Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika: Recent submissions
Now showing items 81-100 of 125
-
Evaluasi Tingkat Pendidikan Anak di Provinsi Jawa Barat Menggunakan First Order Configural Frequency Analysis
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tingkat pendidikan masyarakat di Indonesia perlu terus-menerus ditingkatkan. Dalam hal efektivitas pelaksanaannya, perlu adanya target khusus daerah mana yang tingkat pendidikannya masih kurang dan perlu dilakukan peninjauan ... -
Dampak Strategi Pembelajaran Ditinjau Dari Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis: (1) perbedaan efek antara strategi pembelajaran Discovery Learning berbasis Numbered Heads Together (NHT) dan Group Investigation terhadap hasil belajar; (2) ... -
Analisis Metakognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aplikasi Deret Tak Hingga
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metakognitif siswa aspek merencana, memantau dan mengevaluasi dalam menyelesaikan masalah aplikasi deret tak hingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. ... -
Daftar Isi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15) -
Front Matters
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15) -
Pemahaman Matematika Berbasis Tingkat Kemampuan Siswa Materi Logaritma
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pemahaman matematika pada siswa yang mempunyai kemampuan tinggi materi logaritma. 2) untuk mendeskripsikan pemahaman matematika pada siswa yang mempunyai kemampuan ... -
Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar matematika melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah Endang Dwiyani, S.Pd selaku guru matematika kelas XI AK 1 SMK N 1 Banyudono ... -
Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika dengan Strategi Problem Based Learning di SMK
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas X TEI ( Teknik Elektronika Industri ) SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan strategi Problem Based Learning. ... -
Kontribusi Perhatian Orangtua dan Lingkungan Sosial Terhadap Aktivitas Belajar Siswa dan Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menguji: (1) Kontribusi perhatian orangtua dan lingkungan sosial secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui aktivitas belajar, (2) Kontribusi perhatian ... -
Implementasi Model Penilaian Proyek Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untukmengetahui guru di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura sudah memahami penilaian proyek, (2) Mendiskripsikan implementasi penilaian proyek dalam pembelajaran matematika berbasis lesson ... -
Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kecemasan matematika dan menemukan faktor-faktor penyebab kecemasan matematika. Jenis penelitian ini adalah studi kasus kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa ... -
Dukungan Fasilitas dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menguji: (1) Dukungan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika; (2) Dukungan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika; (3) Dukungan fasilitas belajar ... -
Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Discovery Learning dan Group Investigation Ditinjau dari Keaktifan Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk menguji perbedaan penggunaan strategi pembelajaran discovery learning dan group investigation terhadap hasil belajar matematika, untuk menguji perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari ... -
Pengembangan Soal Serupa PISA pada Konten Space And Shape Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal serupa PISA konten Space and Shape yang valid dan praktis serta melihat efek potensial soal terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ... -
Implementasi Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Keaktifan Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, ... -
Dampak Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan strategi Discovery Learning (DL) terhadap hasil belajarmatematika, (2) pengaruh tingkat kemampuan berpikir ... -
Perbedaan Penerapan Strategi Teams Games Tournaments dan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan penerapan strategi Teams Games Tournaments dan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan tingkat keaktifan siswa terhadap hasil belajar ... -
Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika dengan Pendekatan Scientific Terintegrasi Pada Model Problem Solving
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa menggunakan pendekatan scientific terintegrasi pada model problem solving. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain ... -
Kesalahan Siswa SMP Menyelesaikan Soal Aljabar Ditinjau dari Taksonomi SOLO di SMP Negeri 1 Sambi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal aljabar yang ditinjau dari lima level taksonomi SOLO. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek ... -
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Aljabar Berbasis TIMSS Pada Siswa SMP Kelas VIII
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika aljabar berbasis TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) dan mengetahui persentase kesalahan siswa. Jenis penelitian ...