Seminar Nasional Teknik Sipil VI 2016: Recent submissions
Now showing items 1-20 of 57
-
Uji Kepadataan dan CBR Bahan RAP dengan Gradasi Rumus Fuller
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)RAP atau Reclaimed Asphalt Pavement sering dimanfaatkan sebagai bahan agregat dalam pekerjaan daur ulang perkerasan jalan. Bahan RAP, hasil penghancuran perkerasan jalan lama, dicampur secara dingin menggunakan bahan ikat ... -
Studi Karakteristik Kepadatan dan CBR Bahan RAP Bergradasi Cooper
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)RAP (Reclaimed Asphalt Pavement) adalah bahan limbah dari hasil penggalian dan penghacuran lapis perkerasan jalan yang telah mengalami rusak parah. RAP dapat dimanfaatkan kembali menjadi campuran perkerasan melalui teknologi ... -
Karakteristik Marshall Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC) Dengan Menggunakan Limbah Beton Sebagai Pengganti Sebagian Agregat Kasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Dalam pembuatan campuran Asphalt Concrete (AC) untuk lapis permukaan pada perkerasan lentur membutuhkan agregat dalam jumlah banyak. Penggunaan fresh aggregate yang terus menerus dalam jumlah yang besar akan menimbulkan ... -
Pengaruh Usaha Preventif Untuk Mengurangi Resiko Lakalantas Ditinjau dari Pemahaman Pelajar SMP dan SMA di Kabupaten Ngawi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Kecelakaan lalu lintas merupakankejadian di mana sebuah kendaraan bermotor bertabrakan dengan benda lain dan menyebabkan kerusakan. Ada beberapa faktor penyebab terjadinya lakalantas diantaranya faktor manusia termasuk ... -
Kajian Eksperimental Panel Pracetak Perkerasan Aspal Buton yang Diperkuat Dengan Geogrid
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Aspal Buton atau selanjutnya disebut Asbuton pemanfaatannya belum seperti diharapkan karena banyaknya kegagalan dalam pelaksanaan pekerjaan sehingga Asbuton kurang diminati untuk digunakan sebagai bahan perkerasan jalan. ... -
Kinerja Teknis dan Analisis ATP WTP Angkutan Trans Jogja
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Trans Jogja sebagai transportasi massal di Yogyakarta diharapkan semakin diminati oleh masyarakat luas. Hal ini mengharuskan dilakukannya evaluasi pengukuran kinerja secara periodik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ... -
Kehandalan Kereta Api Antar Kota Pada DAOP V Purwokerto dan DAOP VI Yogyakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Keterlambatan perjalanan kereta api merupakan hal yang sangat vital karena merupakan indikator kehandalan pelayanan kereta api. Pelayanan kereta api dikatakan semakin handal apabila waktu kelambatan semakin rendah. Dengan ... -
Infrastruktur Transportasi Dalam Mendukung Angkutan Massal Busway yang Berkelanjutan di Surabaya
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Rencana pengoperasian Angkutan Massal Cepat/BRT berupa bus besar yang beroperasi pada jalur khusus terpisah di jalur utama tengah kota arah Utara – Selatan merupakan salah satu upaya peningkatan pelayanan angkutan massal ... -
Varian Lendutan Balik Dan Overlay Jalan Duri – Sei Rangau
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Diantara penilaian struktur perkerasan jalan adalah dengan melakukan test yang tidak merusak struktur perkerasan, salah satunya dengan alat Benkleman Beam. Metoda backcalculation pada pengukuran defleksi digunakan untuk ... -
Analisis Bangkitan Lalulintas Sebagai Dampak Pembangunan Hotel (Studi Kasus: Hotel Asoka, Yogyakarta)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Tingginya animo masyarakat Indonesia datang untuk berwisata ke Yogyakarta, mendorong para investor untuk berinvestasi di bidang pariwisata terutama di bidang hotel dan penginapan. Pada akhirnya, pembangunan hotel dan ... -
