Browsing Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta by Issue Date
Now showing items 41-60 of 91
-
Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Akuntansi Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Kejuruan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)The research aims are to analysis and to describe the development of accounting learning evaluation on curriculum 2013 based on lesson study. This research approach used was research and development. The subject of the ... -
Pengantar Editor & Laporan Ketua Panitia Seminar Nasional Pendidikan (SNP) 2017
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24) -
Kompetensi Interpersonal Siswa Program Khusus dan Siswa Regular di SMP Batik Program Khusus Surakarta dan SMP Batik Surakarta Tahun 2016/2017
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Perbedaan kompetensi interpersonal siswa Program Khusus dengan siswa Reguler di SMP Batik surakarta dan SMP Batik Program Khusus Surakarta tahun 2016/2017. ... -
Penumbuhkan Jiwa Kewirausahaan melalui Implementasi Edupreneurship di Sekolah Menengah Kejuruan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Tujuan penulisan artikel ini dimaksudkan untuk mendiskripsikan cara menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa melalui implementasi edupreneurship di sekolah menengah kejuruan (SMK). Permasalahan yang dirumuskan: 1) bagaimana ... -
Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Ujian Akhir Semester Ganjil Tahun 2016/2017 Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII di SMA Swasta Se-Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Penilaian adalah komponen terpenting dalam proses belajar mengajar. Namun beberapa guru kurang memperhatikan cara menyusun soal dengan baik. Penelitian ini untuk mengevaluasi soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Ekonomi. ... -
Penerapan Kebijakan Full Day School terhadap Hasil Belajar Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan kebijakan full day school dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa, faktor pendukung dan penghambat penerapan kebijakan full day school dan perananya kebijakan ... -
Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Pendidikan Ekonomi dalam Rangka Mengembangkan Inovasi Pembelajaran Berbasis Budaya Berpikir Ilmiah Pada Era MEA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Peningkatan mutu lulusan pendidikan ekonomi merupakan sebuah urgensi yang harus dilakukan perbaikan, dimana pada dasarnya dapat dilakukan dengan strategi merubah salah satu dari subsistem yang diantaranya manusia, struktur, ... -
Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Kelas X Ak 1 SMK N 4 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi kelas X AK 1 SMK Negeri ... -
Dampak Mata Kuliah Praktek Kewirausahaan terhadap Motivasi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi untuk Berwirausaha
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Mata Kuliah Praktek Kewirausahaan merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi. Mata kuliah ini diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Akuntansi dengan ... -
Peningkatan Kompetensi Guru BK/Konselor dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Siswa SMK seharusnya telah mampu mengidentifikasi potensi diri dan memiliki pilihan yang mantap mengenai arah karirnya. Faktanya, masih banyak siswa yang tidak yakin dengan pilihan karirya. Permendikbud RI Nomor 70 Tahun ... -
Daftar Isi Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (SNP) 2017
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24) -
Dinamika Dan Tantangan Pembangunan Karakter Bangsa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Dinamika pembangunan bangsa dan kebangsaan terus berjalan dinamis, tantangan demi tantangan silih berganti sesuai dengan jamannya. Pola-pola perilaku bangsa ini bergerak terus dalam konsep karakter yang tidak jauh berbeda ... -
Implementasi Pendidikan Ekonomi Berbasis Kearifan Lokal untuk Mewujudkan Lulusan Berkarakter di Universitas PGRI Madiun
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Kendala yang dihadapi sekarang ini dan masa yang akan datang adalah membentuk mahasiswa yang berkarakter dan dapat diterima dalam dunia kerja. Dalam hal ini Kemampuan pendidik dalam menempatkan pendidikan karakter sebagai ... -
Model Sekolah dan Kelas Digital Masa Depan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Perkembangan teknologi secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Pengelolaan teknologi pendidikan yang baik akan mewujudkan terciptanya pendidikan yang efektif. Tujuan dari penulisan artikel ini ... -
Pembumian Nilai-Nilai Soft-Skill Dalam Pembelajaran Akuntansi dan Evaluasinya Pada SMK di Surakarta
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) Karakteristik soft-skill yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri, (2) Pembumian nilai soft-skill dalam kegiatan pembelajaran dan model penilaian. ... -
Upaya Peningkatan Life Skill dan Nilai Entrepreneur Melalui Pembelajaran Teaching Factory Pada Era Millineal
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Era millineal ditandai dengan generasi yang confidenct, connected, open to change dan kreatif. Oleh karena itu pendidikan harus bisa merespon perubahan-perubahan untuk meningkatkan kualitas lulusannya. Sinkronisasi ... -
Pendidikan Karakter dan Mutu Pendidikan Indonesia
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana perilaku guru dan pendidikan karakter mampu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Indonesia memerlukan sumberdaya manusia dalam jumlah ... -
Pengembangan Pelaksanaan Pembelajaran Akuntansi Kontekstual di SMA
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengembangan pembelajaran akuntansi kontekstual yang dilakukan guru-guru akuntansi di SMA Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and ... -
Interaksi Edukatif Pada Pembelajaran Akuntansi Melalui Living Laboratory UMKM
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Pendidikan di era digital saat menuntut pembelajaran yang tidak hanya belajar di dalam kelas tetapi pembelajaran yang terlibat langsung dengan obyek yang dipelajari. Pembelajaran dikelas hanya akan menutut mahasiswa untuk ... -
Penggunaan Gadget Untuk Menciptakan Pembelajaran yang Efektif
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Gadget adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru. ...