Now showing items 41-60 of 66

    • Pengajar "Kita Pedas" Melalui Metode Sinetron: Mengembangkan Kesejahteraan Anak Berbasis Agama dan Budaya Bangsa 

      Zahara, Euis Ulfa; Sutanto, Amanda Alvita (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Banyak fenomena yang terjadi di masyarakat sekarang ini dimana pelakunya bukan hanya orang dewasa melainkan anak usia prasekolah maupun sekolah, seperti kejadian bullying, narkoba, free sex, dsb. Hal ini terjadi karena ...
    • Resiliensi Pada Siswa Kelas VII yang Mengikuti Pendidikan di Pesantren Ditinjau Dari Kecerdasan Berbudaya 

      Rifqoh, Fany; Edwina, Triana Noor (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Pesantren, pondok pesantren, atau disebut pondok adalah sekolah islam berasrama. Pesantren adalah lembaga pendidikan tradisional islam untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama islam (tafaqquh fiddin) dengan ...
    • Pelatihan Mitigasi Bencana Remaja Berbasis Kearifan Lokal di Desa Rahtawu, Kabupaten Kudus 

      Sa'adah, Miratus; Murdiono, Fijai; Pranata, Wahyu Dwi; Sa'adah, Khilyatus; Robani, Rohmat (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Pelatihan mitigasi bencana remaja ini kami lakukan dalam 2 (dua) tahap dan menggunakan beberapa pendekatan yaitu pemberian materi yang berkaitan dengan kebencanaan, diskusi, memutar film bertema lingkungan, menulis cerita ...
    • Kecerdasan Interpersonal Pada Remaja Yang Pernah Menjadi Korban Child Abuse 

      Desiningrum, Dinie Ratri (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Kasus kekerasan terhadap anak (child abuse) marak terjadi.Kekerasan pada anak (childabuse) adalah tindakan salah atau sewenang-wenang yang dilakukan olehorang dewasa terhadap anak, baik secara fisik, emosi maupun seksual ...
    • Theory of Mind Pada Anak Usia Pra Sekolah Ditinjau Dari Konflik dengan Saudara Kandung 

      Azizah, Nur; Padu, Stefani (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan penting terutama pada usia pra sekolah. Seorang ahli kognisi terkemuka, Jean Piaget menyatakan bahwa usia pra sekolah anak berada pada tahap pemikiran egosentris. ...
    • Kaitan Antara Aqidah Akhlak dengan Kesejahteraan Siswa di Sekolah 

      Laili, Tina Ulfatul; Prasetyaningrum, Juliani; Zuhdi, M. Najmuddin (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Sekolah yang baik adalah sekolah yang mampu memberikan pengalaman terbaik bagi siswa-siswinya dan membuat mereka merasa sejahtera (student well-being). Kesejahteraan siswa (student well-being) di sekolah mempengaruhi hampir ...
    • Gambaran Sikap Orang Tua Terhadap Pemberian Hukuman Pada Anak Usia Sekolah Ketika Melakukan Kesalahan 

      Triestuning, Elok (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Hukuman masih menjadi cara yang paling efektif bagi orang tua untuk menyadarkan pihak atau anak yang bersalah , bahwa hal yang baru saja dilakukan hendaknya tidak diulangi, karena hal tersebut tidak pantas dilakukan dan ...
    • Media Ramah Anak 

      Purnomo, Jusuf Tjahjo (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Anak sekarang hidup dalam lingkungan media yang kompleks (televisi, komputer, internet, handphone dan perangkat elektronik digital lainnya). Media memiliki kekuatan dan memainkan peran tak terpisahkan dalam kehidupan ...
    • Strategi Pendidikan Keaksaraan Fungsional Berbasis Konteks Lokal untuk Pengembangan Komunitas Adat Terpencil di Papua 

      Wahyudin, Urip; Situmorang, Nina Zulida (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Pada t ahun 20014 di Papua masih terdapat 28. 907 Kepala Keluarga atau 116.221 jiwa dikategorikan sebagai Komunitas Adat Terpencil (KAT). Secara spesifik, mereka dikategorikan sebagai kelompok sosial budaya yang bersifat ...
    • "The Top Five of Character Strengths" pada Mahasiswa dan Upaya Pengembangannya 

