Now showing items 98-117 of 272

    • Korelasi Antara Cfit, Tes Pemahaman, dan Tes Berhitung pada Siswa Kelas XII di Kepulauan Mentawai 

      Nurcahyo, Firmanto Adi; Suprapto, Maria Helena; Boeditjahjono, Jophita Hosea; Putriadi, Gabriela Erika (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Tes intelegensi merupakan suatu tes yang mengungkap kecerdasan individu. Culture Fair Intelligence Test (CFIT) yang dikembangkan oleh Raymond B. Cattel dirancang untuk mengukur fluid ability atau kemampuan kognitif seseorang ...
    • Korelasi Personal Fable Terhadap Kompetensi Sosial Remaja 

      Azizah, Nur (Muhammadiyah University Press, 2016-04-29)
      Masa remaja dikatakan sebagai masa transisi dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa, yang disertai dengan berbagai perubahan aspek fisik, kognitif, emosi, maupun sosial. Adanya perubahan diberbagai aspek tersebut cenderung ...
    • Kualitas Pelayanan Penjual Tiket Bus 

      Fadhilah, Anisa Rima; Sejati, Yudhi Mulia; Lestari, Risqa Fuji; Cahyadi, Mawas Dwi; As Syarief, M. Hafiz Chiesa (Muhammadiyah University Press, 2017-04-29)
      Konsep kualitas pelayanan merupakan konsep penting yang menjadi ukuran keberhasilan organisasi penyedia layanan publik maupun bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan penjual tiket bus ...
    • Kualitas Pelayanan Petugas Pengecekan Karcis di Stasiun 

      Ardiantama, Hafiz Bachtiar; Cahyani, Anik; Fitriyah, Isti Anahtul; Salmah, Maulida Aprilia; Widyanni’mah, Zulfani; Hidayah, Novi Trimahyatul (Muhammadiyah University Press, 2017-04-29)
      PT Kereta Api Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan berada di bawah naungan BUMN. Salah satu bagian penting dalam pelayanan calon penumpang kereta api adalah pengecekan karcis karena ...
    • Literasi Informasi Pada Guru 

      Anggaraeni, Filia Dina; Rola, Fasti (Muhammadiyah University Press, 2017-04-29)
      Keberhasilan proses pendidikan ditentukan kompetensi literasi para pembelajarnya. Literasi yaitu keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital dan auditori. Seiring ...
    • Macam Karakter yang Menunjang Kebahagiaan pada Anak 

      Riyadi, Ahmad; Apriliani, Fitria; Yuwono, Susatyo (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)
      Keberadaan anak bagi orang tua adalah sesuatu yang sangat berharga, kehadiranya senantiasa dinanti oleh setiap keluarga. Masyarakat Jawa ,khususnya, mempunyai pepatah yang mengatakan dikempit kaya wade, dijuju kaya manuk, ...
    • Manajemen Peserta Didik dan Manajemen Enrolmen untuk Menyejahterakan Siswa/Mahasiswa di Lembaga Pendidikan 

      Surya, Priadi (Seminar Nasional Psikologi UMS 2018, 2018)
      Pendidikan saat ini dikhawatirkan terperangkap dalam euforia pencapaian hasil belajar yang berupa tes terstandardisasi, dan abai terhadap kesejahteraan siswa/mahasiswa. Artikel ini merupakan gagasan yang dipaparkan ...
    • Media Ramah Anak 

      Purnomo, Jusuf Tjahjo (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Anak sekarang hidup dalam lingkungan media yang kompleks (televisi, komputer, internet, handphone dan perangkat elektronik digital lainnya). Media memiliki kekuatan dan memainkan peran tak terpisahkan dalam kehidupan ...
    • Melatih Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar melalui Teknik Bermain dan Psikoedukasi Orangtua 

      Arminingtyas, Ikha Junianti; Ruhaena, Lisnawati (Seminar Nasional Psikologi UMS 2018, 2018)
      Masalah penelitian yaitu rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Muhammadiyah 4 Kandangsapi Surakarta. Hal tersebut berdasarkan keluhan dari guru kelas dan orangtua yang menjelaskan bahwa subjek belum bisa ...
    • MEMBANGUN KARAKTER MELALUI SISTEM KONTROL SOSIAL : SEBUAH REVIU FENOMENOLOGIS 

