Browsing by Subject "Hasil Belajar"
Now showing items 1-10 of 10
-
MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN KETERAMPILAN GENERIK MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SILIWANGI TASIKMALAYA PADA MATA KULIAH MIKROBIOLOGI
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05-20)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran pada mata kuliah mikrobiologi serta hasil belajar yang diperoleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Siliwangi Tasikmalaya setelah ... -
Pemanfaatan Lahan Sekolah sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Pemanfaatan lahan sekolah sebagai sumber belajar merupakan salah satu strategi dalam menyampaikan materi kepada siswa dimana tujuannya agar siswa termotivasi dalam belajar dan tujuan akhir yaitu meningkatkan hasil belajar ... -
PENERAPAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER VI PROGRAM STUDI PG PAUD PADA MATA KULIAH PENULISAN KARYA ILMIAH (PKI)
(STIKES Muhammadiyah Pekajangan, 2016-08-27)Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah (PKI) pada mahasiswa Program Studi PG PAUD. Jenis penelitian yang dilakukan ini termasuk Penelitian Tindakan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Prima untuk Mengoptimalkan Penguasaan Konsep Siswa SMA Negeri 2 Gorontalo pada Matapelajaran Biologi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Hasil observasi awal menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran biologi di SMA Negeri 2 Gorontalo, lebih berfokus kepada mengajar daripada membelajarkan, artinya guru mentransfer pengetahuan yang dimilikinya dengan cara ... -
Penerapan Pembelajaran Matematika Dengan Strategi TGT dan NHT Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keaktifan Peserta Didik
(Muhammadiyah University Press, 2016-08-03)Bervariasinya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh beberapa faktor , antara lain : faktor strategi pembelajaran guru dan keaktivan peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Berkarakter Antikorupsi Berbantuan Film (Pankorfi) pada Mata Pelajaran PKn
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Pemberantasan korupsi tidak cukup dilakukan pemerintah melalui penegakan hukum semata tetapi perlu dukungan semua pihak. Salah satunya melalui pendidikan antikorupsi. Berdasarkan hasil field study di SDN Kalimacan 1, SDN ... -
Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Probing Prompting (PTK di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Kelas VII Tahun Pelajaran 2017/2018)
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar matematika siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah 4 Surakarta melalui model pembelajaran Probing Prompting. Penelitian ini termasuk ... -
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Posing
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa kelas X AP 2 SMK Prawira Marta Kartasura melalui penerapan model pembelajaran Problem posing. Penelitian ini ... -
Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Geografi Konsep Pedosfer Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Siswa Kelas X Sma Negeri I Klirong Kabupaten Kebumen
(MUP-lppmums, 2011-04)Tujuan PTK ini adalah: (a) Untuk meningkatkan minat belajar geografi pada konsep Pedosfer, (b) Untuk meningkatan hasil belajar Geografi pada konsep Pedosfer melalui model pembelajaran kooperatif tipe investigasi Kelompok ... -
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA (KHUSUSNYA MATERI BIOLOGI) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL (PROJECT BASED LEARNING) DALAM MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN “CINTAI LINGKUNGAN, AKU SELAMATKAN DUNIA”
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05)Kurikulum 2013 yang sedang diimplementasikan di sekolah–sekolah menuntut agar dalam pembelajaran terjadi aktivitas aktif dimana nantinya siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang bersifat kontekstual dan nyata. ...