Browsing Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS by Title
Now showing items 169-188 of 272
-
Pengaruh Keberadaan Warung Internet di Lingkungan SMA Negeri 2 Sukoharjo Terhadap Motivasi Belajar Siswa
(Muhammadiyah University Press, 2017-04-29)Perkembangan warung internet telah merambah seluruh lapisan, baik lapisan budaya, sosial masyarakat hingga pendidikan. warnet sering diidentikkan sebagai suatu budaya populer (populer culture) dan hiburan massa (mass ... -
Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Self-Esteem Siswa Kelas VIII
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran dan kemampuan memecahkan masalah terhadap self-esteem (harga-diri) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Puri. Model pembelajaran dalam penelitian ini adalah ... -
PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) TERHADAP SOFT SKILLS MAHASISWA
(lppmums, 2011-05-28)Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) terhadap soft skills mahasiswa. Soft skills merupakan kemampuan nonteknis yang tidak terlihat wujudnya (intangible) namun ... -
Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Kepatuhan Santri di Pondok Pesantren Modern
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan formal berbasis religiusitas dengan peserta didik atau santri yang tinggal di dalamnya. Di pondok pesantren santri dihadapkan pada sejumlah tata tertib yang wajib untuk dipatuhi ... -
Pengembangan dan Validasi Instrume "Persepsi Siswa tehadap Karakter Moral Guru" di Indonesia dengan Model Rasch
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan studi pendahuluan (pre-liminary study) untuk mengembangkan sistem pendidikan moral di Indonesia yang lebih akuntabel dan terukur (accountable dan measureable). Pre-liminary study ... -
Pengembangan Instrumen Minat Vokasional Berbasis Tipologi Holland untuk Eksplorasi Karir Siswa Sekolah Menengah Pertama
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Penentuan karir pada lulusan Sekolah Menengah Pertama yang menjadi suatu momen yang penting bagi kehidupan individu ini, membuat beberapa siswa mencari bantuan untuk menentukannya baik melalui pihak sekolah maupun institusi ... -
Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik dan Validasinya
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Pada saat ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sedang gencar mempropagandakan pelaksanaan Kurikulum 2013 karena diharapkan pada tahun 2015 semua sekolah sudah menerapkan kurikulum baru tersebut. Salah satu aspek penting ... -
Pengembangan Instrumen Sikap Terhadap Statistika Menggunakan Skala Diferensial Semantik
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan instrumen pengukur sikap terhadap Statistika pada mahasiswa Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Prodi PEP), Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta (PPs UNJ) ... -
Pengembangan Karakter Berbasis Agama dan Budaya Untuk Kesejahteraan dan Masa Depan Anak Indonesia
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)Pendidikan memiliki esensi dan makna untuk pembentuk moral yang berbasis tadisi dan budaya, serta pendidikan akhlak sebagai wujud dari kehidupan beragama. Tujuannya adalah membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Character Project Citizen (CPC) Untuk Memperkuat Nilai Moral dalam Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Dengan diterapkannya Kurikulum 2013 maka diharapkan ditemukan sebuah pengembangan model pembelajaran Character Project Citizen dalam Pendidikan Kewarganegaraan yang akan memperkuat nilai moral sebagai pilar pendidikan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal adalah pendidikan karakter yang dikembangkan berdasarkan produk kebudayaan masyarakat pendukungnya. Negara Indonesia dengan budaya yang beragam menjadi lebih diuntungkan karena ... -
Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa dengan Kedisiplinan dan Pembiasaan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Tantangan pendidikan saat ini adalah krisis jati diri dan kebangsaan yang tercederai oleh sejumlah perilaku yang bertentangan dengan hakekat pendidikan tersebut. Tantangan bagi dunia pendidikan diantaranya adalah tindakan ... -
Pengembangan Pengujian Validitas Isi dan Validitas Konstrak: Interpretasi Hasil Pengujian Validitas
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Validitas bukan merupakan bagian dari instrumen pengukuran, namun lebih melekat pada interpretasi serta penggunaan skor yang dihasilkan tes pada subjek yang relevan. Dapat juga dikatakan bahwa validitas dibuktikan dengan ... -
PENGEMBANGAN PROGRAM PARENTING BAGI ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI POSITIF DAN KARAKTER ISLAMI
(Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)Keluarga adalah tempat pertama dan utama dimana seorang anak berkembang. Fungsi keluarga sebagai wahana bagi anak untuk dididik, diasuh, bersosialisasi, mengembangkan kemampuannya dan membangun kebiasaan-kebiasaan positif, ... -
PENGUASAAN DIRI SEBAGAI KARAKTER UNGGUL MELALUI KOPING AKTIF (STUDI KASUS PADA ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL)
(lppmums, 2011-05-28)Kekerasan seksual pada anak merupakan peristiwa traumatik yang menimbulkan dampak psikologis sangat besar. Fenomena tersebut seperti gunung es yang hanya sebagian kecil kasus saja yang terungkap, namun peristiwa sebenarnya ... -
Pengukuran Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Pembelajaran Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa SMA dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan mulai dari pengembangan definisi konseptual, definisi operasional, penetapan ... -
Penilaian Otentik di Pendidikan Anak Usia Dini dalam Mengukur Kesiapan Sekolah Anak
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Saat ini terjadi fenomena di masyarakat dimana faktor yang dianggap paling penting pada kesiapan sekolah anak adalah kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Hal ini bertentangan dengan hakikat Pendidikan Anak Usia Dini ... -
Peningkatan Karakter dan Moral Mahasiswa Dengan Sistim Boarding School
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Upaya peningkatan karater dan moral melalui sistim Boarding School tidak hanya memperhatikan aspek intelektual, namun dapat mengembangkan mahasiswa dalam memecahkan suatu masalah yang bersifat pribadi maupun bersifat ... -
Peningkatan Toleransi Melalui Budaya Tepa Salira (Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Abstraksi. Pendidikan karakter bertujuan membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti dan pembelajaran nilai-nilai hidup. Toleransi merupakan salah satu nilai-nilai hidup yang penting bagi setiap anak ... -
Penjaga Nilai-Nilai Keluarga : Peran Kakek Nenek dalam Pengasuhan Cucu
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Keluarga adalah tempat awal dikembangkannya nilai-nilai individu. Orang tua memiliki tanggung jawab untuk memberikan pendidikan dan pengasuhan pada anaknya. Dalam sistem komunal masyarakat Indonesia, sistem pengasuhan ...