Browsing Prosiding Seminar Nasional Pendidikan by Title
Now showing items 42-61 of 156
-
Kemampuan Calon Guru Dalam Mengembangkan Pra Pedagogical And Professional – Experience Repertoires (PaP-eRs) Sebagai Pendukung Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Sesuai Karakteristik Pedagogical Content Knowledge (PCK)
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)This study aims to determine the ability of pre-service teachers’ in developing pre PaP-eRs as a support in implementing learning according to the characteristics of PCK. Pre PaP-eRs is a narrative description of pre-service ... -
Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Kelas IV B SDM 14 Surakarta
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)This research was intend to know the implementation of scientific process skills in elementary school of Muhammadiyah 14 Surakarta. It was qualitative research. The subject of this research was students on grade IV B. ... -
KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN BILANGAN PECAHAN DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) SEBAGAI UPAYA MERETAS SEKOLAH HUMANIS
(MUP UMS, 2012-05)This study aims to describe 1) the implementation of contextual teaching learning (CTL) to the students of Grade 4 at SD Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta; 2) the ability to add the fraction after ... -
Kepemimpinan Kewirausahaan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Teacherpreneurship di Era MEA
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah dalam: 1)meningkatkan pengetahuan kewirausahaan bagi guru di era MEA; 2) menumbuh-kembangkan jiwa kewirausahaan bagi guru di era MEA; ... -
Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Artikel ini membahas tentang kesiapan mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Kesiapan ini dilihat dari 5 dimensi, yaitu (1) tingkat kepribadian dan sosial mahasiswa calon guru, (2) ... -
KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PEMBELAJARAN
(MUP, 2012-05)This study aimed to: 1) describe differences in mathematical communication skills among students who have learning with Creative problem Solving (CPS) with students who have learning Invitation Into Inquiry (iii). 2) ... -
Kontribusi Konseling Islam dalam Kasus Sosial Perkembangan Sains dan Teknologi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Perkembangan sains dan teknologi yang begitu pesat sangat dimungkinkan mempengaruhi psikologi manusia. Historisitas sains yang sangat mengandalkan kekuatan akal manusia mengakibatkan manusia berlomba dalam mencari sesuatu ... -
Kontribusi Konseling Islam dalam Kasus Sosial Perkembangan Sains dan Teknologi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Perkembangan sains dan teknologi yang begitu pesat sangat dimungkinkan mempengaruhi psikologi manusia. Historisitas sains yang sangat mengandalkan kekuatan akal manusia mengakibatkan manusia berlomba dalam mencari sesuatu ... -
Kualitas Pembelajaran Sekolah Dasar Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) belakangan ini mengusik masyarakat. MEA diyakini sebagai era di mana orang “bebas-sebebasnya” berbisnis tanpa aturan dan etika. Siapa yang kuat dia yang menang, siapa yang punya modal ia ... -
Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Lembaga pendidikan formal yang terdiri atas jenjang Pendidikan Dasar (SD dan SMP), Sekolah Menengah Atas baik umum maupun kejuruan dan Perguruan Tinggi bertujuan untuk menghasilkan individu mencapai perkembangan optimal ... -
Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Lembaga pendidikan formal yang terdiri atas jenjang Pendidikan Dasar (SD dan SMP), Sekolah Menengah Atas baik umum maupun kejuruan dan Perguruan Tinggi bertujuan untuk menghasilkan individu mencapai perkembangan optimal ... -
Manajemen Model Pembelajaran Inklusi bagi Siswa Slow Learner di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Pendidikan Inklusi Indonesia yang telah dideklarasikan semenjak tahun 2004 di Bandung menjadi batu loncatan untuk memberikan pendidikan berkualitas bagi semua anak. Namun, masih banyak sekolah dasar yang mempromosikan ... -
MEA dan Bahasa Inggris di Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)khir tahun 2015 atau memasuki awal tahun 2016, seluruh negara ASEAN telah menyepakati adanya integrasi ekonomi yang bernama MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). MEA atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai ASEAN Economic ... -
Media Puzzle Pecahan dengan Pendekatan Saintifik Efektif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah pembelajaran menggunakan media puzzle pecahan dengan pendekatan saintifik dapat mencapai ketuntasan pada aspek prestasi belajar siswa kelas IV di SD N Kateguhan 01; ... -
Membangun Karakter Siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah melalui Identifikasi Faktor Penghambat Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Sekolah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter yang sudah diterapkan di SDM BaturanKaranganyar.Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif ... -
Membangun Karakter Siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah Melalui Identifikasi Faktor Penghambat pelaKsanaan Pendidikan Karakter di Sekolah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter yang sudah diterapkan di SDM BaturanKaranganyar.Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif ... -
Membangun Kemandirian Belajar Melalui Strategi Metakognitif Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Rendahnya kegigihan siswa dalam belajar, baik belajar tentang konsep maupun prosedur atau algoritmik bahkan menemukan solusi dari suatu masalah, menunjukkan bahwa siswa tidak memiliki kemandirian, khususnya kemandirian ... -
Membangun Kemandirian Belajar melalui Strategi Metakognitif Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Rendahnya kegigihan siswa dalam belajar, baik belajar tentang konsep maupun prosedur atau algoritmik bahkan menemukan solusi dari suatu masalah, menunjukkan bahwa siswa tidak memiliki kemandirian, khususnya kemandirian ... -
Memupuk Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Guru sekolah dasar wajib memiliki empat kompetensi dalam menjalankan tugas profesinya sebagai guru. kinerja yang baik menunjukkan ukuran profesionalismenya seorang guru. Namun, ukuran profesionalisme tersebut masih ... -
Mengajar Cara Berpikir, Meraih Ketrampilan Abad 21
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)This research is a qualitative descriptive research, which aims to explain the application of teaching thinking in the second semester students' learning Teacher Education Elementary School Tadulako University. The first ...