Browsing Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika by Title
Now showing items 53-72 of 125
-
Kajian Soal Pada Buku Teks Matematika Siswa Kelas VII Semester 2 Kurikulum 2013 (Edisi Revisi 2016) Menggunakan Framework PISA
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian soal-soal pada buku teks matematika siswa kelas VII semester 2 kurikulum 2013 (edisi revisi 2016) ditinjau dari framework PISA. Instrumen yang digunakan untuk ... -
Kata Pengantar & Daftar Isi
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05) -
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Aljabar Berbasis TIMSS Pada Siswa SMP Kelas VIII
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika aljabar berbasis TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) dan mengetahui persentase kesalahan siswa. Jenis penelitian ... -
Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Bentuk Cerita Berbasis Newman di MAN Salatiga
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal program linier bentuk cerita. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ... -
Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Taksonomi Solo Kelas X
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam meneyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari lima level taksonomi SOLO dan faktor-faktor yang ... -
Kesalahan Siswa SMP Menyelesaikan Soal Aljabar Ditinjau dari Taksonomi SOLO di SMP Negeri 1 Sambi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal aljabar yang ditinjau dari lima level taksonomi SOLO. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek ... -
Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)Tujuan penelitian yaitu mendiskripsikan kesulitan siswa pada aspek bahasa, prasyarat, terapan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jenis penelitian berdasarkan pendekatan kualitatif dengan design etnografi. ... -
Komparasi Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Tingkat Berpikir Kritis dan Kedisiplinan Belajar Siswa SMK
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji (1) perbedaan pengaruh tingkat berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) perbedaan pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar ... -
Kontribusi Fasilitas dan Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Penelitian ini bertujuan untuk, (1) menguji kontribusi fasilitas, dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalu motivasi (2) menguji kontribusi fasilitas, dan perhatian orang tua ... -
Kontribusi Keaktifan Siswa, Fasilitas Belajar, dan Pergaulan di Sekolah terhadap Motivasi Belajar Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Tujuan penelitian, menguji kontribusi keaktifan siswa, fasilitas belajar, dan pergaulan disekolah terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui motivasi belajar. Jenis penelitian ini berdasarkan pendekatan ... -
Kontribusi Kemampuan Awal, Minat dan Kemandirian Mahasiswa terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Persamaan Differensial
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menguji kontribusi kemampuan awal, minat dan kemandirian mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah Persamaan Differensial, (2) menguji kontribusi kemampuan awal terhadap hasil ... -
Kontribusi Kepribadian, Fasilitas, dan Monitoring Orang Tua terhadap Kedisiplinan dan Hasil Belajar Siswa SMK
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Tujuan penelitian, (1) menguji kontribusi kepribadian, fasilitas belajar, dan monitoring orang tua terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui kedisiplinan, (2) menguji kontribusi kepribadian, fasilitas ... -
Kontribusi Komunikasi Matematik, Persepsi Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika, dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Purwodadi
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini dilakukan dengan tujuan, (1)menguji kontribusi komunikasi matematik, persepsi siswa pada mata pelajaran matematika dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) menguji kontribusi komunikasi ... -
Kontribusi Kreativitas dan Keaktifan Berorganisasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis serta Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMK
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji kontribusi kreativitas dan keaktifan berorganisasi terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui kemampuan berpikir kritis, (2) menguji kontribusi kreativitas ... -
Kontribusi Motivasi, Kedisiplinan, dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Tujuan penelitian, (1) menguji kontribusi motivasi, kedisiplinan, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) menguji kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, (3) menguji kontribusi ... -
Kontribusi Perhatian Orangtua dan Lingkungan Sosial Terhadap Aktivitas Belajar Siswa dan Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menguji: (1) Kontribusi perhatian orangtua dan lingkungan sosial secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui aktivitas belajar, (2) Kontribusi perhatian ... -
Kontribusi Sikap Disiplin, Fasilitas Belajar, Monitoring Orang Tua Terhadap Kemandirian Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Tujuan penelitian, (1) menguji kontribusi sikap disiplin, fasilitas belajar, dan monitoring orang tua terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui kemandirian siswa, (2) menguji kontribusi sikap disiplin, ... -
Latent Class Clustering Analysis Dalam Pengelompokan Kelurahan di DKI Jakarta Berdasarkan Ketelantaran Lansia
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial lanjut usia (lansia), perlu dilakukan pembinaan terhadap para lansia tersebut. Agar pembinaan dapat dilakukan secara tepat, maka diperlukan pengelompokan terhadap daerah binaan. ... -
Menentukan Tingkat Persediaan Optimum Menggunakan Metode P (Periodic Reviews Method) Dengan Demand Selama Lead Time Berdistribusi Probabilistik
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Untuk menentukan besarnya tingkat persediaan optimum apabila dalam pemesanan memerlukan lead time, tentunya diperlukana analysis inventory tertentu , diantaranya dengan Metode P (Periodic Review Method) yang memperhatikan ... -
Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Soal Matematika pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kemampuan Matematika SMP
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah soal matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari kemampuan matematika. Berdasarkan indikator ...