Browsing Prosiding Seminar Nasional Pendidikan by Title
Now showing items 68-87 of 156
-
MODEL KECERDASAN KULTURAL DALAM PENGEMBANGAN CONTENT PENDIDIKAN KARAKTER PADA PENDIDIKAN DASAR
(MUP UMS, 2012-05)This paper is the result of research of the National Strategy DP2M Directorate General of Higher Education. Cultural intelligence is awareness in accommodating cultural experiences encountered in everyday life as ... -
Model Pembelajaran Bahasa Inggris pada Taman Kanak-Kanak Widyapura Pajang, Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Maksud diadakannya penelitian ini untuk mengidentifikasi model pembelajaran bahasa Inggris serta mengklasifikasikan kelemahan dan kelebihan model pembelajaran bahasa Inggris pada TK Widyapura di Suronalan, Pajang Surakarta. ... -
Model Pembelajaran Berbasis Manajemen Program Kerja Ilmiah Sebagai Salah Satu Solusi Pembelajaran Terbarukan Abad 21
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Penelitian ini membahas mengenai desain terhadap program kelas Sekolah Dasar yang mengedepankan aspek pembelajaran bermakna dan berpusat pada siswa, sesuai dengan yang diamanatkan dalam kurikulum 2013. Metode yang digunakan ... -
Model Pembelajaran Hybrid Learning pada Mata Kuliah Sepakbola di Pendidikan Olahraga FKIP UMS
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)1). Model pembelajaran hibrid learning adalah proses pembelajaran yang merupakan irisan tatap muka dan model pembelajaran online. 2). Peningkatan hasil belajar dan penguasaan keterampilan pada mata kuliah sepakbola di ... -
Model Pembelajaran Pencak Silat untuk Anak Sekolah Dasar
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Pencak silat adalah membela diri yang di dalamnya terdapat nilai menyerang dan bertahan. Menyerang dan bertahan menjadi sebuah hal yang harus dimiliki oleh atlet pencak silat, ini yang akan menentukan kualitas seorang ... -
MODEL PEMBELAJARAN “BERKAT ANANG” (BERKARAKTER, AKTIF, DAN MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS BAGI SEKOLAH DASAR YANG HUMANIS DAN BERKARAKTER
(MUP UMS, 2012-05)The learning of social science tends to use the monolitic approach, and top down method. It is also too theoritical. The students tends to be ”textbookish” that the learning process is not in accordance with their ... -
Nilai Kepahlawanan Dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar Studi Konseptual
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Pendidikan dasar mempunyai peranan penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia baik di bidang intelektual, emosional, sosial, maupun spiritual. Perencanaan pembelajaran yang baik pada mata pelajaran ... -
Optimalisasi Apersepsi Pembelajaran Melalui Folklor sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Pemanfaatan folklor sebagai bahan apesepsi menjadi alternatif guru dalam memulai proses pembelajaran. Pembiasan suatu cerita dan tradisi yang turun-temurun inilah yang menjadikan folklor dapat digunakan sebagai bahan ... -
Optimalisasi Apersepsi Pembelajaran Melalui Folklor sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Pemanfaatan folklor sebagai bahan apesepsi menjadi alternatif guru dalam memulai proses pembelajaran. Pembiasan suatu cerita dan tradisi yang turun-temurun inilah yang menjadikan folklor dapat digunakan sebagai bahan ... -
Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Menengah Atas
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Diadakannya pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi guru sekolah menengah atas bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi guru-guru yang belum berpengalaman dalam menulis artikel ilmiah, mengembangkan pengetahuan dan ... -
Pemanfaatan Website PGSD untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Mengikuti Kegiatan Program Studi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Salah satu bagian dari IPTEK adalah internet, website menjadi jendela awal dalam memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa, yang mana dalam konteks ini mahasiswa PGSD. Informasi - informasi seputar perkuliahan dan kegiatan ... -
Pemanfaatan Website PGSD untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Mengikuti Kegiatan Program Studi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Salah satu bagian dari IPTEK adalah internet, website menjadi jendela awal dalam memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa, yang mana dalam konteks ini mahasiswa PGSD. Informasi - informasi seputar perkuliahan dan kegiatan ... -
PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI ANAK SEKOLAH DASARLEWAT LAGU DAN PERMAINAN
(MUP UMS, 2012-05)Teaching English to Young Learners is full of Fun. Teacher must create the process of English learning for young learners as interesting, exciting and challenging as possible. Young learners have a good memory and ... -
Pembelajaran Berbasis Karakter
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Pembelajaran mengandung makna adanya kegiatan mengajar dan belajar, di mana pihak yang mengajar adalah guru dan yang belajar adalah siswa yang berorientasi pada kegiatan mengajarkan materi yang berorientasi pada ... -
Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom di Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Pembelajaran yang baik adalah melibatkan seluruh civitas akademik di Sekolah Dasar. Blended learning merupakan pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas. Hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jaringan ... -
Pembelajaran Menggambar Ilustrasi Dengan Media Video Animasi Untuk Mengembangkan Kompetensi Guru SD Muhammadiyah Se-Kecamatan Tempel Yogyakarta
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan penelitiannya adalah (1)untuk mengetahui dan mendeskripsikan cara mengembangkan dan meningkatkan kompetensi guru-guru Sekolah Dasar Muhammadiyah terkait kemampuan menggambar ilustrasi hewan (2) untuk mengetahui ... -
Pembelajaran Tematik SD Bermuatan IPS Dengan Media Gambar Sederhana
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Ranah pembelajaran tematik bermuatan IPS menggunakan pendekatan sosial yang menghubungkan satu fenomena sosial dengan fenomena sosial yang lainnya. Siswa dalam proses pembelajaran diajak memandang, memecahkan dan mengambil ... -
Pemberdayaan Guru Bersertifikasi di SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Sertifikasi guru merupakan salah satu usaha penerintah Indonesia untuk meningkatkan profesionalitas dan kesejahteraan tenaga pendidik. Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan kegiatan pemberdayaan guru bersertifikasi, ... -
Penanaman Karakter Saft sebagai Upaya Menciptakan Calon Pendidik Berkarakter dalam Mata Kuliah Microteaching
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Pendidikan karakter dirasakan semakin mendesak untuk diimplementasikan di Indonesia seiring dengan munculnya berbagai perilaku yang jauh dari nilai-nilai kehidupan di Indonesia, seperti korupsi, pembunuhan, penipuan yang ...