      Soetjiningsih, Christiana Hari (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Artikel ini merupakan telaah empiris tentang karakter mahasiswa dan telaah pustaka tentang upaya pengembangannya. Karakter merupakan konstruk multidimensional. Peterson dan Seligman (2004) telah mengidentifikasi 24 strengths ...
    • Kekerasan Seksual Pada Anak: Stres Pasca Trauma 

      Uyun, Zahrotul (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Stres pasca trauma merupakan suatu kondisi yang terjadi setelah seseorang mengalami peristiwa traumatik atau kejadian luar biasa dalam hidupnya. Semakin berat peristiwa yang dialami seseorang, maka semakin besar peluang ...
    • Hubungan Antara Stres Akademis dengan Kesejahteraan Psikologis Remaja 

      Ulpa, Eska Prawisudawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stres akademis dan kesejahteraan psikologis remaja di Malang, serta hubungan antara stres akademis dengan kesejahteraan psikologis remaja di Malang. Penelitian ini menggunakan ...
    • Pembinaan Soft Skill Bagi Anak Yatim Panti Asuhan Muhammadiyah Purwokerto, Banyumas 

      Nur'aeni; Zakiyah; Septiningsih, Dyah Siti (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Penerapan Ipteks dengan judul “Pembinaan Soft Skill bagi Anak Yatim Panti Asuhan Muhammadiyah Purwokerto, Banyumas” memiliki tujuan dan target membekali para anak yatim dengan ketrampilan Soft Skill- ketrampilan non teknis- ...
    • Piwulang Jawa Dalam Moderenisasi 

      Wicaksono, Dian Eko; Prabowo, Adhiyatman (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Piwulang Jawa merupakan bentuk ajaran atau pendidikan dalam masyarakat Jawa. Masyarakat Jawa dulunya membentuk kepribadian dan moralitas anak cucunya melalui Piwulang Jawa secara turun temurun. Sungguh sangat berbeda jika ...
    • Kekerasan Pada Anak Dalam Keluarga 

      Jayanti, Rina; Lestari, Rini (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Keluarga merupakan tempat pertama dan utama bagi anak untuk mendapatkan pembinaan mental dan pembentukan kepribadian. Fungsi dan peran keluarga memiliki andil yang sangat signifikan dalam perkembangan dan masa depan anak. ...
    • Pemetaan, Peminimalisasian, Pengkreasian, dan Penggalian Dampak Stiker Vulgar di Lingkungan Pelajar SMA Surakarta 

      Wahyudi, Agus Budi; Sabardila, Atiqa; Riyanto, Sugeng; Faizah, Naimul (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Penelitian ini bertujuan: (1) memetakan stiker vulgar di lingkungan pelajar SMA di Surakarta, khususnya SMA Muhammadiyah di Surakarta; dan (2) meminimalisasi peredaran stiker vulgar tersebut di lingkungan pelajar SMA ...
    • Metode Coaching Sebagai Pendekatan Dalam Pola Asuh Anak 

      Situmorang, Nina Zulida (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Orang tua tidak hanya sebagai pendidik utama anak namun juga agen perubahan sosial yang dapat memberdayakan masyarakat melalui keluarga. Perkembangan teknologi, pola asuh, keterbatasan waktu dan keberagaman anak menjadi ...
    • Resiliensi Penderita HIV Positif Ditinjau Dari Relasi Dalam Keluarga 

      Kusumah, Nicke Purnama Kartawiharja; Priyanggasari, Al Thuba Septa (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Penyebaran infeksi HIV telah menjadi perhatian masyarakat secara global. Indonesia, sebagai negara berpopulasi terbesar keempat di dunia, menunjukkan terjadinya percepatan epidemik tersebut. Telah tercatat 92.251 kasus ...
    • Batasan Usia Pidana Anak Dibawah Umur Berdasarkan Tinjauan Psikologi Islam 

      Amatullah, Muna Faiza (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Menurut hasil survey,30 % warga indonesia adalah remaja, hal ini menunjukan remaja adalah aset bangsa. Namun akan terjadi sebaliknya bila remaja bangsa tidak memiliki kualitas yang baik. Realitanya, tingkat kriminalitas ...
    • Mencari Jejak Spiritual Para Petualang Napza 

      Rahmani, Ima Sri (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Riset ini akan membahas mengenai titik balik perubahan perilaku pengguna NAPZA dalam upayanya untuk keluar dari adiksi terhadap NAPZA. Aspek religiusistas/spiritual (SR) menjadi materi kajian utama. Bagaimana SR dipahami ...