Browsing Seminar Nasional KBSP IV 2016 by Title
Now showing items 46-65 of 74
-
Optimizing Students' Journal to Enhance Students' Motivation in Learning English
(Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016, 2016)This study aims at identifying to what extent students’ journal becomes an appropriate way to enhance the students’ motivation in learning English. Based on the preliminary findings, it was found that most of the eighth ... -
Pembelajaran Bahasa & Sastra Indonesia berbasis Linguistik Fungsional Sistemik pada Materi Teks Eksplanasi Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas XI Semester 2
(Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016, 2016)Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran Bahasa & Sastra Indonesia yang berbasis Linguistik Sistemik Fungsional Pada Materi Teks Eksplanasi Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas XI semester II. Teknik ... -
Pembelajaran Bahasa Inggris SMP/MTs berbasis Text dan Pendekatan Scientific dalam Kurikulum 2013
(Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016, 2016)Awal tahun pelajaran 2013 tepatnya Juli 2013, Pemerintah telah menetapkan diberlakukannya Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 memperkenalkan pendekatan saintifik sebagai pendekatan wajib yang harus dilaksanakan guru dalam ... -
Pembelajaran Teks Eksposisi dengan Penulisan Berantai dalam Metode Jigsaw
(Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016, 2016)Pembelajaran kooperatif lebih diunggulkan daripada pembelajaran langsung dengan metode ceramah. Sebab, hasil penelitian telah membuktikan bahwa pembelajaran kooperatif hasilnya lebih baik dan lebih efektif daripada metode ... -
Penerapan Cooperative Language Learning Method pada Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Linguistik Sistemik Fungsional
(Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016, 2016)Bahasa merupakan sebuah alat komunikasi sosial. Dengan penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi, setiap orang bisa membagikan pemikiran mereka, bertanya, memberi respon pada lawan bicara, mengekpresikan perasaan, dsb. ... -
Penerapan Materi Ajar Wacana Bahasa Indonesia berbasis Kontekstual untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
(Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016, 2016)Penelitian ini mengkaji pentingnya materi ajar Wacana bahsaa Indonesia sebagai sarana untuk memfasilitasi mahasiswa dalam pemahaman materi ajar: Wacana bahasa Indonesia. Materi ajar yang baik merupakan salah satu ... -
Pengembangan Bank Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas dengan Tampilan Multimedia berbasis Computerized Based Testing
(Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016, 2016)Walaupun kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia begitu utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, perkembangan pelajaran bahasa Indonesia dalam ranah pendidikan belum banyak tersentuh oleh kemajuan teknologi pembelajaran. ... -
Pengembangan Kurikulum dan Materi Ajar Berbasis Linguistik Sistemik Fungsional
(Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016, 2016-04)Linguistik Sistemik Fungsional (LSF) telah lama dijadikan landasan filosofis pengembangan kurikulum dan materi ajar bahasa. Atas dasar teori genre di bawah kerangka LSF, juga dirumuskan pendekatan mengajar yang disebut ... -
Peningkatan Keterampilan Membaca dan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerpen dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa SMP
(Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016, 2016)Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada pembelajaran membaca dan menganalisis unsur intrinsik dengan pendekatan kontekstual. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah secara ... -
Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Model Word Square pada Siswa Kelas III SD Negeri 8 Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2015/2016
(Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016, 2016)Berdasarkan hasil observasi awal, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri 8 Purwodadi Grobogan belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 71. siswa maupun guru menganggap keterampilan membaca pemahaman ... -
Peranan Pembelajaran Sastra Bahasa Inggris (Folklore and Song) di Kelas X SMK dalam Kurikulum 2013 terhadap Kemampuan Peserta Didik SMK
(Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016, 2016)Perubahan Kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ke Kurikulum 2013 yang baru saja berlangsung baru – baru ini otomatis juga merubah pola pembelajaran yang berlangsung. Pembelajaran Bahasa Inggris tentu saja ... -
Perception of Impoliteness by Indonesian EFL Learners
(Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016, 2016)This study aims to analyze the type of impoliteness of criticism production that used by Indonesian EFL learners. The object of the research is Indonesian EFL learners’ perceptions of impoliteness. In analyzing the types ... -
Prasangka New York Times terhadap Hamas: Sebuah Analisis Wacana Kritis
(Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016, 2016)Wacana sebagai sebuah bentuk penggunaan bahasa atau sebuah ide dalam pemikiran tertentu, yang dapat dijumpai di berbagai media, termasuk berita, menjadi sebuah objek penelitian yang menarik dalam ilmu humaniora. Isu yang ... -
Sociolinguistics Analysis of Taboo Language in Internet Meme
(Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016, 2016)The study aims to describe the types and the function of taboo language in internet meme. The object of this study is taboo language in internet meme. This research belongs to descriptive qualitative research. In analyzing ... -
Students' Capability in Understanding Descriptive Text at The Second Year Students of SMP N 1 Juwangi Boyolali in 2012/2013 Academic Year
(Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016, 2016)The objectives of this study are (1) to describe the students’ capability in understanding descriptive text at the second year of SMP N 1 Juwangi Boyolali (2) to describe the problems faced by the second year students ... -
Studi Tentang Pengajaran English for Specific Purposes pada Siswa Jurusan Mesin SMK Negeri 1 Miri, Sragen
(Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016, 2016)Sebagai salah satu sekolah kejuruan, SMKN 1 Miri menerapkan English for Specific Purposes (ESP) dalam pengajaran Bahasa Inggris. ESP dikenal sebagai pendekatan berpusat pada peserta didik untuk mengajar bahasa Inggris ... -
Systemic-Functional Linguistics and Its Implication in Foreign Language Teaching
(Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016, 2016-04)Applied-linguists study language use in context such as the contexts associated with specialized registers (e.g., business or academic), contexts for language learning (e.g., classrooms and study abroad programs), and ... -
Tasks Design of English Textbook Bahasa Inggris SMA Kelas X to Develop Student's Communicative Competence
(Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016, 2016)This research focuses on analyzing the competencies covered in each tasks and activities in Bahasa Inggris SMA Kelas X English textbook. The objectives are to explain what linguistic competence, strategic competence, ... -
Teachers’ Beliefs and Practices of English Teaching (A Case Study at MTs. N Jeketro)
(Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016, 2016)Teacher’s belief is a stunning issue for several years. The beliefs that the teachers hold will be a navigation to use by the teacher in their class. Teachers’ beliefs are important for understanding and improving ... -
The Analysis of Regency Etiquette Reflected in Jane Austen's Novels
(Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016, 2016)Etiquette in England is interesting to be analyzed, because England has several periods and different manners along with the country development. One of them is Regency period. It had some manners that reflected in Jane ...