Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika: Recent submissions
Now showing items 101-120 of 125
-
Peningkatan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Tipe NHT (Numbered Heads Together) (PTK Pada Siswa Kelas VIII G MTsN Gondangrejo Semester Genap Tahun 2015/2016)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar matematika kelas VIII G semester genap MTsN Gondangrejo Tahun 2015/2016), 2) untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar matematika ... -
Penelitian Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Jigsaw dan Bamboo Dancing Serta Motivasi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran Jigsaw dan Bamboo Dancing terhadap hasil belajar. (2) pengaruh motivasi siswa terhadap hasil belajar. (3) interaksi antar strategi pembelajaran ... -
Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Pisa Melalui Penerapan Problem Based Learning (PTK Siswa Kelas XI Semester Genap SMK Muhammadiyah Kartasura)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis PISA dengan subjek siswa kelas XI OC SMK Muhammadiyah Kartasura tahun ajaran 2015/2016 melalui strategi Problem Based ... -
Pengaruh Pembelajaran Role Play dan Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura, serta penggunaan strategi pembelajaran yang monoton dengan minimnya fasilitas pembelajaran membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian. ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Student Team Achievement Division (STAD) dan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Teras Tahun Ajar 2015/2016
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)danMake A Matchterhadap hasil belajar siswa, (2) Pengaruh keaktifan terhadap hasil belajar ... -
Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Pada Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian yaitu mendiskripsikan kesulitan siswa dalam memecahkan masalah soal cerita matematika pada siswa SMP dilihat dari aspek memahami masalah, merencanakan, melaksanakan, dan melihat kembali. Jenis penelitian ... -
Dampak Model Pembelajaran Dan Penalaran Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis: (1) Pengaruh pembelajaran matematika melalui model Problem Based Learning dan model Problem Based Learning Berbasis Numbered Heads Together terhadap hasil ... -
Dampak Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Jigsaw terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan minat belajar ... -
Peningkatan Penguasaan Konsep dan Hasil Belajar Matematika Melalui Implementasi Model Penilaian Portofolio Berbasis Lesson Study di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan hasil belajar matematika siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah 1 Kartasura melalui implementasi model penilaian portofolio berbasis lesson study. Penelitian ini ... -
Pengaruh Strategi Numbered Heads Together Dan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Materi Garis Dan Sudut
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-16)Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) pengaruh pembelajaran matematika dengan strategiNumbered Heads Together (NHT) dan strategi Think Pair Share (TPS) berbasis hasil belajar matematika, (2) ... -
Pengaruh Creative Problem Solving dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Pemahaman Konsep Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-16)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika, (2) pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap pemahaman konsep matematika, (3) interaksi antara ... -
Eksperimen Pembelajaran Dengan Pendekatan Open-Ended dan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-16)Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh yang signifikan pendekatan Open-Ended dan Contextual Teaching and Learning terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan motivasi siswa terhadap ... -
Gaya Berpikir Matematika Siswa Dalam Penyelesaian Soal Cerita
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-16)Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan gaya berpikir matematika siswa dalam penyelesaian soal cerita. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif. Waktu penelitian pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Subjek ... -
Pengembangan Soal Model Pisa Pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-16)Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal PISA konten quantity yang valid dan praktis dalam bahasa Indonesia serta memiliki efek potensial untuk mengukur penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan adalah metode ... -
Peningkatan Kekatifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Realistic Mathematica Education (RME) Berbasis Assesment For Learning (AFL) Pada Siswa Kelas XA SMA Muhammadiyah Plus Salatiga Semester Gasal Tahun 2015/2016
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan dari penelitian ini adalah 1) meningkatkan keaktifan belajar matematika dengan pendekatan Reaslistic Mathematic Education (RME) berbasis Assesmen for Learning (AfL), 2) meningkatkan hasil belajar matematika Reaslistic ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Teori Bilangan Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah dosen ... -
Kontribusi Kemampuan Awal, Minat dan Kemandirian Mahasiswa terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Persamaan Differensial
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menguji kontribusi kemampuan awal, minat dan kemandirian mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah Persamaan Differensial, (2) menguji kontribusi kemampuan awal terhadap hasil ... -
Pola Pikir Mahasiswa dalam Menyelesaikan Persamaan Differensial Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Gaya Belajar Reflectors
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pikir mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan persamaan diferensial ditinjau dari gaya kognitif Field Dependent (FD)dan gaya belajarReflectors. Jenis penelitian ... -
Analisa Kestabilan dan Kendali Optimal pada Model Pemanenan Prey Predator dengan Fungsi Repon Tipe III
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)Perilaku atau karakteristik prey predator dapat dimodelkan secara matematis dan telah dikembangkan sejak dahulu oleh para peneliti. Model dasar sistem prey predator secara umum, pertama kali diperkenalkan oleh Lotka-Voltera, ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transfering (REACT) Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)There are three aims of this study: (1) Evaluating the difference of student’ mathematics achievement viewed from two difference learning models (PMRI and REACT). (2) Evaluating the difference of students’ matheatics ...