Browsing Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) by Title
Now showing items 1-20 of 35
-
Alam Takambang sebagai Mitra Guru dalam Pendekatan Sainstifik
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Pada dasarnya, anak usia sekolah dasar memiliki daya imajinasi dan jiwa petualang yang tinggi dalam mengekspresikan bakat, minat, dan kreatifitas yang dilakukan dengan mengeksplorasi lingkungan sekitar mereka. Sedangkan ... -
Analisis Kesenjangan Peran Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) (Analisis Isi Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kelas XI SMA/SMK Kurikulum 2013 dan Berita Media Internet atau Online)
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran polri pada buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kelas XI kurikulum 2013. Untuk mendeskripsikan ... -
Filsafat Konstruktivisme Wadah Implementasi Kurikulum 2013
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Teori konstruktivisme didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari. Teori konstruktivisme mempunyai pemahaman tentang belajar yang lebih ... -
HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Sains Pembelajaran IPA SD
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Pesatnya perkembangan pengetahuan sains menuntut pertambahan konsep-konsep sains yang harus dipelajari siswa. Sebagai akibatnya, perlu ada pemilihan konsep-konsep essensial yang dipelajari siswa. Konsep-konsep essensial ... -
HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Keterampilan Generik Sains dalam Pembelajaran IPA SD
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Visi pendidikan pada abad 21 berdasarkan pada paradigma learning adalah belajar berpikir yang berorientasi pada pengetahuan logis dan rasional, belajar berbuat yang berorientasi pada bagaimana mengatasi masalah, belajar ... -
Inovasi Pembelajaran Matematika berbasis Double Loop Learning: Menyiapkan Peserta Didik Berkarakter
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Inovasi model pembelajaran matematika berbasis double loop learning yang efektif meningkatkan output pembelajaran. Pembelajaran matematika berbasis double loop learning, dalam paradigma “peserta didik aktif mengkontruksi ... -
Kata Pengantar & Daftar Isi
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01) -
Kemandirian Sekolah dalam Pengelolaan Pembiayaan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 1 Yogyakarta
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Pembiayaan merupakan salah satu keberhasilan dari program sekolah. Agar seluruh penyelenggaraan kegiatan sekolah berjalan dengan baik diperlukan kemandirian sekolah dalam mengelola pembiayaan sekolah.Kemandiriaan sekolah ... -
Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah di SD Muhammadiyah Program Khusus Andong
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah di SD Muhammadiyah Program Khusus Andong. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif dengan ... -
Manajemen Penerapan Kurikulum (Bela Negara dan Kemaritiman) di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penerapan kurikulum 2013 revisi merupakan salah satu upaya yang digalangkan untuk membangkitkan jiwa maritim. Melalui penerapan kurikulum tersebut diharapkan terwujudnya kembali negara bahari yang sempat teralihkan menjadi ... -
Media Pembelajaran berbasis Visual Thinking Strategis di Sekolah Dasar
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Peserta didik di sekolah dasar merupakan individu yang memiliki potensi yang besar dalam dunia pendidikan. Hal tersebut dikarenakan sekolah dasar merupakan pondasi utama bagi jenjang pendidikan selanjutnya. Pendidikan ... -
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserrta Didik dalam Menghitung Pola Bilangan melalui Media Head and Hand
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam menghitung pola bilangan dengan menggunakan media Head And Hand pada peserta didik kelas IC SD Negeri 03 Jaten. Bentuk ... -
Menumbuhkembangkan Budaya Melek Literasi Digital bagi Peserta Didik
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Literasi berperan sangat penting dalam kehidupan masyarakat pembelajar yang hidup di abad 21 ini. Manusia dituntut untuk mengetahui informasi yang berkembang saat ini.. Literasi tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. ... -
Model Pembelajaran "Who Wants to Be a Winner?" sebagai Pengembangan Evaluasi Berorientasi HOTS
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran “Who Wants To Be A Winner?” sebagai Pengembangan Evaluasi berorientasi HOTS. Konsep penerapan model pembelajaran “Who ... -
Model Picture and Picture dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas 1D MIMBA
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini dilaksanakan karena masih kurangnya kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa kelas ID MI Modern Bani Adam (MIMBA) Boyolali. Dari 34 siswa pada data awal siswa yang berkategori rendah ada 16 Siswa ... -
Motivasi Orangtua SD Muhammadiyah Program Khusus Nogosari Memilih Sekolah berbasis Kurikulum Syariah
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini mempunyai tiga tujuan. 1) Mendeskripsikan faktor-faktor motivasi intrinsik orangtua memilih sekolah berbasis kurikulum syariah, 2) Mendeskripsikan faktor-faktor motivasi ekstrinsik orangtua memilih sekolah ... -
Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar menuju Indoesia Emas 2045
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Visi Indonesia pada 2045 mendatang adalah sebuah tantangan bagi genehrasi saat ini untuk mempersiapkannya. Bonus demografi yang ada saat ini akan mengalami ledakan pada tahun 2045 mendatang. Urgensi tersebut melatarbelakangi ... -
Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru SD melalui Mata Kuliah Pengembangan dan Praktik Pembelajaran Bahasa Dan Sastra SD
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep Pedagogical Content Knowledge (PCK) pada mata kuliah P3 Bahasa dan Sastra SD bagi calon guru SD; (2) Mendeskripsikan kajian aspek Pedagogical Content Knowledge ... -
Pembelajaran Berpendekatan Local Wisdom di Boyolali sebagai Materi Ajar Sekolah Dasar
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan, pertama; Bagaimana wujud cerita rakyat berbentuk ebook yang bernilai keagamaan sebagai materi bahasa Indonesia berpendekatan local wisdom?, kedua; Bagaimana kesesuaian cerita ... -
Pendidikan Karakter Berjiwa Wirausaha melalui Pembuatan Kerajinan Recycle di SDN Kawatan Surakarta
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pendidikan karakter berjiwa wirausaha melalui pembuatan kerajinan recycle di SDN Kawatan No.19 Surakarta. 2) Kendala yang dihadapi dalam pendidikan karakter berjiwa ...