Browsing Seminar Nasional Psikologi UMS 2014 by Title
Now showing items 22-36 of 36
-
Pengembangan Pengujian Validitas Isi dan Validitas Konstrak: Interpretasi Hasil Pengujian Validitas
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Validitas bukan merupakan bagian dari instrumen pengukuran, namun lebih melekat pada interpretasi serta penggunaan skor yang dihasilkan tes pada subjek yang relevan. Dapat juga dikatakan bahwa validitas dibuktikan dengan ... -
Pengukuran Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Pembelajaran Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa SMA dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan mulai dari pengembangan definisi konseptual, definisi operasional, penetapan ... -
Penilaian Otentik di Pendidikan Anak Usia Dini dalam Mengukur Kesiapan Sekolah Anak
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Saat ini terjadi fenomena di masyarakat dimana faktor yang dianggap paling penting pada kesiapan sekolah anak adalah kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Hal ini bertentangan dengan hakikat Pendidikan Anak Usia Dini ... -
Peningkatan Karakter dan Moral Mahasiswa Dengan Sistim Boarding School
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Upaya peningkatan karater dan moral melalui sistim Boarding School tidak hanya memperhatikan aspek intelektual, namun dapat mengembangkan mahasiswa dalam memecahkan suatu masalah yang bersifat pribadi maupun bersifat ... -
Peran Layanan Informasi Untuk Membentuk Karakter Manusia Mandiri dalam Pengambilan Keputusan Karir
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Salah satu parameter suksesnya pembangunan nasional adalah kualitas sumber daya manusia yang berkarakter sebagai cerminan jati diri serta ideologi bangsa yang kokoh. Tiga diantara 18 nilai-nilai dalam pendidikan karakter ... -
Peran Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anti Bullying Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Perilaku Bullying seringkali terjadi di lingkungan sekolah karena itu memerlukan peran serta sekolah dalam menanggulanginya sehingga tidak menjadi berlarut-larut dan menjadi budaya bangsa yang berujung pada premanisme. ... -
Profil Kekuatan Karakter dan Kebajikan pada Mahasiswa Berprestasi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Pada dasarnya setiap individu memiliki kekuatan karakter yang berbeda dalam meraih prestasi yang diharapkan. Kekuatan karakter tersebut akan menjadi struktur khas kepribadian individu yang membedakan dirinya dengan yang ... -
Social Stories Wayang Punakawan sebagai Media Pendidikan Karakter Anak Usia Dini
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Social stories Punakawan merupakan media pendidikan karakter anak usia dini berbasis kearifan lokal dengan keunikan a) cerita pendek memuat karakter positif dalam kehidupan sehari-hari, b) konkret dan lucu menggunakan media ... -
Studi Deskriptif Mengenai Adversity Quotient pada Guru Sekolah Dasar di SLB-D X Bandung
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Pendidikan berhak diikuti setiap orang, termasuk anak yang memiliki kebutuhan khusus. Salah satu sekolah bagi anak berkebutuhan khusus terutama berkaitan dengan kecacatan fungsi anggota tubuh adalah SLB-D X Bandung. Sekolah ... -
Ulasan Deskriptif Reliabilitas Alat Ukur Psikologi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana penggunaan reliabilitas alat ukur psikologi. Data yang diambil pada penulisan ini berasal dari 4 jurnal yang bertemakan reliabilitas suatu alat ukur psikologi. ... -
Ulasan Deskriptif Validitas dalam Suatu Alat Ukur
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam validitas yang dipergunakan dalam jurnal penelitian tentang validitas alat ukur psikologi dan sejauhmana suatu alat ukur berfungsi secara akurat. Data diambil ... -
Upaya Mengenalkan "Indahnya Persahabatan": Implementasi Pendidikan Berkarakter
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang memuat mata pelajaran yang berorientasi pada penilaian afektif, kognitif, dan psikomotorik. Kurikulum 2013 lebih mengarahkan peserta didik untuk memiliki potensi diri yang berkarakter ... -
Validasi Alat Ukur Nilai Dasar Insani (Basic Human Values)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Terdapat 10 nilai dasar insani (basic human values) yang berlaku universal, yaitu achievement, power, hedonism, stimulation, self-direction, security, conformity, tradition, universalism, dan benevolence (Schwartz, 1992). ... -
Validasi Konstruk Instrumen Penilaian Akhlak Peserta Didik
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Untuk menilai ketercapaian akhlak peserta didik dapat dilakukan bila telah diidentifikasi konstruk akhlak. Konstruk akhlak dapat dikembangkan melalui beberapa pendekatan , salah satunya dengan menggunakan pendekatan akhlak ... -
Validasi The Gratitude Questionnare (GQ-6)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Bersyukur (gratitude) merupakan salah satu karakter penting demi tercapainya kebahagiaan dan kesejahteraan hidup bagi masyarakat yang terdampak Erupsi Merapi. Terapi bersyukur merupakan bentuk trauma healing yang dilakukan ...