Browsing Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika by Title
Now showing items 58-77 of 125
-
Kesalahan Siswa SMP Menyelesaikan Soal Aljabar Ditinjau dari Taksonomi SOLO di SMP Negeri 1 Sambi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal aljabar yang ditinjau dari lima level taksonomi SOLO. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek ... -
Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)Tujuan penelitian yaitu mendiskripsikan kesulitan siswa pada aspek bahasa, prasyarat, terapan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jenis penelitian berdasarkan pendekatan kualitatif dengan design etnografi. ... -
Komparasi Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Tingkat Berpikir Kritis dan Kedisiplinan Belajar Siswa SMK
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji (1) perbedaan pengaruh tingkat berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) perbedaan pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar ... -
Kontribusi Fasilitas dan Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Penelitian ini bertujuan untuk, (1) menguji kontribusi fasilitas, dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalu motivasi (2) menguji kontribusi fasilitas, dan perhatian orang tua ... -
Kontribusi Keaktifan Siswa, Fasilitas Belajar, dan Pergaulan di Sekolah terhadap Motivasi Belajar Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Tujuan penelitian, menguji kontribusi keaktifan siswa, fasilitas belajar, dan pergaulan disekolah terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui motivasi belajar. Jenis penelitian ini berdasarkan pendekatan ... -
Kontribusi Kemampuan Awal, Minat dan Kemandirian Mahasiswa terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Persamaan Differensial
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menguji kontribusi kemampuan awal, minat dan kemandirian mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah Persamaan Differensial, (2) menguji kontribusi kemampuan awal terhadap hasil ... -
Kontribusi Kepribadian, Fasilitas, dan Monitoring Orang Tua terhadap Kedisiplinan dan Hasil Belajar Siswa SMK
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Tujuan penelitian, (1) menguji kontribusi kepribadian, fasilitas belajar, dan monitoring orang tua terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui kedisiplinan, (2) menguji kontribusi kepribadian, fasilitas ... -
Kontribusi Komunikasi Matematik, Persepsi Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika, dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Purwodadi
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini dilakukan dengan tujuan, (1)menguji kontribusi komunikasi matematik, persepsi siswa pada mata pelajaran matematika dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) menguji kontribusi komunikasi ... -
Kontribusi Kreativitas dan Keaktifan Berorganisasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis serta Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMK
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji kontribusi kreativitas dan keaktifan berorganisasi terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui kemampuan berpikir kritis, (2) menguji kontribusi kreativitas ... -
Kontribusi Motivasi, Kedisiplinan, dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Tujuan penelitian, (1) menguji kontribusi motivasi, kedisiplinan, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) menguji kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, (3) menguji kontribusi ... -
Kontribusi Perhatian Orangtua dan Lingkungan Sosial Terhadap Aktivitas Belajar Siswa dan Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menguji: (1) Kontribusi perhatian orangtua dan lingkungan sosial secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui aktivitas belajar, (2) Kontribusi perhatian ... -
Kontribusi Sikap Disiplin, Fasilitas Belajar, Monitoring Orang Tua Terhadap Kemandirian Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Tujuan penelitian, (1) menguji kontribusi sikap disiplin, fasilitas belajar, dan monitoring orang tua terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui kemandirian siswa, (2) menguji kontribusi sikap disiplin, ... -
Latent Class Clustering Analysis Dalam Pengelompokan Kelurahan di DKI Jakarta Berdasarkan Ketelantaran Lansia
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial lanjut usia (lansia), perlu dilakukan pembinaan terhadap para lansia tersebut. Agar pembinaan dapat dilakukan secara tepat, maka diperlukan pengelompokan terhadap daerah binaan. ... -
Menentukan Tingkat Persediaan Optimum Menggunakan Metode P (Periodic Reviews Method) Dengan Demand Selama Lead Time Berdistribusi Probabilistik
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Untuk menentukan besarnya tingkat persediaan optimum apabila dalam pemesanan memerlukan lead time, tentunya diperlukana analysis inventory tertentu , diantaranya dengan Metode P (Periodic Review Method) yang memperhatikan ... -
Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Soal Matematika pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kemampuan Matematika SMP
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah soal matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari kemampuan matematika. Berdasarkan indikator ... -
PAMIT (Puzzle Matematika Hit Mat) sebagai Media Pembelajaran Ramah Lingkungan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)PAMIT (Puzzle Matematika Hit Mat) bertujuan untuk mengetahui: (1) cara membuat matematika Hit Mat menjadi puzzle yang ramah lingkungan, (2) respon siswa terhadap PAMIT (Puzzle Matematika Hit Mat) sebagai media pembelajaran ... -
Pemahaman Matematika Berbasis Tingkat Kemampuan Siswa Materi Logaritma
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pemahaman matematika pada siswa yang mempunyai kemampuan tinggi materi logaritma. 2) untuk mendeskripsikan pemahaman matematika pada siswa yang mempunyai kemampuan ... -
Pemanfaatan Sumber Belajar berbasis Permainan Batar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Kegiatan pembelajaran matematika di sekolah umumnya cenderung membosankan. Banyak guru yang menerapkan proses pembelajaran yang terpusat pada guru (teacher center), selain itu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru ... -
Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Think Pair Share Ditinjau dari Komunikasi Matematik Siswa
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan pengaruh strategi pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation(GI) dan Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan pengaruh tingkat ... -
Pembelajaran Matematika Berbasis Kegiatan (Activities-based Learning Mathematics)
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)