Browsing Prosiding Seminar Nasional Pendidikan by Title
Now showing items 98-117 of 156
-
Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Belakang
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai guling belakang pada siswa kelas IX-D SMP Negeri 3 Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012 dengan menggunakan media pembelajaran audio-visual. Penelitian ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEBAGAI UPAYA MERETAS SEKOLAH HUMANIS DI SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KOTA BARAT SURAKARTA
(MUP UMS, 2012-05)This study aimed to apply the model of interactive learning in science lessons with group work, as an effort to repair and improvement of the learning process. The research method using a Classroom Action Research studies ... -
Penerapan Strategi Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 Ngawi Tahun Ajaran 2013/2014
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-03)Abstrak Penelitian ini bertunjuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan strategi embelajaran Inside Outside Circle (IOC) kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 )l"gawi tabun ajaran ... -
Pengaruh Model Asesmen Terhadap Higher Order Thinking Skill dan Keterampilan Proses Sains Yang Dikontrol Oleh Past Performance
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan rerata higher order thinking skill dan keterampilan proses sains pada kelompok asesmen terintegrasi dan konvensional yang ditinjau dari past performance, serta untuk ... -
Pengaruh Reward And Punishment terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 3 Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh reward terhadap kedisiplinan siswa kelas tinggi SD Negeri 3 Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015, 2) mengetahui pengaruh punishment ... -
Pengaruh Reward and Punishment terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 3 Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh reward terhadap kedisiplinan siswa kelas tinggi SD Negeri 3 Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015, 2) mengetahui pengaruh punishment ... -
Pengaruh Strategi MURRDERR, Minat Penjurusan, dan Kemampuan Dasar Matematis Terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Dan Disposisi Kreatif Matematis Mahasiswa PGSD
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Creative thinking ability and disposition (CTAD) dituntut dalam aktivitas belajar matematika dalam penguatan program belajar guru sekolah dasar (PGSD). Untuk itu, pemilihan pendekatan dan strategi yang tepat akan membuat ... -
Pengelolaan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan: 1) pengelolaan pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta, 2) petugas yang mengelola pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul ... -
Pengelolaan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan: 1) pengelolaan pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta, 2) petugas yang mengelola pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul ... -
Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Bagi Calon Guru Sekolah Dasar Berpendekatan Local Wisdom
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)UU Sisdiknas no 20 tahun 2013 pasal 36, yakni kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan jenjang satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Selain ... -
Pengembangan Materi Ajar dan Model Pembelajaran Berorientasi dan Berstrategi Tindak Kesantunan Direktif dan Positif
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Studi ini bertujuan untuk merumuskan pengembangan materi ajar dan model pembelajaran yang berorientasi dan berstrategi pada tindak kesantunan direktif (TKD) dan tindak kesantunan positif. Metode penelitian ini berbentuk ... -
Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Visual Thinking Strategis pada Peserta Didik di Sekolah Dasar
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Peserta didik di sekolah dasar merupakan individu yang memiliki potensi yang besar dalam dunia pendidikan. Usia sekolah dasar merupakan pembentukan paradigma pendidikan pada tahapan selanjutnya. Pendidikan masa kini yang ... -
Pengembangan Model Mind Mapping Berbantuan Gambar Untuk Meningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Di Kota Semarang
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan penelitian ini untuk (1) menghasilkan model pembelajaran mind mapping berbantuan gambar, yang efektif mampu meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa SD kelas V (2)menguji tingkat keefektifan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Berkarakter Antikorupsi Berbantuan Film (Pankorfi) pada Mata Pelajaran PKn
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Pemberantasan korupsi tidak cukup dilakukan pemerintah melalui penegakan hukum semata tetapi perlu dukungan semua pihak. Salah satunya melalui pendidikan antikorupsi. Berdasarkan hasil field study di SDN Kalimacan 1, SDN ... -
Pengembangan Pembelajaran Interaktif Kemampuan Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Usia siswa Sekolah Dasar merupakan proses pengembangan dan perbaikan kemampuan gerak dasar, maka mereka harus diberikan fasilitas belajar yang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga mereka dapat memperluas ... -
Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA mulai berlaku pada 1 Januari 2016. Salah satu komponen penting bagi Indonesia untuk menghadapi MEA adalah jumlah wirausahawan dalam negeri, karena wirausahawan memiliki peranan besar ... -
Pengembangan Permainan Engklek Modern untuk Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini sebagai Upaya Mengurangi Kecanduan Game di Smartphone
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan engklek modern untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik anak usia dini sebagai upaya mengurangi kecanduan game di smartphone. Model pengembangan yang digunakan ... -
Pengembangan Video Sex Education untuk Menstimulasi Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video sex education untuk menstimulasi kemampuan sosial dan emosional anak usia dini. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg and Gall (2007) ... -
Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri Blangu 3, Kecamatan ... -
Penggunaan Media Pop-Up Book dan Metode CTL untuk Meningkatkan Minat Belajar SD Negeri Ngrombo 3
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)SD Negeri Ngrombo 3 merupakan SD di Kecamatan Tangen. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di SD masih bersifat kontemporer. Pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Media pembelajaran yang dipakai terbatas dengan ...