Browsing Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) by Issue Date
Now showing items 1-20 of 35
-
Penggunaan Strategi Pembelajaran Puzzle Drama dalam Muatan Pelajaran PKn dan IPS di Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Muatan pembelajaran tematik sekolah dasar kini begitu berkembang sesuai zamannya. Salah satunya pada muatan sosial seperti Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan pendidikan yang berguna ... -
Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru SD melalui Mata Kuliah Pengembangan dan Praktik Pembelajaran Bahasa Dan Sastra SD
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep Pedagogical Content Knowledge (PCK) pada mata kuliah P3 Bahasa dan Sastra SD bagi calon guru SD; (2) Mendeskripsikan kajian aspek Pedagogical Content Knowledge ... -
Peran Guru dalam Memberikan Layanan Bimbingan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah 23 Semanggi Surakarta
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) pelaksanakan bimbingan belajar menulis permulaan, (2) peran guru dalam melaksanakan bimbingan belajar menulis permulaan, (3) kendala dan solusi guru dalam memberikan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Problem based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII C Mata Pelajaran IPS di SMP Al-Islam 1 Surakarta
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (pbl) siswa kelas VII C SMP Al-Islam I Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ... -
Inovasi Pembelajaran Matematika berbasis Double Loop Learning: Menyiapkan Peserta Didik Berkarakter
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Inovasi model pembelajaran matematika berbasis double loop learning yang efektif meningkatkan output pembelajaran. Pembelajaran matematika berbasis double loop learning, dalam paradigma “peserta didik aktif mengkontruksi ... -
Kemandirian Sekolah dalam Pengelolaan Pembiayaan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 1 Yogyakarta
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Pembiayaan merupakan salah satu keberhasilan dari program sekolah. Agar seluruh penyelenggaraan kegiatan sekolah berjalan dengan baik diperlukan kemandirian sekolah dalam mengelola pembiayaan sekolah.Kemandiriaan sekolah ... -
Penggunaan Alat Peraga Model Matrik Materi Perkalian untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui pennggunaan alat peraga model matrik dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang perkalian pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah Kupang Karangdowo Klaten. ... -
Media Pembelajaran berbasis Visual Thinking Strategis di Sekolah Dasar
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Peserta didik di sekolah dasar merupakan individu yang memiliki potensi yang besar dalam dunia pendidikan. Hal tersebut dikarenakan sekolah dasar merupakan pondasi utama bagi jenjang pendidikan selanjutnya. Pendidikan ... -
Problematika Pendidikan Inklusi di Indonesia
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan tentang problematika pendidikan inklusi yang ada di Indonesia dan bagaimana langkah yang dapat ditempuh untuk mewujudkan pendidikan inklusi yang sebenarnya. Latar belakang ... -
Peran Orangtua dalam Pemanfaatan Media Sosial terhadap Pendidikan Anak
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Teknologi saat ini sebuah prameter garis terdepan yang memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan tak terkecuali oleh pengguna media sosial hampir semua Individu memilikinya. Peran penting teknologi inilah ... -
Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar menuju Indoesia Emas 2045
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Visi Indonesia pada 2045 mendatang adalah sebuah tantangan bagi genehrasi saat ini untuk mempersiapkannya. Bonus demografi yang ada saat ini akan mengalami ledakan pada tahun 2045 mendatang. Urgensi tersebut melatarbelakangi ... -
Pengembangan Buku Cerita Anak Bilingual berbasis Nilai-Nilai Tanggung Jawab bagi Siswa Sekolah Dasar
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku cerita anak bilingual bagi siswa sekolah dasar. Secara rinci penelitian ini bertujuan mengetahui (1) langkah-langkah pengembangan buku cerita anak bilingual berbasis karakter ... -
Manajemen Penerapan Kurikulum (Bela Negara dan Kemaritiman) di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penerapan kurikulum 2013 revisi merupakan salah satu upaya yang digalangkan untuk membangkitkan jiwa maritim. Melalui penerapan kurikulum tersebut diharapkan terwujudnya kembali negara bahari yang sempat teralihkan menjadi ... -
Penerapan Model Kooperatif Tipe Plantet Questions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembulatan Bilangan pada Tema I Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV-B (SD Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016)
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pembulatan bilangan pada tema 1 subtema Keberagaman Budaya Bangsaku siswa kelas IV-B SD Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Subyek penelitian ... -
Filsafat Konstruktivisme Wadah Implementasi Kurikulum 2013
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Teori konstruktivisme didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari. Teori konstruktivisme mempunyai pemahaman tentang belajar yang lebih ... -
Peningkatan Mutu Sekolah melalui Total Quality Management (TQM)
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Total Quality Management (TQM) berasal dari kata "Total" yang berarti keseluruhan atau terpadu, "Quality" yang berarti kualitas, dan "Management" yang telah disamakan dengan manajemen dalam Bahasa Indonesia yang berarti ... -
Pengaruh Minat Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 01 Wonolopo
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara minat belajar siswa dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 01 Wonolopo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ... -
Menumbuhkembangkan Budaya Melek Literasi Digital bagi Peserta Didik
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Literasi berperan sangat penting dalam kehidupan masyarakat pembelajar yang hidup di abad 21 ini. Manusia dituntut untuk mengetahui informasi yang berkembang saat ini.. Literasi tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. ... -
Pendidikan Karakter Berjiwa Wirausaha melalui Pembuatan Kerajinan Recycle di SDN Kawatan Surakarta
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pendidikan karakter berjiwa wirausaha melalui pembuatan kerajinan recycle di SDN Kawatan No.19 Surakarta. 2) Kendala yang dihadapi dalam pendidikan karakter berjiwa ... -
Kata Pengantar & Daftar Isi
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)