      Purwandari, Eny (lppmums, 2011-05-28)
      Fenomena penyimpangan perilaku yang kasat mata dan terjadi setiap hari membentuk keprihatinan. Jumlah pelanggaran lalu lintas, korban mutilasi, kriminalitas anak, penyalahguna napza yang semakin meningkat, tawuran, ...
    • Memfungsikan Bilangan Pecahan dalam Validitas Konstrak 

      Hamdi, Syukrul (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Instrumen yang baik adalah instrumen yang valid dan reliabel. Selain valid dan reliabel, data yang diperoleh dari penggunaan sebuah instrumen diharapkan mendekati kenyataan. Pada umumnya, instrumen yang digunakan dalam ...
    • Menanamkan Emosi Positif Anak Melalui Gaya Pengasuhan Authoritative 

      Hidayah, Rifa (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)
      Emosi positif sangat dibutuhkan anak. Anak yang memiliki emosi positif akan lebih mudah beradaptasi dengan orang lain dan mampu menyelesaikan berbagai masalah. Salah satu peran orangtua dalam mengembangkan emosi positif ...
    • MENANAMKAN NILAI-NILAI PEMBENTUK KARAKTER MELALUI CERITA BINATANG 

      Hakim, Siti Nurina (2012-06-04)
      Pada masa pertumbuhan, seorang anak memiliki banyak pertanyaan mengenai hal-hal yang dirasanya baru. Anak memiliki pertanyaanpertanyaan kritis, disinilah dituntut kemampuan komunikasi yang baik yang harus dimiliki oleh ...
    • Mencari Jejak Spiritual Para Petualang Napza 

      Rahmani, Ima Sri (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Riset ini akan membahas mengenai titik balik perubahan perilaku pengguna NAPZA dalam upayanya untuk keluar dari adiksi terhadap NAPZA. Aspek religiusistas/spiritual (SR) menjadi materi kajian utama. Bagaimana SR dipahami ...
    • Mendesain Kurikulum Pendidikan Kesehatan Reproduksi (Seks) bagi Anak di Lingkungan Keluarga 

      Hidayah, Nur (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)
      Abstraksi. Dalam suatu proses pendidikan, kurikulum merupakan komponen sentral yang sangat penting untuk proses menanamkan suatu konsep/konstruk materi pada peserta didik. Kurikulum ibarat lintasan yang akan ditempuh ...
    • Mengapa Anak Menjadi “Pembangkang”? 

      Shobahiya, Mahasri (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)
      Orang tua tidak boleh terlalu mudah menyalahkan anak atau mengklaim anak “nakal”. Ada yang perlu dicermati, mengapa anak membangkang? Jangan -jangan, karena orang tua sendirilah yang menghantarkan anak menjadi suka ...
    • MENGUNGKAP POTENSI, MEMBANGUN KARAKTER : VISI PENDIDIKAN KINI DAN ESOK. 

      Prihartanti, Nanik (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Keberhasilan sebuah pembelajaran, selain ditentukan oleh materi pembelajaran juga oleh ketepatan pemilihan strategi dan metode pembelajaran. Model pembelajaran pendidikan karakter menuntut strategi yang dapat memfasilitasi ...
    • Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak dengan Bimbingan Belajar 

      Rizkiyana, Ria; Ruhaena, Lisnawati (Seminar Nasional Psikologi UMS 2018, 2018)
      Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD MK. Hal tersebut ditunjukan dari keluhan dari guru kelas subjek yang menyebutkan bahwa subjek yang belum hafal huruf. Subjek ...
    • MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KECERDASAN MORAL ANAK USIA PRASEKOLAH DENGAN METODE DONGENG 

      Ahyani, Latifah Nur (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Membangun kecerdasan moral sangat penting dilakukan agar suara hati anak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, sehingga mereka dapat menangkis pengaruh buruk dari luar. Salah satu cara yang dapat digunakan ...
    • Menjadi Pelacur: Studi Fenomenologis Tentang Proses Terbentuknya Motif Melacur Pada Warga Desa X 

      Permadi, Aad Satria (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Sebuah desa Jawa Tengah menjadi salah satu pemasok pelacur terbesar di Indonesia. Pelacur adalah pekerjaan dengan kasta tertinggi di sana. Sebagian besar perempuan, terutama yang berparas cantik, bercita-cita menjadi ...