Browsing Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015 by Title
Now showing items 42-61 of 106
-
Kajian Matriks dalam Aljabar Max Plus
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Artikel ini membahas tentang matriks di dalam aljabar max plus serta beberapa aplikasinya. Operasi dasar dalam aljabar max plus adalah maksimum ( ) dan penjumlahan ( ). Matriks yang dibahas dalam artikel ini adalah ... -
Kajian Metode Imputasi dalam Menangani Missing Data
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Pada sebuah survey, adakalanya tidak semua pertanyaan pada kuisioner dijawab atau diisi dengan lengkap oleh responden. Hal ini menyebabkan adanya missing data. Missing data akan mengakibatkan pendugaan parameter menjadi ... -
Kesalahan Siswa dalam Memilah Data Relevan pada Soal Matematika Berbasis Konteks
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesulitan siswa dalam mengerjakan soal berbasis konteks (context-based tasks). Penelitian dilaksanakan di sembilan SMP di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dimana ... -
Kesulitan Melukis, Memahami Lingkaran Dalam dan Luar Segitiga pada Mahasiswa Semester 1 Pendidikan Matematika UMS
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)This studyaimed to describethe ability ofstudentsin paintingandunderstand thegeometry ofthe field on thecoursecompetenciesin thecircleandoutside the triangleanddeterminethe causes ofthe difficultiesexperienced bystudents. ... -
Loss of Load Probability (LOLP) Index untuk Menganalisis Keandalan Pembangkit Listrik (Studi Kasus PT Indonesia Power UBP Suralaya)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Listrik merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Kebutuhan akan listrik dapat dicukupi jika produsen listrik dapat menjaga pasokan listrik. Banyak faktor yang mempengaruhi terjaganya pasokan ... -
Masalah Eigen Matriks Tak Terreduksi Berpangkat atas Aljabar Maks-Plus Interval
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Aljabar maks-plus adalah himpunan himpunan bilangan real dan yang dilengkapi dengan operasi maksimum dan plus ..Matriks atas aljabar maks-plus merupakan matriks yang elemen- elemennya adalah elemen .Matriks atas aljabar ... -
Membangun Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Outdoor Mathematics
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Pembelajaran matematika yang dilakukan di dalam kelas kurang optimal dalam membangun pengetahuan matematika siswa Sekolah Dasar (SD. Sehingga perlu dilakukan pembelajaran matematika di luar kelas. Bagaimana cara melakukan ... -
Mengestimasi Beberapa Data Hilang (Missing Data) dan Analisis Varians untuk Rancangan Blok Acak Sempurna
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Dalam penelitian yang bersifat percobaan, pada pelaksanaannya bisa terjadi bahwa data percobaan yang diperoleh tidak lengkap, hal ini terjadi karena adanya data yang hilang (missing data), dengan terjadinya beberapa data ... -
Meningkatkan Ketercapaian Kompetensi Inti Kurikulum 2013 Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII – B SMP N 2 Depok Sleman
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ketercapaian kompetensi inti Kurikulum 2013 siswa kelas VII – B di SMP Negeri 2 Depok, Sleman. Penelitian tindakan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan ... -
Metode Fuzzy Time Series Stevenson Porter dalam Meramalkan Konsumsi Batubata di Indonesia
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Fuzzy Time Series merupakan salah satu metode softcomputing yang telah digunakan dan diterapkan dalam analisis data runtun waktu. Banyak peneliti yang telah berkontribusi dalam pengembangan analisis runtun waktu menggunakan ... -
Metode K-Means Cluster dan Fuzzy C-Means Cluster (Studi Kasus: Indeks Pembangunan Manusia di Kawasan Indonesia Timur tahun 2012)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Analisis kelompok (cluster analysis) telah digunakan diberbagai bidang ilmu pengetahuan, dengan tujuan mengelompokkan objek/observasi. Hal penting dalam analisis kelompok adalah memperoleh nilai simpangan baku dalam ... -
Metode Kemungkinan Maksimum untuk Koreksi Sebaran Bersyarat pada Analisis Korelasi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-03-07)asalah umum pada pendugaan validitas di bidang pendidikan adalah sebaran bersyarat pada peubah bebas. Penggunaan metode yang tepat untuk penentuan sebaran bersyarat sangat diperlukan untuk menentukan validitas instrumen ... -
Model SAR, Ekspansi SAR dan Plot Moran untuk Pemetaan Hasil Akreditasi Sekolah di Provinsi Jawa Barat
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Paper ini membahas aplikasi indeks Moran, model Spatial Autoregressive (SAR) dan model Ekspansi SAR untuk pemetaan Hasil akreditasi sekolah di Provinsi Jawa Barat. Indeks Moran menggambarkan otokorelasi spasial data hasil ... -
Modifikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan NHT dengan Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diantara model pembelajaran TPS dengan pendekatan CTL, NHT dengan pendekatan CTL dan langsung, model pembelajaran manakah yang dapat memberikan prestasi belajar matematika lebih ... -
Partial Proportional Odds Model pada Usia Kawin Pertama Wanita
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Regresi logistik ordinal merupakan salah satu metode statistika untuk menganalisis variabel respon yang mempunyai skala data ordinal dan terdiri dari tiga kategori atau lebih, sedangkan variabel prediktor yang digunakan ... -
Partial Proportional Odds Model pada Usia Kawin Pertama Wanita
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-01-07)Regresi logistik ordinal merupakan salah satu metode statistika untuk menganalisis variabel respon yang mempunyai skala data ordinal dan terdiri dari tiga kategori atau lebih, sedangkan variabel prediktor yang digunakan ... -
Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika dan salah satu daya matematika yang harus dimiliki siswa, karena itu siswa harus mendapat pengalaman belajar dan terampil memecahkan masalah matematika. ... -
Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Purwosari Satu Atap Pasuruan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama ... -
Pembelajaran Lesson Study Berbantuan Software Graphmatica dalam Materi Transformasi Grafik Fungsi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Kemampuan spasial seorang siswa mempunyai tingkat berbeda dengan siswa yang lainnya.Dengan kemampuan ini siswa dapat lebih cepat memahami suatu materi matematika yang berkaitan dengan ruang. Pada artikel ini akan dibahas ... -
Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Metode Jarimatika pada Materi Perkalian
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan metode jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III MI NU Wasilatut Taqwa pada materi operasi hitung perkalian. ...