Browsing Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta by Title
Now showing items 46-65 of 91
-
Pendidikan Karakter dan Mutu Pendidikan Indonesia
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana perilaku guru dan pendidikan karakter mampu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Indonesia memerlukan sumberdaya manusia dalam jumlah ... -
Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship) sebagai Sarana Mewujudkan Warga Negara yang Beradab (Good Citizenship)
(Seminar Nasional Pendidikan 2019, 2019-04)Dalam pendidikan IPS pendidikan kewarganegaraan perlu untuk generasi milenial, pendidikan kewarganegaraan sebagai transmisi kewarganegaraan dalam pengajaran IPS,berkaitan dengan penanaman tingkah laku yang baik, pengetahuan ... -
Penerapan Kebijakan Full Day School terhadap Hasil Belajar Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan kebijakan full day school dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa, faktor pendukung dan penghambat penerapan kebijakan full day school dan perananya kebijakan ... -
Penerapan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Penyelesaian Soal High Order Thinking Skill (HOTS) dalam Pembelajaran Akuntansi
(Seminar Nasional Pendidikan 2019, 2019-04)Kurikulum 2013 merupakan suatu kuruikulum yang mendorong adanya keterampilan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Dengan begitu penerapan metode yang sesuai untuk menunjang keterampilan HOTS harus diperhatikan oleh guru ... -
Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Dengan Penggunaan Media Elektronik Untuk Meningkatkan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Minat siswa dalam pembelajaran dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan secara tepat. Penggunaan metode kooperatif dapat meningkatkan aktivitas siswa di dalam kelas. Selain itu, penerapan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah ditentukan oleh berbagai faktor diantaranya peserta didik, guru, orang tua, dan lingkungan. Peserta didik adalah subjek dan objek dalam proses pembelajaran. Setiap aktivitas ... -
Penerapan Strategi Marketing Lembaga Pendidikan Swasta di Era Industri 4.0 (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta)
(Seminar Nasional Pendidikan 2019, 2019-04)Perkembangan zaman di abad ke 21 memasuki era dimana persaingan antar lembaga pendidikan semakin kompetitif dan menuntut lembaga pendidikan menyesuaikan dengan perkembangan di masyarakat. Namun daya tarik masyarakat untuk ... -
Pengalaman, Jenis Kelamin, dan Tingkat Pendidikan: Apakah Mempengaruhi Kinerja Guru Ekonomi/Akuntansi di Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, dan Kota Semarang?
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengalaman, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan guru terhadap kinerja guru ekonomi akuntansi. Populasi dari penelitian ini terdiri dari guru-guru ekonomi akuntansi SMA/SMK ... -
Pengantar Editor & Laporan Ketua Panitia Seminar Nasional Pendidikan (SNP) 2016
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02) -
Pengantar Editor & Laporan Ketua Panitia Seminar Nasional Pendidikan (SNP) 2017
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24) -
Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dengan mengetahui hal ini diharapkan guru dapat meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar ... -
Pengelolaan Pembelajaran Akuntansi Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Kejuruan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan penelitian mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran akuntansi kurikulum 2013 di Sekolah Menengangah Kejuruan. Jenis penelitian research and development. Subyek penelitian guru akuntansi SMK di Surakarta. ... -
Pengembangan Accounting Electronic Module Berbantuan Program Aplikasi Accurate Accounting V5 Untuk Siswa SMK Kelas XI Program Keahlian Akuntansi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk pembelajaran berupa Accounting electronic module berbantuan program aplikasi accurate accounting v 5 untuk siswa SMK kelas XI program keahlian ... -
Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Akuntansi Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Kejuruan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)The research aims are to analysis and to describe the development of accounting learning evaluation on curriculum 2013 based on lesson study. This research approach used was research and development. The subject of the ... -
Pengembangan Karier Fungsional Guru Pada Tiga Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Sukoharjo
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menemukan teori substantif tentang: Pengembangan karier fungsional guru pada tiga Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah.Penelitian ini menggunakan ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Wordpress di Era Milenial (Studi Kasus di SMKN 1 Boyolali)
(Seminar Nasional Pendidikan 2019, 2019-04)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran akuntansi berbasis wordpress dalam menghadapi era milenial. Era milenial ditandai dengan mudahnya masyarakat mendapatkan informasi dari berbagai belahan ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansiberbasis Android Dengan Aplikasi “AKSI (Asah Akuntansi)”
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Akuntansi berbasis android denganAplikasi “AKSI (Asah Akuntansi)” pada kompetensi Jurnal Khusus serta mengetahui kelayakan mediapembelajaran akuntansi berbasis ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model Games “Gedutan” dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X SMK – BM Se- Kota Medan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Akuntansi sering dianggap sebagai sesuatu yang sulit, rumit dan membosankan bagi siswa. Hal ini biasa terjadi pada siswa SMK kelas X yang baru mengenal akuntansi. Anggapan negatif terhadap akuntansi salah satunya dipengaruhi ... -
Pengembangan Pelaksanaan Pembelajaran Akuntansi Kontekstual di SMA
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengembangan pembelajaran akuntansi kontekstual yang dilakukan guru-guru akuntansi di SMA Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and ... -
Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigaion (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
(Seminar Nasional Pendidikan 2019, 2019-04)Pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) merupakan pembelajaran yang menuntut siswa aktif dalam proses pembelajaran didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pengguanaan metode ...