Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II 2017: Recent submissions
Now showing items 1-20 of 61
-
Deskripsi Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Dengan Menggunakan Worksheet
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Berpikir matematis dapat dipandang sebagai suatu cara memahami masalah matematika dengan menyusun berbagai sumber kajian terhadap objek-objek matematika. Untuk mendukung kemampuan berpikir matematis siswa, maka salah ... -
Proses Berpikir Kreatif Dalam Pengajuan Masalah Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XI-AP4 SMK Negeri 2 Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa kelas XI AP-4 SMK Negeri 2 Madiun yang mempunyai motivasi belajar tinggi dan sedang dalam pengajuan masalah matematika. Pengambilan subjek ... -
Analisi Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Diferensial
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesulitan dan faktor penyebab kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan Persamaan Diferensial materi PD linier order n. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. ... -
Berpikir Koneksi Relatif Melalui Refleksi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan tentang koneksi matematis relatif melalui reflektif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Berpikir koneksi yang perlu digaris bawahi yaitu: (1) Mahasiswa ... -
Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)alah satu kemampuan matematika yang penting dan harus dimiliki oleh mahasiswa pendidikan matematika adalah kemampuan menyelesaikan masalah matematika. Selama perkuliahan mahasiswa telah menerapkan kemampuan menyelesaikan ... -
Pemanfaatan Tangram Dengan Kolaborasi Untuk Meningkatkan Tingkat Berpikir Geometri
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Fakta menunjukkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa SMP masih rendah. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di sebuah SMP swasta di Kota Malang, peneliti menemukan bahwa lebih dari 50% siswa salah dalam ... -
Dampak Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Konsentrasi Belajar Siswa SMP
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Pendidikan memiliki peran sentral dalam membangun dan memajukan suatu bangsa. Pelaksanaan pendidikan seharusnya mengarahkan siswa menjadi pribadi yang fokus dalam mengembangkan potensi diri. Matematika membutuhkan ... -
Implementasi Penilaian Kinerja Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study Pada SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kesiapan guru SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo terhadap penilaian kinerja, (2) proses pembuatan instrumen penilaian kinerja dalam pembelajaran matematika, (3) penerapan implementasi ... -
Analisis Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Perbedaan Gender
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah aritmatika sosial di kelas VII yang ditinjau dari perbedaan gender. Kemampuan metakognisi pada penelitian ini terdiri ... -
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembinaan Berpikir Logis Dalam Pembelajaran Pada Siswa SMP
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-22)Penelitian ini bertujuan menenanamkan pembinaan berpikir logis untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa SMP.Jenis penelitian yang dipakai PTK dengan subjek penelitiannya siswa kelas VII SMP Satap Negeri ... -
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Penalaran Matematis Dengan Menggunakan Macromedia Flash
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Penalaran matematis merupakan salah satu tujuan penting dalam pembelajaran matematika, untuk mengembangkan penalaran matematis siswa diperlukan suatu bahan ajar yang dapat mendukung siswa dalam pembelajaran agar kemampuan ... -
Proses Kognitif Dalam Pembelajaran Bermakna
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Belajar merupakan proses perubahan susunan pengetahuan yang telah tersimpan di dalam memori melalui proses konstruksi pengetahuan baru maupun rekonstruksi pengetahuan lama. Proses belajar itu sendiri sangat erat kaitannya ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII SMP di Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Matematika membutuhkan kreativitas dalam mengeksplorasi masalah supaya tidak mereplikasi karya orang lain. Semakin tinggi tingkat kreativitas siswa, maka semakin bagus kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Salah satu ... -
Peran Berpikir Analogi Dalam Memecahkan Masalah Matematika
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Memiliki pengetahuan dan kemampuan berfikir adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan berpikir tanpa bahan pengetahuan, sebaliknya kemampuan berpikir akan memperkaya pengetahuan. ... -
Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Diferensial
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesulitan dan faktor penyebab kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan Persamaan Diferensial (PD), materi PD linier order n. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. ... -
Prediksi Performa Akademik Siswa Pada Pelajaran Matematika Menggunakan Bayesian Networks dan Algoritma Klasifikasi Machine Learning
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Mengidentifikasi data yang relevan agar bisa memprediksi performa akademik siswa merupakan hal yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini menggunakan data akademik dan personal siswa menengah pada nilai mata pelajaran ... -
Hubungan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus I
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus I. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Metode ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Missouri Mathematics Project (MMP) Dan Teams Games Tournament (TGT) Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Emotional Quotient (EQ) Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri se-Kodya Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3 x 3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri se-Kodya Surakarta semester ganjil tahun pelajaran ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Group Investigation (GI) dan Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang memberikan hasil belaja matematika yang lebih baik, siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered HeadTogether (NHT), Group Investigation (GI) atau Team Assisted ... -
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Mata Kuliah Matematika Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas strategi pembelajaran kooperatif Jigsaw dalam meningkatkan kemampuan matematik mahasiswa. Populasi penelitian adalah mahasiswa Politeknik Negeri Bandung angkatan ...