Browsing Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika by Title
Now showing items 93-112 of 125
-
Pengaruh Strategi Numbered Heads Together Dan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Materi Garis Dan Sudut
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-16)Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) pengaruh pembelajaran matematika dengan strategiNumbered Heads Together (NHT) dan strategi Think Pair Share (TPS) berbasis hasil belajar matematika, (2) ... -
Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar matematika. ... -
Pengelompokan Kabupaten dan Kota di Jawa Barat Menggunakan Principal Component Analysis Biplot
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Persoalan pokok dalam pembangunan daerah terletak pada sumber daya dan potensi yang dimiliki guna menciptakan peningkatan jumlah dan jenis peluang kerja untuk masyarakat daerah. Jawa Barat merupakan propinsi yang potensial ... -
Pengembangan ELEDU (E-Learning For Education) sebagai Penunjang Proses Belajar Mengajar bagi Guru dan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu media pembelajaran berbasis ICT yang dapat diakses siswa menggunakan komputer, gadget/smartphone, agar siswa dapat mengulang kembali materi pelajaran kapan saja dan dimana saja, ... -
Pengembangan Modul Pembelajaran Konsep Dasar Matematika untuk Mahasiswa PGSD
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran untuk mendukung proses perkuliahan Konsep Dasar Matematika bagi mahasiswa semester satu program studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT). ... -
Pengembangan Soal Model Pisa Pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-16)Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal PISA konten quantity yang valid dan praktis dalam bahasa Indonesia serta memiliki efek potensial untuk mengukur penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan adalah metode ... -
Pengembangan Soal Serupa PISA pada Konten Space And Shape Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal serupa PISA konten Space and Shape yang valid dan praktis serta melihat efek potensial soal terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Teori Bilangan Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah dosen ... -
Peningkatan Kekatifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Realistic Mathematica Education (RME) Berbasis Assesment For Learning (AFL) Pada Siswa Kelas XA SMA Muhammadiyah Plus Salatiga Semester Gasal Tahun 2015/2016
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan dari penelitian ini adalah 1) meningkatkan keaktifan belajar matematika dengan pendekatan Reaslistic Mathematic Education (RME) berbasis Assesmen for Learning (AfL), 2) meningkatkan hasil belajar matematika Reaslistic ... -
Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Terintegrasi pada Model Pembelajaran Discovery Learning
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan motivasi belajar siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Sawit melalui penerapan pendekatan saintifik yang terintegrasi pada model pembelajaran discovery ... -
Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika dengan Strategi Problem Based Learning di SMK
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas X TEI ( Teknik Elektronika Industri ) SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan strategi Problem Based Learning. ... -
Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Probing Prompting (PTK di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Kelas VII Tahun Pelajaran 2017/2018)
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar matematika siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah 4 Surakarta melalui model pembelajaran Probing Prompting. Penelitian ini termasuk ... -
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Posing
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa kelas X AP 2 SMK Prawira Marta Kartasura melalui penerapan model pembelajaran Problem posing. Penelitian ini ... -
Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika dengan Pendekatan Scientific Terintegrasi Pada Model Problem Solving
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa menggunakan pendekatan scientific terintegrasi pada model problem solving. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain ... -
Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMK Kelas X Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)ABSTRAK. Rendahnya kemampuan penalaran matematika siswa kelas X TKR 4 SMK Muhammadiyah 01 Boyolali dilihat dari setiap indikatornya merupakan latar belakang masalah penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ... -
Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar matematika melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah Endang Dwiyani, S.Pd selaku guru matematika kelas XI AK 1 SMK N 1 Banyudono ... -
Peningkatan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Tipe NHT (Numbered Heads Together) (PTK Pada Siswa Kelas VIII G MTsN Gondangrejo Semester Genap Tahun 2015/2016)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar matematika kelas VIII G semester genap MTsN Gondangrejo Tahun 2015/2016), 2) untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar matematika ... -
Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping (PTK pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 7 Sukoharjo Tahun 2016/2017)
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang melalui model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas ... -
Peningkatan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Reciprocal Teaching pada Kelas VII SMP
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan reciprocal teaching. Penelitian ini menggunakan penelitian ... -
Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Pisa Melalui Penerapan Problem Based Learning (PTK Siswa Kelas XI Semester Genap SMK Muhammadiyah Kartasura)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis PISA dengan subjek siswa kelas XI OC SMK Muhammadiyah Kartasura tahun ajaran 2015/2016 melalui strategi Problem Based ...