Browsing Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta by Title
Now showing items 11-30 of 91
-
Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Kelas X Ak 1 SMK N 4 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi kelas X AK 1 SMK Negeri ... -
Efektivitas Penggunaan E-Learning Quipper School Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Pada era digitalisasi saat ini, telah terjadi proses perubahan dalam berbagai aspek bidang kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran. Salah satu contoh proses digitalisasi di dalam ... -
Front Matters dan Daftar Isi Seminar Nasional Pendidikan 2018
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04) -
Guru dan LPTK Serta Dosen dan LPT Dalam Abad Teknologi
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib memiliki kemampuan untuk berkembang dan beradaptasi dengan kehidupan yang teknologis di abad teknologi. Pendidikan di Indonesia baik pada Pendidikan LPTK dan Guru, ... -
Hubungan Antara Peran Guru Pamong dan Minat Mahasiswa Menjadi Guru dengan Prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) Progdi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2010 FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi program pengalaman lapangan PPL. Hasil penelitian menunjukkan 1) Peran guru pamong berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi ... -
Implementasi Edupreneurship Melalui Teaching Factory Pada SMK Program Keahlian Perhotelan Bidang Keahlian Pariwisata
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui, mendiskripsikan dan menganalisis tentang Implementasi Edupreneurship Melalui Teaching Factory Pada SMK Program Keahlian Perhotelan Bidang Keahlian Pariwisata serta mengetahui, ... -
Implementasi Media Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Era Industri 4.0 (Studi Kasus di SMA Negeri Nawangan)
(Seminar Nasional Pendidikan 2019, 2019-04)Penelitian ini membahas tentang implementasi penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif di era industry 4.0 yaitu penggunaan media pembelajaran Mind Mapping dalam mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ... -
Implementasi Media Pembelajaran Video Scribe Pada Mata Pelajaran Akuntansi di Era Industri 4.0
(Seminar Nasional Pendidikan 2019, 2019-04)Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran video scribe dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah ... -
Implementasi Model Pembelajaran Modelling The Way dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Akuntansi Piutang
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Masalah utama penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa., berdasrkan pengamatan yang dilakukan masih ditemukannya pembelajaran yang terpusat pada guru yang akan berakibat pada rendahnya minat siswa untuk ... -
Implementasi Pendidikan Ekonomi Berbasis Kearifan Lokal untuk Mewujudkan Lulusan Berkarakter di Universitas PGRI Madiun
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Kendala yang dihadapi sekarang ini dan masa yang akan datang adalah membentuk mahasiswa yang berkarakter dan dapat diterima dalam dunia kerja. Dalam hal ini Kemampuan pendidik dalam menempatkan pendidikan karakter sebagai ... -
Interaksi Edukatif Pada Pembelajaran Akuntansi Melalui Living Laboratory UMKM
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Pendidikan di era digital saat menuntut pembelajaran yang tidak hanya belajar di dalam kelas tetapi pembelajaran yang terlibat langsung dengan obyek yang dipelajari. Pembelajaran dikelas hanya akan menutut mahasiswa untuk ... -
Internalisasi Karakter Entrepreneur dalam Pembelajaran Ekonomi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Peningkatan mutu pembelajaran ekonomi akuntansi terus dilakukan dan terus berlangsung untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Untuk itu kehadiran guru yang profesional dan berkarakter entrepreneur dalam proses belajar ... -
Isu-Isu Strategis dalam Meningkatkan Efesiensi, Akuntabilitas, Transparansi dan Meminimalkan Penyalahgunaan Anggaran Sekolah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Artikel ini mempunyai tujuan untuk mengetahui : (1) efektivitas dan efisiensi penggunaan keuangan sekolah;(2) akuntabilitas dan transparansi keuangan sekolah,(3) bagaimana meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah. ... -
Kajian Konseptual Model Blended Learning Berbasis Web Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Artikel ini memaparkan kajian isi jurnal yang berasal dari beberapa hasil penelitian yang memfokuskan pada model blended learning dan pembelajaran berbasis web. Metodologi dalam kajian ini berdasarkan hasil jurnal ... -
Kata Pengantar dan Daftar Isi
(Seminar Nasional Pendidikan 2019, 2019-04) -
Keaktifan Belajar Akuntansi Ditinjau dari Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara Tahun Ajaran 2016/2017
(Seminar Nasional Pendidikan 2019, 2019-04)Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi terhadap keaktifan belajar akuntansi, 2) pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan belajar akuntansi, 3) pengaruh ... -
Keluar Malam, Belajar Tidak Terarah, Prestasi Belajar yang Baik Bagi Mahasiswa Kost di Sekitar Kampus (Diambil dari Laporan Penelitian dengan Judul Perilaku Belajar Mahasiswa Kos di Sekitar Kampus)
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan deskripsi perilaku belajar mahasiswa kost di sekitar kampus. Model penelitian yang dikembangkan adalah etnografi, yaitu melakukan wawancara mendalam, melacak dokumen, dan melakukan ... -
Kesesuaian Implementasi Competency Based Training (CBT) di UPT Pelatihan Kerja Kediri
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan implementasi competency based training (CBT) di UPT pelatihan kerja ditinjau dari hasil uji kompetensi siswa serta requitment di dunia usaha/industri. Metode digunakan adalah ... -
Komik Digital Berbasis PBL Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Berpikir Kritis: Sebuah Kajian Literatur
(Seminar Nasional Pendidikan 2019, 2019-04)Keterampilan berpikir kritis adalah keterampilan abad 21 yang perlu dilatihkan oleh guru kepada peserta didik melalui pemanfaatan teknologi yang sudah canggih. Sejalan dengan hal tersebut, dalam pembelajaran akuntansi ... -
Kompetensi Interpersonal Siswa Program Khusus dan Siswa Regular di SMP Batik Program Khusus Surakarta dan SMP Batik Surakarta Tahun 2016/2017
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Perbedaan kompetensi interpersonal siswa Program Khusus dengan siswa Reguler di SMP Batik surakarta dan SMP Batik Program Khusus Surakarta tahun 2016/2017. ...