Browsing Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya by Title
Now showing items 349-368 of 548
-
Penerapan Metode Triple Exponential Smoothing untuk Meramalkan Jumlah Penumpang Kereta Api di Daerah Operasi 4 Semarang
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)PT.KAI Persero DAOP 4 Semarang sebagai penyedia layanan satu-satunya moda transportasi darat berbasis kereta milik pemerintah, tentu memiliki pelanggan ataupun konsumen yang banyak karena memiliki banyak pilihan kelas ... -
Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbasis Lesson Study Pada Pembelajaran Matematika Kelas Viii Semester Ganjil Di UPTD SMP Negeri 1 Prambon Tahun Ajaran 2013/2014
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan keaktifan siswa setelah menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing berbasis Lesson Study pada materi teorema pythagoras. Penelitian ini ... -
Penerapan Model Bayesian Moving Average untuk Pemodelan Data Pendapatan Harian Retribusi Pelayanan Pasar Dinas Perdagangan Kota Salatiga
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Retribusi Daerah khususnya Retribusi Pelayanan Pasar menjadi salah satu sumber PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang penting di Kota Salatiga. Pengelolaan Retribusi Pelayanan Pasar merupakan tugas Dinas Perdagangan selaku ... -
Penerapan Model Epidemic Type Aftershock Sequence (ETAS) pada Data Gempa Bumi Sulawesi dan Jawa
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Gempa bumi merupakan suatu kejadian yang bersifat acak baik dalam waktu maupun lokasi. Suatu kejadian gempa bumi yang berkekuatan besar, biasanya diikuti oleh kejadian gempa susulan. Oleh karana itu, diperlukan upaya untuk ... -
Penerapan Model Kooperatif Tipe Round Table dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Kelas VII SMP Negeri 27 Bandung)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di SMP Negeri 27 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: (a) Gambaran aktivitas pembelajaran matematika siswa dan gurumenggunakan model Kooperatif ... -
Penerapan Model Kooperatif Tipe Round Table dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Kelas VII SMP Negeri 27 Bandung)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di SMP Negeri 27 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: (a) Gambaran aktivitas pembelajaran matematika siswa dan gurumenggunakan model Kooperatif ... -
Penerapan Model Pembelajaran Arias Terintegrasi Pada Pembelajaran Kooperatif Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika( PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun 2011/2012 )
(Muhammadiyah University Press, 2013-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui penerapan metode ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif STAD. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Arias Terintegrasi Pada Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun 2011/2012)
(Muhammadiyah University Press, 2012-05-09)Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament.. Jenis penelitian ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) dalam Upaya Meningkatkan Peran Aktif Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Kalkulus Diferensial
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018, 2018-03)This research aims to improve the students’ active engagement in diferential calculus learning using a cooperative learning model type Student Teams Achievement Division (STAD). The subject of this research was students ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Persamaan Diferensial
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018, 2018-03)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar persamaan diferensial mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui ... -
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematik
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Selain itu juga untuk mendeskripsikan (2) bagaimana kemampuan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Teknik Kendaraan Ringan D (TKR D) SMK N 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan memperbaiki proses pembelajaran sehingga dapat meningkatan keaktifan belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu perencanaan, ... -
Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pembelajaran Two Stay Two Stray yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, untuk mengetahui peningkatan komunikasi matematis siswa, dan peningkatan ... -
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Mata Kuliah Matematika Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas strategi pembelajaran kooperatif Jigsaw dalam meningkatkan kemampuan matematik mahasiswa. Populasi penelitian adalah mahasiswa Politeknik Negeri Bandung angkatan ... -
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Matematika merupakan mata pelajaran pokok yang ada pada setiap jenjang pendidikan. Mengingat pentingnya matematika, siswa dituntut untuk memahami suatu masalah matematika. Namun kenyataannya, siswa kesulitan dalam memahami ... -
Penerapan Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Artikel ini merupakan metode hasil kajian mengenai penerapan pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Tujuan dari artikel ini untuk mengetahui bahwa pendekatan ... -
Penerapan Project-Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Project-based learning merupakan pembelajaran yang di dalamnya melibatkan tugas-tugas proyek. Tuntutan dari sebuah tugas proyek dalam pembelajaran matematika melalui project based learning adalah siswa dapat menyelesaikan ... -
Penerapan Seni Lipat Origami untuk Memvisualisasikan Bentuk Kurva pada Bidang Datar
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018, 2018-03)Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi tentang prosedur/cara memvisualisasikan bentuk kurva pada bidang datar (lingkaran, elips, parabola, dan hiperbola) dengan menggunakan aturan seni lipat origami. ... -
Penerapan Skema Jacobi dan Gauss Seidel pada Penyelesaian Numerik Persamaan Poisson
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Differential equations are equations that involve an unknown function and derivatives.There will be times when solving the exact solution for the equation may be unavailable. At these times explicitand implicit methods ... -
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA BERDASARKAN HASIL UASBN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika di kelas VI SD Negeri Banaran 02 Grogol, Sukoharjo Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011)
(MUP, 2011-07)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD yang meliputi aspek menjawab pertanyaan, mengajukan pertanyaan, dan siswa yang mengerjakan soal latihan di depan kelas. Jenis penelitian ...