Browsing Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya by Title
Now showing items 526-545 of 548
-
Studi Analisis Perbandingan Algoritme Pathfinding pada Simulasi Unity 3D
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018, 2018-03)Pathfinding digunakan suatu objek untuk mencari jalur dari satu tempat ke tempat lain berdasarkan keadaan peta dan objek lainnya. Dalam pathfinding dibutuhkan algoritme yang dapat dengan cepat memproses dan menghasilkan ... -
Studi Komparasi Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif 5E dan STAD
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian kajian teori. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan model pembelajaran kooperatif tipe 5E dan STAD dalam meningkatkan keterampilan ... -
Studi Konvergensi Ageing (Penuaan) pada Beberapa Negara Mediterania
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Fenomena ageing (penuaan) menjadi topik yang banyak diangkat dalam penelitian demografis akhir-akhir ini, terutama di negaranegara Mediterania. Seperti yang umum terjadi, orang-orang yang meninggalkan Eropa Utara dan ... -
Studi Literatur: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mood, Understand, Recall, Detect, Elaborate, Review (Murder) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018, 2018-03)Berbagai penelitian banyak yang menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa di Indonesia kurang memuaskan. Berdasarkan penelitian-penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran ... -
Super Graceful Labeling for A Class of Trees
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03) -
Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07) -
Teorema Titik Tetap di Ruang Metrik Ms Lengkap
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Konsep ruang metrik pertama kali dicetuskan pada tahun 1906 oleh matematikawan asal Perancis yaitu Maurice Fréchet. Dengan berjalannya waktu, ternyata penerapan ruang metrik sangat dirasakan manfaatnya sehingga penelitian ... -
Teorema-Teorema Kekonvergenan pada Integral Riemann, Lebesgue dan Henstock
(MUP, 2011-07)Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan membuktikan syarat-syarat cukup yang menjamin fungsi limit dari barisan fungsi terintegral ( Riemann atau Lebesgue atau Henstock) pada [a,b] juga terintegral pada [a,b], dan nilai ... -
The Model of Problem Solving in Mathematics Learning in Indonesia
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Most in learning mathematics in Indonesia, students are familiarized with the write-down is known, asked, and the answer to resolving the issue. Conditioning is different from the theories of problem-solving, such as Polya ... -
The Model of Problem Solving in Mathematics Learning in Indonesia
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Most in learning mathematics in Indonesia, students are familiarized with the writedown is known, asked, and the answer to resolving the issue. Conditioning is different from the theories of problem-solving, such as Polya ... -
Tradisional Snakes & Ladders Game Berbasis IT untuk Meningkatkan Prestasi Perkalian Pembagian Bilangan Cacah pada Anak SD
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Kualitas pendidikan di tingkat dasar dituntut untuk selalu lebih baik seiring dengan perubahan dunia. Pembelajaran matematika yang monoton dan anggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, dapat menjadi faktor ... -
Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Limit Fungsi Bagi Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 2 Sragen
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Sragen melalui pembelajaran Discovery Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA. Instrumen penelitian ... -
Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Discovery Learning di MAN 3 Yogyakarta
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa setelah menerapkan model discovery learning pada siswa MAN 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian dilakukan di kelas ... -
Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Yogyakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar matematika siswa kelas IX-A di SMP Negeri 1 Yogyakarta dengan menggunakan metode penemuan terbimbing. Adapun jenis penelitian yang peneliti gunakan ... -
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament SMP
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Bantul semester genap tahun ajaran ... -
Upaya Meningkatkan Pemahamam Konsep Dimensi Tiga Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Realistik Pada Siswa Kelas XII MIPA Unggulan 1 SMA Negeri 1 Cawas Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018, 2018-03)Dalam pembelajaran matematika di kelas XII MIPA UNGGULAN 1, khususnya materi dimensi tiga, peneliti sekaligus guru mengeluhkan rendahnya kemampuan siswa dalam menerapkan konsep matematika. Hal ini terlihat dari banyaknya ... -
Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa kelas X 2 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta melalui penggunaan model pembelajaran treffinger. Jenis penelitian ini ... -
Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Macromedia Flash Pada Siswa Kelas Viii F SMP Negeri 3 Muntilan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Muntilan pada materi prisma dan limas dengan model inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah ... -
Upaya Meningkatkan Sikap Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Posing Dalam Setting Team-Assisted Individualization (TAI)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kritis siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan problem posing dalam setting Team-Assisted Individualization (TAI) di kelas XII IPA 1 SMAN 1 Gamping tahun pelajaran ... -
Upaya Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan, Pergaulan Bebas Melalui Pendekatan Pembelajaran Realistik Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal Menggunakan Konsep Pemahaman Suku Sejenis / Tak Sejenis Pada Peserta Didik Kelas XI BB 3 SMK Negeri 2 Gedangsari Tahun Pelajaran 2017/2018
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018, 2018-03)Nopember 2017, terjadi perkelaian pelajar di lingkungan sekolah. Penyebabnya salah satu anak perempuan mengalami perundungan (bullying). SMK Negeri 2 Gedangsari, mempunyai visi dan misi untuk mempersiapkan kualitas sumber ...