Browsing Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya by Subject "matematika"
Now showing items 1-8 of 8
-
Analisis Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Metakognisi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metakognisi peserta didik dalam memecahkan masalah matematika di kelas XI SMA NU 01 Al-Hidayah Kendal.Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang dideskripsikan ... -
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE TEAM QUIZ DAN LEARNING CELL DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA
(MUP, 2011-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Efek interaksi antara metode ... -
Integrasi Kurikulum Cambridge dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama (Perpektif Pengembangan Prosedur )
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui cara mengintegrasikan kurikulum Cambridge ke dalam kurikulum 2013 di mata pelajaran matematika kelas 7 dan 2) hasil pembelajaran dari implementasi kurikulum terintegrasi. Pendekatan ... -
Penalaran Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Faktorisasi Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 1 Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa kemampuan tinggi dalam memecahkan masalah pada materi faktorisasi bentuk aljabar, (2) untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa kemampuan ... -
Pengembangan Media Permainan Balok Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa memahami materi pelajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development).Tujuan penelitian ini untuk ... -
Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Pada Bangun Ruang (PTK Pada Siswa Kelas Viii Semester Genap Mts Ypi Klambu Tahun Ajaran 2011/2012)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada bangun ruang (kubus dan balok). Metode yang ... -
Peningkatan Partisipasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian tindakan kelas ini, dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian terdiri ... -
Peran Berpikir Analogi Dalam Memecahkan Masalah Matematika
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Memiliki pengetahuan dan kemampuan berfikir adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan berpikir tanpa bahan pengetahuan, sebaliknya kemampuan berpikir akan memperkaya pengetahuan. ...