Browsing Prosiding Seminar Nasional Pendidikan by Title
Now showing items 56-75 of 156
-
Membangun Karakter Siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah melalui Identifikasi Faktor Penghambat Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Sekolah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter yang sudah diterapkan di SDM BaturanKaranganyar.Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif ... -
Membangun Karakter Siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah Melalui Identifikasi Faktor Penghambat pelaKsanaan Pendidikan Karakter di Sekolah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter yang sudah diterapkan di SDM BaturanKaranganyar.Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif ... -
Membangun Kemandirian Belajar Melalui Strategi Metakognitif Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Rendahnya kegigihan siswa dalam belajar, baik belajar tentang konsep maupun prosedur atau algoritmik bahkan menemukan solusi dari suatu masalah, menunjukkan bahwa siswa tidak memiliki kemandirian, khususnya kemandirian ... -
Membangun Kemandirian Belajar melalui Strategi Metakognitif Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Rendahnya kegigihan siswa dalam belajar, baik belajar tentang konsep maupun prosedur atau algoritmik bahkan menemukan solusi dari suatu masalah, menunjukkan bahwa siswa tidak memiliki kemandirian, khususnya kemandirian ... -
Memupuk Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Guru sekolah dasar wajib memiliki empat kompetensi dalam menjalankan tugas profesinya sebagai guru. kinerja yang baik menunjukkan ukuran profesionalismenya seorang guru. Namun, ukuran profesionalisme tersebut masih ... -
Mengajar Cara Berpikir, Meraih Ketrampilan Abad 21
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)This research is a qualitative descriptive research, which aims to explain the application of teaching thinking in the second semester students' learning Teacher Education Elementary School Tadulako University. The first ... -
Mengefektifkan Peranan Guru Berbasis Kompetensi Melalui Model Covey
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk: (1)memberikan salah satu alternatif konsep cara mengefektifkan peranan guru berbasis kompetensi melalui model Covey; (2) Mendeskripsikan kendala dan solusi dalam mengefektifkan ... -
MENGEMBANGKAN KARAKTER BANGSA BERDASARKAN KEARIFAN LOKAL
(MUP UMS, 2012-05)Character is attribute that cling in every human, as somebody determinant to posed and comport, with influenced by situation, condition, and feelingly at heart somebody. School copes to dig and bequeath local wisdom in ... -
Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Memukul Permainan Bola Kasti dengan Penggunaan Alat Bantu
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak memukul permainan bola kasti melalui alat bantu pembelajaran pada peserta didik kelas V SD N Mangkubumen Kulon No. 83 Kota Surakarta Tahun Pelajaran ... -
Meningkatkan Kemampuan Berinteraksi dan Menumbuhkan Rasa Gotong Royong Mahasiswa PGSD Melalui Pengabdian Masyarakat
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa PGSD merupakan salah satu progam kerja bidang 4 HMP PGSD UMS yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi mahasiswa PGSD. Di mana ... -
Meningkatkan Kemampuan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional Dengan Metode Solfegio Di Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyanyikan lagu wajib nasional siswa SDN 111.I Muarabulian menggunakan Solfegio. Penelitian ini menggunakan metode PTK kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan ... -
MENUMBUHKAN KARAKTER BAIK (GOOD CARACTER) MELALUI MENULIS KREATIF DI SEKOLAH DASAR
(MUP UMS, 2012-05)Education plays an important role in changing the individual for the better. Individuals who are both characterized by good caracter that have an impact on good behavior. Good behavior is indicative of the more ... -
MODEL KECERDASAN KULTURAL DALAM PENGEMBANGAN CONTENT PENDIDIKAN KARAKTER PADA PENDIDIKAN DASAR
(MUP UMS, 2012-05)This paper is the result of research of the National Strategy DP2M Directorate General of Higher Education. Cultural intelligence is awareness in accommodating cultural experiences encountered in everyday life as ... -
Model Pembelajaran Bahasa Inggris pada Taman Kanak-Kanak Widyapura Pajang, Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Maksud diadakannya penelitian ini untuk mengidentifikasi model pembelajaran bahasa Inggris serta mengklasifikasikan kelemahan dan kelebihan model pembelajaran bahasa Inggris pada TK Widyapura di Suronalan, Pajang Surakarta. ... -
Model Pembelajaran Berbasis Manajemen Program Kerja Ilmiah Sebagai Salah Satu Solusi Pembelajaran Terbarukan Abad 21
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Penelitian ini membahas mengenai desain terhadap program kelas Sekolah Dasar yang mengedepankan aspek pembelajaran bermakna dan berpusat pada siswa, sesuai dengan yang diamanatkan dalam kurikulum 2013. Metode yang digunakan ... -
Model Pembelajaran Hybrid Learning pada Mata Kuliah Sepakbola di Pendidikan Olahraga FKIP UMS
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)1). Model pembelajaran hibrid learning adalah proses pembelajaran yang merupakan irisan tatap muka dan model pembelajaran online. 2). Peningkatan hasil belajar dan penguasaan keterampilan pada mata kuliah sepakbola di ... -
Model Pembelajaran Pencak Silat untuk Anak Sekolah Dasar
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Pencak silat adalah membela diri yang di dalamnya terdapat nilai menyerang dan bertahan. Menyerang dan bertahan menjadi sebuah hal yang harus dimiliki oleh atlet pencak silat, ini yang akan menentukan kualitas seorang ... -
MODEL PEMBELAJARAN “BERKAT ANANG” (BERKARAKTER, AKTIF, DAN MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS BAGI SEKOLAH DASAR YANG HUMANIS DAN BERKARAKTER
(MUP UMS, 2012-05)The learning of social science tends to use the monolitic approach, and top down method. It is also too theoritical. The students tends to be ”textbookish” that the learning process is not in accordance with their ... -
Nilai Kepahlawanan Dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar Studi Konseptual
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Pendidikan dasar mempunyai peranan penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia baik di bidang intelektual, emosional, sosial, maupun spiritual. Perencanaan pembelajaran yang baik pada mata pelajaran ...