Analisis Pengaruh Kondisi Bonding Pada Perencanaan Tebal Lapis Tambah (Overlay) Perkerasan Lentur Menggunakan Metoda AUSTROADS (Studi Kasus: Ruas Jalan Jatibarang – Palimanan)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh kondisi bonding pada interface diantara lapisan AC overlay – lapis permukaan terhadap perencanaan tebal lapis tambah (overlay) menggunakan metoda AUSTROADS 2011. ... -
Analisis Perbandingan Tebal Lapis Tambah Perkerasan Lentur Menggunakan Metoda AASHTO 1993 dan Program EVERSERIES
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan tebal lapis tambah yang diperlukan pada Jalan Nasional Pantura ruas Bts.Pamanukan-Sewo Jawa Barat menggunakan Metoda AASHTO 1993 dan Program EVERSERIES berdasarkan ... -
Pembatasan Kecepatan Maksimum dan Kaitannya Terhadap Kapasitas Lintas Jalur Kereta Api Muara Enim – Lahat Sumatera Selatan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Pengembangan jaringan transportasi yang handal dan berkapasitas besar akan mendukung program Nawa Cita pemerintah sekaligus akan mengoptimalkan pemanfaatan potensi batubara di Indonesia khususnya di Sumatera Selatan. Salah ... -
Model Biaya Transportasi Pegawai dan Upaya Penanganannya Pada Komplek Pergudangan Tanrise Southgate Kabupaten Sidoarjo Menuju Transportasi Berkelanjutan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Komplek Pergudangan Tanrise Southgate terletak di Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu daerah yang menjadi lokasi bangkitan dan tarikan perjalanan yang menimbulkan biaya transportasi bagi pegawai ... -
Analisis Karakteristik Pola Pengguna Transportasi Penyeberangan Ferry dI Wilayah Kepulauan Nusa Tenggara Timur
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Perencanaan transportasi yang efektif dan efisien dalam artian aman, nyaman, mudah dan selamat dapat tercapai melalui perencanaan transportasi yang menyeluruh dengan mempertimbangkan karakteristik wilayah, baik dari aspek ... -
Penilaian Analisa Dampak Lalu Lintas Akibat Pertumbuhan Bangkitan Dan Tarikan Lalu Lintas (Studi Kasus Industri Cold Storage Banyuwangi)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Semakin tinggi kegiatan perekonomian pada suatu wilayah biasanyaakan berakibat pada pertumbuhan Lalu Lintas. Kondisi ini pada umumnya linear dengan pembangunan pusat – pusat kegiatan ( Bangkitan / Tarikan ). Menyadari ... -
Keselamatan Berjalan Kaki Pada Bagian Crosswalk Berdasarkan Pedestrian Environment Quality Index (PEQI) Guna Mendukung Sustainable Urban Transportation (Studi Kasus: Jalan Pahlawan Kota Semarang)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Tujuan Penelitian ini adalah menjawab pertanyaan apakah Jalan Pahlawan telah melindungi keselamatan pejalan kaki pada persimpangan-persimpangan jalannya (crosswalk). Pada dasarnya semua pengguna moda angkutan umum ataupun ... -
Tinjauan Karakteristik dan Kekuatan Ubin/Tegel Lantai Dengan Menggunakan Agregat Halus Dari Pecahan Genteng
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Ubin/tegel digunakan sebagai pengganti plat lantai agar lantai lebih nyaman digunakan dan terlihat lebih baik. Ubin pun banyak jenisnya ada jenis keramik dan tegel. Dalam penelitian ini dibuat ubin jenis tegel lantai dengan ... -
Pengaruh Jenis Air Pencampur dan Perendaman Terhadap Perilaku Kekuatan Tekan Mortar Campuran Semen-Pasir
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kekuatan tekan mortar yang pembuatannya menggunakan air tawar; air laut; dan air garam sebagai air pencampurnya. Sampel dari kubus mortar ukuran 5x5x5 cm3, komposisi ... -
Perilaku Kuat Tekan Dan Kuat Lentur Dinding Pasangan Batu Bata Dengan Perkuatan Diagonal Tulangan Bambu
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Dinding rumah tinggal merupakan elemen yang mudah mengalami kerusakan ketika terjadi gempa bumi. Kerusakan dinding akan sangat parah apabila tidak direncanakan untuk meredam beban gempa. Untuk meminimalkan kerusakan maka ...