Browsing by Title
Now showing items 2142-2161 of 10926
-
Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Team Assisted Individualization dan Quiz Team Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji: (1) pengaruh strategi pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Quiz Team terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan pemecahan masalah ... -
Eksperimen Pullout Test Hammer Drive Anchor M10 X 120mm dengan Jarak Angkur Tepi Beton Kritis melalui Metode Pemasangan Cast-In Place dan Post Installed
(Seminar Nasional Teknik Sipil X 2020, 2020)Angkur mempunyai berbagai macam jenis salah satunya adalah hammer drive anchor atau sering disebut dengan angkur pukul. Pemasangan angkur dapat dilakukan dengan cara cast-in place dan post installed. Cast-in place adalah ... -
Eksperimen Tarik Angkur Tipe Ekspansi secara Cast in Place dan Postinstalled dengan Keggalan Breakout Concrete
(Seminar Nasional Teknik Sipil X 2020, 2020)Penggunaan angkur dalam konstruksi semakin populer untuk menghubungkan konstruksi baja dan beton yang menyalurkan beban tarik yang bekerja ke beton. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan kekuatan angkur berdasarkan ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Group Investigation (GI) dan Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang memberikan hasil belaja matematika yang lebih baik, siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered HeadTogether (NHT), Group Investigation (GI) atau Team Assisted ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match atau TPS. (2) Manakah yang mempunyai ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning (DL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbasis Assessment for Learning (AFL) terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Tingkat Motivasi Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh masing-masing kategori model pembelajaran, tingkat motivasi, dan interaksinya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Missouri Mathematics Project (MMP) Dan Teams Games Tournament (TGT) Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Emotional Quotient (EQ) Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri se-Kodya Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3 x 3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri se-Kodya Surakarta semester ganjil tahun pelajaran ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devisions (Stad) Modifikasi, Think Pair And Share (TPS) dan Konvensional Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Kemandirian Pada Siswa SMP Se-Kabupaten Kudus
(Muhammadiyah University Press, 2012-04-09)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemandirian serta interaksinya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan menggunakan ... -
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP NEGERI SE-KABUPATEN GROBOGAN
(MUP, 2011-07)Noviana Dini Rahmawati, S850809313. Experimentation of Cooperative Learning Model using Teams Games Tournament (TGT) Type and Numbered Heads Together (NHT) on Linear Equations System in Two Variables Material be Viewed ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Make A Match (MAM) Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas XI SMA Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran, kecerdasan emosional, dan interaksinya terhadap prestasi belajar pada materi lingkaran. Populasi meliputi seluruh ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Tingkat Kedisiplinan Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh model pembelajaran Project Based Learningdan Discovery Learningterhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh tingkat kedisiplinan siswa terhadap prestasi ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Fungsi Ditinjau dari Interaksi Sosial Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik pada model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan saintifik, siswa dengan tingkat interaksi sosial ... -
Eksperimentasi Model Stad dan Tps Pada Materi Pokokpersamaan Garis Lurus
(Muhammadiyah University Press, 2012-05-09)The aims of this research are to find out the different effect of each categories of learning model. The research is quasi experimental with 1 × 3 factorial design. The population is all students of grade VIII State Junior ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Assessment For Learning dan Eksperimentasi Pembelajaran Menggunakan Perpaduan Metode Penemuan Dengan Pendekatan Investigasi 97
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh masing- masing kategori model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain ... -
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG YANG BERBASIS ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI TINGKAT KREATIVITAS SISWA
(MUP, 2011-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah di antara pendekatan pembelajaran CTL dan pembelajaran langsung yang berbasis AfL dan juga di antara kategori kreativitas siswa yang dapat menghasilkan prestasi belajar ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Dengan Model NHT Dan TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament terhadap hasil belajar. (2) pengaruh tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar. (3) ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Metode Pembelajaran Problem Solving dan Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Tingkat Berpikir Kritis Siswa
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh penggunaan metode pembelajaran Problem Solving dan metode pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan pengaruh ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transfering (REACT) Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)There are three aims of this study: (1) Evaluating the difference of student’ mathematics achievement viewed from two difference learning models (PMRI and REACT). (2) Evaluating the difference of students’ matheatics ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII SMP di Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Matematika membutuhkan kreativitas dalam mengeksplorasi masalah supaya tidak mereplikasi karya orang lain. Semakin tinggi tingkat kreativitas siswa, maka semakin bagus kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Salah satu ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Student Team Achievement Division (STAD) dan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Teras Tahun Ajar 2015/2016
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)danMake A Matchterhadap hasil belajar siswa, (2) Pengaruh keaktifan terhadap hasil belajar ...