Browsing Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta by Issue Date
Now showing items 21-40 of 91
-
Model Manajemen Pendidikan Seni yang Efektif
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Kajian manajemen pendidikan dilakukan untuk memperoleh model manajemen pendidikan seni yang efektif. Potret pendidikan seni di Indonesia belum baik dan tidak efektif. Kurikulum yang ada berimplikasi pada proses belajar ... -
Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Melalui ”Mebery” (Metode Bernyanyi) Pada Kelas X Akuntansi 3 SMK N 1 Salatiga Semester Gasal Tahun 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar Pengantar akuntansi pada peserta didik kelas X akuntansi 3 tahun pelajaran 2014 /2015 dengan pembelajaran MEBERY ( Metode Bernyanyi). ... -
Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Seni Tari Melalui “Tebar Pesona” dan PjBL Pada Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Pendidikan Seni Budaya diberikan di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan ... -
Model Evaluasi Pendidikan Karakter di SMA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah model evaluasi pendidikan karakter yang dapat memberikan informasi bagi pimpinan sekolah dan guru mata pelajaran, baik dari segi isi, cakupan, format maupun waktu penyampaian, ... -
Rancangan Pengembangan Web Based Learning Mata Pelajaran Jaringan Dasar Paket Keahlian TKJ Pada SMKN Se Kota Malang
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Pembelajaran berbasis web merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media situs (website) yang bisa diakses melalui jaringan internet. Hal ini terjadi juga di SMKN Se Kota Malang, terutama pada masalah ... -
Dampak Program Sertifikasi Guru terhadap Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2015/2016
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Sertifikasi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru. Sertifikat pendidik diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar profesional guru. Guru profesional merupakan syarat mutlak untuk menciptakan sebuah ... -
Kesesuaian Implementasi Competency Based Training (CBT) di UPT Pelatihan Kerja Kediri
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan implementasi competency based training (CBT) di UPT pelatihan kerja ditinjau dari hasil uji kompetensi siswa serta requitment di dunia usaha/industri. Metode digunakan adalah ... -
Peran Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Dalam Mempromosikan Guru Pembelajar Untuk Meningkatkan Profesional Guru
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah banyaknya guru yang tidak professional. LPTK sebagai lembaga pencetak guru memiliki ... -
Pengelolaan Pembelajaran Akuntansi Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Kejuruan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan penelitian mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran akuntansi kurikulum 2013 di Sekolah Menengangah Kejuruan. Jenis penelitian research and development. Subyek penelitian guru akuntansi SMK di Surakarta. ... -
Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dengan mengetahui hal ini diharapkan guru dapat meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar ... -
Internalisasi Karakter Entrepreneur dalam Pembelajaran Ekonomi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Peningkatan mutu pembelajaran ekonomi akuntansi terus dilakukan dan terus berlangsung untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Untuk itu kehadiran guru yang profesional dan berkarakter entrepreneur dalam proses belajar ... -
Pemberdayaan Guru Melalui Teacher Research Pedagogic (TRP) sebagai Upaya Mengembangkan Profesionalisme Guru (Suatu Kajian Literatur)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Guru merupakan salah satu unsur dalam dunia pendidikan, tanpa adanya guru maka kualitas pendidikan tidak akan menjadi lebih baik. Guru profesional merupakan seorang guru yang dapat mengembangkan kualitasnya, sehingga apabila ... -
Pembelajaran Model Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Akuntansi Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah Pembelajaran Model Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan kognitif akuntansi ... -
Profesionalisme Guru Ditinjau dari Pengalaman Mengikuti Kegiatan Ilmiah dan Implementasi Kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Banjarsari Tahun 2015/2016
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui :1) pengaruh pengalaman guru mengikuti kegiatan ilmiah terhadap profesionalisme guru. 2) pengaruh penerapan implementasi kurikulum 2013 terhadap profesionalisme guru. ... -
Project Based Learning sebagai Strategi Pembelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa ditinjau dari minat berwirausaha setelah mengikuti pembelajaran berbasis proyek (project based learning) sebagai strategi pembelajaran pada mata pelajaran ... -
Hubungan Antara Peran Guru Pamong dan Minat Mahasiswa Menjadi Guru dengan Prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) Progdi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2010 FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi program pengalaman lapangan PPL. Hasil penelitian menunjukkan 1) Peran guru pamong berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi ... -
Penggunaan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan macromedia flash dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI SMK swasta-BM swadaya Medan. Adapun Instrument yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes ... -
Peran Guru Akuntansi Berkreativitas dan Motivasi Belajar Siswa dalam Implementasi Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran kreativitas guru akuntansi dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jika terdapat pengaruh,kreativitasguru apa saja yang diterapkan dalam ... -
Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kesesuaian dan kesiapan kompetensi pedagogik yang dimiliki guru ekonomi dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Subyek penelitian yang digunakan adalah guru yang dapat memberikan ... -
Analisis Perkembangan dan Peran Sektor Ekonomi Kreatif bagi Perekonomian Indonesia
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Industri kreatif merupakan bagian penting dalam pengembangan perekonomian daerah dan Negara, sehingga semua pihak diharapkan dapat berkerjasama untuk memajukan dan mendesak pengembangan industri kreatif untuk ...