Browsing Volume 11 No, 3, September 2011 by Issue Date
Now showing items 1-15 of 15
-
MENINGKATNYA KEKUATAN BETON CUACA PANAS DENGAN PERAWATAN SENDIRI PADA AGREGAT BERPORI BASAH
(2011-05)Umumnya beton yang dibuat di daerah cuaca panas selalu diikuti dengan penurunan kekuatan tekan dan tarik. Kehilangan banyak air campuran di dalam badan beton lebih banyak disebabkan oleh penguapan air atau uap air selama ... -
PENGEMBANGAN MODEL HIDROLOGI CEKUNGAN SUNGAI UNTUK MEMPREDIKSI BANJIR TANPA MENGGUNAKAN KALIBRASI
(2011-09)Identifikasi daerah rawan bencana banjir dalam proses penyusunan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW). Pada umumnya dilakukan dengan model statistic berdasarkan data terjadinya bencana. Akurasi hasil dari metode ini ... -
KAPASITAS LENTUR PERKUATAN BALOK BETON BERTULANG YANG TELAH MELELEH DENGAN MENGGUNAKAN LEMBARAN GFRP
(2011-09)Kerusakan struktur beton bertulang dapat saja terjadi akibat umur struktur dan atau akibat perubahan pembebanan ataupun akibat bencana alam. Kebanyakan struktur yang rusak akan langsung dibongkar tanpa mempertimbangkan ... -
BAGAIMANA PERUBAHAN-PERUBAHAN BENTUK PERKOTAAN AKIBAT PENGARUH PERUBAHAN PILIHAN PERJALANAN UNTUK MODE KERJA (STUDI KASUS DI WILAYAH METROPOLITAN SIDNEY
(2011-09)Sub-urbanisasi pekerja dan desentralisasi pekerja permukiman yang dialami oleh lebih banyak kota telah memberikan kontribusi lebih tergantung pada mobil dan menurunnya penggunaan angkutan umum, yang mengarah pada ... -
DESAIN KEBUTUHAN ARMADA BUS PATAS AC, PENETAPAN TARIF DENGAN SISTEM PENGELOLAAN MANAJEMEN TERPADU BUS JURUSAN SURAKARTA – YOGYAKARTA
(2011-09)Kota Surakarta merupakan kota perdagangan, sedang Yogyakarta merupakan kota pelajar dan Kota budaya. Meskipun kedua kota mempunyai karakteristik yang berbeda, tetapi saling mendukung dan saling berhubungan. Salah satu ... -
PENGEMBANGAN KINERJA CURBSIDE BANDARA INTENASIONAL SULTAN HASANUDDIN, MAKASAR
(2011-09)Curbside bandara adalah jalur bandara yang menghubungkan bangunan terminal dan sistem trnasportasi darat. Curbside bandara digunakan untuk naik dan turunnya kendaraan dan jalur sirkulasi untuk kendaraan menuju, menunggalkan, ... -
ANALISIS PERILAKU GELOMBANG KEJUT DENGAN CARA VOLUME HINGGA
(2011-09)Dalam penelitian ini digambarkan propertis dasar persamaan air dangkal. Sebagian dari penelitian ini ditujukan pada kasus yang tergantung pada waktu tetapi juga struktur eigen pada persamaan superkritis dua dimensi yang ... -
EFEK TEMPERATUR TINGGI PADA PERILAKU CYLINDER BETON MUTU TINGGI YANG DIBUNGKUS DENGAN FIBER REINFORCED POLYMER
(2011-09)Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efek temperatur tinggi pada perilaku Fiber Reinforced Polymer (FRP) membungkus silinder beton. Sepuluh silinder beton tak bertulang dengan kuat tekan 60 MPa pada umur 28 hari ... -
EVALUASI EROSI BERDASARKAN GIS DAN PENGINDERAAN JARAK JAUH UNTUK MENDUKUNG MANAJEMEN KONSERVASI SUMBER DAYA AIR YANG TERINTEGRASI (STUDI KASUS DI DAS MANJUNTO, BENGKULU-INDONESIA)
(2011-09)Erosi tanah adalah masalah lingkungan yang utama di DAS Manjuto. Hal ini juga memiliki implikasi ekonomi, serta konsekuensi sosial dan lingkungan. Faktor-faktor kunci yang berkontribusi pada tinggi rata-rata erosi tanah ... -
REKAYASA CAMPURAN FOAMED ASPHALT DI LABORATORIUM
(2011-09)Foamed asphalt adalah bahan perkerasan jalan yang ramah lingkungan, pada umumnya dibuat dengan sistem pencampuran dingin, dan sering digunakan dalam teknologi daur ulang. Sifat campuran yang unik ini menjadi alasan ... -
MODEL PEMILIHAN SKEMA KERJASAMA PEMERINTAH DAN SWASTA DALAM INVESTASI AIR MINUM MENGGUNAKAN PROSES JARINGAN ANALITIS (ANP)
(2011-09)Skema kerjasama pemerintah (PPP) dan swasta pada penyediaan infrasturktur air minum di perkotaan telah berkembang menjadi secara pesat. Banyak skema kerjasama pemerintah dan swasta yang bisa dipilih, mulai dari kontrak ... -
PERILAKU BALOK L BETON BERTULANG DENGAN LUBANG PERSEGI PANJANG AKIBAT BEBAN STATIK
(2011-09)Membuat bukaan di badan balok baru-baru ini dilakukan oleh konsultan untuk menempatkan kabel AC, kabel internet dan pipa sanitasi. Menempatkan utilitas ini pada bukaan di badan diharapkan mengurangi tinggi bangunan dan ... -
PERILAKU STRUKTURAL TEROWONGAN APUNG TERENDAM DENGAN KONFIGURASI KABEL YANG BERBEDA DIBAWAH BEBAN ALAM
(2011-09)Makalah ini mempresentasikan perilaku struktural dari Submerged Floating Tunnel (SFT) untuk menyeberang Kepulauan Seribu yang dibebani beban lingkungan dengan menggunakan konfigurasi kabel yang berbeda. SFT adalah struktur ... -
KAPASITAS TEKAN DAN TARIK BETON DENGAN BAHAN TAMBAH FILLER ABU AMPAS TEBU DAN ABU ARANG BRIKET DENGAN FAS 0,45
(2011-09)Beton merupakan bahan bangunan yang telah banyak dikenal masyarakat Indonesia karena bahan penyusun beton mudah didapat dan relatif murah. Penelitian tentang beton telah banyak dilakukan, adapun penelitian ini mencoba ... -
KARAKTERISTIK KEKASARAN LAPISAN DASAR SEDIMEN ARMOUR
(2011-09)Struktur lapisan dasar armoring merupakan hasil dari campuran gravel bad yang tersortir secara periodik, dimana sedimen yang halus terangkut, sedangkan sedimen yang kasar tetap tertinggal. Tegangan geser yang dihasilkan ...