H.; Utami, Hj. Sri (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)
      Salah satu pendekatan dalam kegiatan belajar di Taman- Kanak-Kanak (TK) dan di kelas rendah (SD) adalah belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar. Ciri-ciri dunia anak usia sekolah kelas rendah antara 6-8 tahun ...
    • Bermain dan Bersenam Si Buyung untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar dan Penguatan Karakter Anak-Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar 

      Marzuki; Sri Utami (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)
      Salah satu pendekatan dalam kegiatan belajar di Taman- Kanak-Kanak (TK) dan di kelas rendah (SD) adalah belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar. Ciri-ciri dunia anak usia sekolah kelas rendah antara 6-8 tahun ...
    • Bermain dan Regulasi Diri (Kajian Teori Vygotsky) 

      Abduh, Muhammad (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2, 2017-08)
      Vygotsky telah meletakkan pondasi pedagogi yang menginspirasi banyak peneliti untuk megembangkan teori Vygotsky lebih mendalam. Sejumlah peneliti menyebut diri mereka Vygotskian, atau mengklaim penelitian yang dilakukannya ...
    • Berpikir Analogis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Matematika 

      Zawawi, Irwani; Sujalwo (Muhammadiyah University Press, 2016-08-03)
      This study is aimed to obtain a description of analogical thinking students in solving the mathematical problems in terms of mathematical abilities. This research used a qualitative descriptive design. Researchers chose ...
    • Berpikir Koneksi Relatif Melalui Refleksi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika 

      Suharna, Hery; Muanty, Lianda S (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)
      Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan tentang koneksi matematis relatif melalui reflektif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Berpikir koneksi yang perlu digaris bawahi yaitu: (1) Mahasiswa ...
    • Berpikir Matematis di Lingkungan Psikososial yang Ramah Anak 

      Hidayati, Yulia Maftuhah (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2, 2017-08)
      Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh lingkungan psikososial yang ramah anak terhadap berpikir matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kajian kepustakaan ...
    • Berpikir Positif Untuk Mengatasi Kecemasan Berbicara di Depan Kelas 

      Prakosa, Bayu; Partini (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Setiap siswa berharap terhindar dari rasa cemas ketika berbicara di depan kelas, namun kenyataannya banyak siswa mengalami perasaan negative seperti: takut salah atau ditertawakan, malu, merasa tidak bisa, atau merasa ...
    • Beyond Compliance, Antara Penghargaan dan Perilaku Bisnis Etis Studi Kasus: Proper Peringkat Emas Lingkungan Hidup 

      Risdwiyanto, Andriya (LPPM Universitas Muhammadiyah Semarang, 2015-08)
      This study was conducted to provide answers and explanations for the emergence of two fundamental questions. First, how the state of society and the environment around the operating company ratings gold rank of PROPER. ...
    • Bias Penulisan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Pelajaran Agama Islam Sekolah Dasar 

      Zainuddin, Almuntaqo (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)
      This study is aimed to identify the form of character values in the textbook of Islamic Religion Education for primary school and the correspondence with character values formulated by Center of Curriculum of Ministry ...
    • Biji Jewawut dan Beras Merah sebagai Media Alternatif Bibit F1 Jamur Tiram dan Jamur Kuping 

      Febriyanti, Diana; Suparti, S (Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4, 2019-04)
      Biji jewawut mengandung karbohidrat sebesar 72%- 84,2%, sedangkan kadar karbohidrat beras merah yaitu 77,26 % yang baik untuk pertumbuhan misellium bibit F1 jamur tiram dan jamur kuping. Penelitian ini bertujuan untuk ...
    • Bilangan Terhubung Pelangi Graf Berlian 

      Shulhany, M.A.; Salman, A.N.M. (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)
      Misalkan G=(V,E) adalah suatu graf. Fungsi c dari E ke {1, 2, ..., k} dikatakan pewarnaan-k pelangi pada G, jika untuk setiap pasang titik u dan v di V terdapat suatu lintasan dengan u dan v sebagai titik ujung yang ...
    • Bimbingan Belajar untuk Anak Berkebutuhan Khusus 

      Rofiah, Nurul Hidayati (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)
      Anak berkebutuhan khusus merupakananak-anak yang memiliki keunikan tersendiri dalam jenis dan karakteristiknya.Sebagai seorang guru selain mengajar juga membimbing anak berkebutuhan khusus dalam hal belajarnya sehingga ...
    • Bimbingan Belajar untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar 

      Rofiah, Nurul Hidayati (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)
      Anak berkebutuhan khusus merupakananak-anak yang memiliki keunikan tersendiri dalam jenis dan karakteristiknya.Sebagai seorang guru selain mengajar juga membimbing anak berkebutuhan khusus dalam hal belajarnya sehingga ...