Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa): Recent submissions
Now showing items 41-48 of 48
-
Perspektif Calon Guru Terhadap Konsep Guru Profesional
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Artikel ini memaparkan hasil penelitian tentang perspektif calon guru terhadap konsep guru yang profesional. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi jenis kompetensi yang paling dominan yang harus dimiliki oleh seorang ... -
Kemampuan Calon Guru Dalam Mengembangkan Pra Pedagogical And Professional – Experience Repertoires (PaP-eRs) Sebagai Pendukung Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Sesuai Karakteristik Pedagogical Content Knowledge (PCK)
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)This study aims to determine the ability of pre-service teachers’ in developing pre PaP-eRs as a support in implementing learning according to the characteristics of PCK. Pre PaP-eRs is a narrative description of pre-service ... -
Bias Penulisan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Pelajaran Agama Islam Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)This study is aimed to identify the form of character values in the textbook of Islamic Religion Education for primary school and the correspondence with character values formulated by Center of Curriculum of Ministry ... -
Pendidikan Karakter Di Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar Melalui Model Group Investigation
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Character education is one important concern in human development from an early age through formal education. The current state of society requires the development and strengthening of a strong character to improving the ... -
Penguatan Kompetensi Calon Guru Melalui Program Magang Pada Mahasiswa PGSD FKIP UMS
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana program magang dapat menguatkan kompetensi calon guru SD yang terdiri dari 1) Kompetensi Paedagogik, 2) Kompetensi Profesional, 3) Kompetensi Sosial, dan 4) Kompetensi ... -
Model Pembelajaran Berbasis Manajemen Program Kerja Ilmiah Sebagai Salah Satu Solusi Pembelajaran Terbarukan Abad 21
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Penelitian ini membahas mengenai desain terhadap program kelas Sekolah Dasar yang mengedepankan aspek pembelajaran bermakna dan berpusat pada siswa, sesuai dengan yang diamanatkan dalam kurikulum 2013. Metode yang digunakan ... -
Pengembangan Materi Ajar dan Model Pembelajaran Berorientasi dan Berstrategi Tindak Kesantunan Direktif dan Positif
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Studi ini bertujuan untuk merumuskan pengembangan materi ajar dan model pembelajaran yang berorientasi dan berstrategi pada tindak kesantunan direktif (TKD) dan tindak kesantunan positif. Metode penelitian ini berbentuk ... -
Pendidikan Dasar: Antara Harapan dan Kenyataan
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Kualitas pendidikan memepengaruhi kualitas sumber daya manusia. Upaya peningkatan pendidikan selalu menjadi perhatian serius di berbagai negara, tidak terkecuali negara Indonesia. Indonesia mempunyai pekerjaan rumah ...