Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya: Recent submissions
Now showing items 401-420 of 548
-
Kesulitan Melukis, Memahami Lingkaran Dalam dan Luar Segitiga pada Mahasiswa Semester 1 Pendidikan Matematika UMS
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)This studyaimed to describethe ability ofstudentsin paintingandunderstand thegeometry ofthe field on thecoursecompetenciesin thecircleandoutside the triangleanddeterminethe causes ofthe difficultiesexperienced bystudents. ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Humanistik Berbasis Konstruktivistik Menggunakan ICT Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIISMP Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Sebagai prasyarat ... -
Pengembangan Bahan Ajar Geometri Analitik Berbasis Guided Discovery Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan bahan ajar geometri analitik berbasis guided discovery yang dapat memfasilitasi pencapaian kemampuan berpikir kritis mahasiswa program studi pendidikan matematika UIN ... -
Membangun Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Outdoor Mathematics
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Pembelajaran matematika yang dilakukan di dalam kelas kurang optimal dalam membangun pengetahuan matematika siswa Sekolah Dasar (SD. Sehingga perlu dilakukan pembelajaran matematika di luar kelas. Bagaimana cara melakukan ... -
Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Peningkatan Kreativitas Matematika Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu model pembelajaran matematika yang diamanatkan oleh kurikulum 2013. Pembelajaran ini menekankan siswa untuk menguasai matematika bukan hanya melalui hafalan yang ... -
Pengembangan Karakter dan Kecerdasan Emosional pada Pembelajaran Matematika Project Based Learning dalam Menghadapi Era Globalisasi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Kualitas mutu pendidikan di perguruan tinggi dalam menghadapi era globalisasi perlu ditingkatkan melalui pembelajaran, terutama pembelajaran matematika. Salah satu upaya inovasi pembelajaran matematika dalam era globalisasi ... -
Integrasi Kurikulum Cambridge dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama (Perpektif Pengembangan Prosedur )
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui cara mengintegrasikan kurikulum Cambridge ke dalam kurikulum 2013 di mata pelajaran matematika kelas 7 dan 2) hasil pembelajaran dari implementasi kurikulum terintegrasi. Pendekatan ... -
Identifikasi Proses Berpikir Berdasarkan Asimilasi dan Akomodasi Dalam Memecahkan Masalah Geometri pada Siswa SMP Penyandang Tunanetra
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi asimilasi atau akomodasi yang terjadi pada proses berpikir siswa SMP penyandang tunanetra dalam memecahkan masalah geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif ... -
Peran Permainan Ular Tangga dalam Pembentukan Karakter pada Pembelajaran Matematika Realistik
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakter yang terbentuk pada pembelajaranmatematika realistik berbasis permainan ular tangga. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui kegiatan ... -
Identifikasi Pembelajaran Matematika dalam Tradisi Melemang di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan tulisan ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi pembelajaran matematika dalam tradisi melemang masyarakat kerinci yaitu masyarakat Tiga desa ( Koto Lolo, Koto Bento, Koto Tengah) Kecamatan Pesisir ... -
Pengembangan Bahan Ajar Geometri Transformasi Berdasarkan Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan bahan ajargeometri transformasi berbasis problem based learning yang berkualitas untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pendidikan matematika UIN ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning (DL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbasis Assessment for Learning (AFL) terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Tingkat Motivasi Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh masing-masing kategori model pembelajaran, tingkat motivasi, dan interaksinya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan ... -
Peningkatan Kemampuan Menalar dan Memecahkan Masalah Matematika dengan Model Inquiry Learning Berbasis Group Investigation pada Siswa Kelas VII Semester 1 SMP Negeri 2 Grobogan Tahun 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)The purpose of this research is to know the improvement of reasoning and resolving mathematics problem ability with Inquiry Learning model based Group Investigation (GI). The study uses classroom action research method ... -
Analisis Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas VII SMP Pelajaran Matematika Ditinjau dari Implementasi Pendekatan Scientific dan Penilaian Autentik
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah buku siswa kurikulum 2013 kelas VII SMP pelajaran matematika semester 1 dan semester 2 sudah disajikan sesuai dengan implementasi pendekatan scientific dan penilaian ... -
Pengaruh Jumlah Sampel dan Panjang Tes terhadap Validitas Konstruk pada Tes Penalaran Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah sampel dan panjang tes terhadap validitas dan reliabilitas butir tes menggunakan analisis faktor (exploratory factor analysis) dan koefisien alpha. Data yang digunakan ... -
Analisis Jenis–jenis Pertanyaan yang Diajukan Guru Berdasarkan Taksonomi Bloom dalam Kegiatan Pembelajaran Matematika Kelas X di SMA Negeri 1 Purworejo
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis pertanyaan yang diajukan guru berdasarkan Taksonomi Bloom dalam kegiatan pembelajaran matematika, yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. ... -
Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 15 Semarang
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII D SMP N 15 Semarang melalui pembelajaran berbantuan Scaffolding. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa siswa ... -
Penerapan Model Kooperatif Tipe Round Table dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Kelas VII SMP Negeri 27 Bandung)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di SMP Negeri 27 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: (a) Gambaran aktivitas pembelajaran matematika siswa dan gurumenggunakan model Kooperatif ... -
Buku Bacaan Anak Berbasis Karakter Sebagai Sumber Belajar Matematika di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini didasarkan pada masih kurangnya sumber bacaan untuk mendukung pendidikan karakter dan pembelajaran matematika SD di Indonesia. Kemampuan membaca memiliki peran dalam membangun kompetensi matematis siswa ... -
Meningkatkan Ketercapaian Kompetensi Inti Kurikulum 2013 Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII – B SMP N 2 Depok Sleman
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ketercapaian kompetensi inti Kurikulum 2013 siswa kelas VII – B di SMP Negeri 2 Depok, Sleman. Penelitian tindakan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan ...