Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 2 2016: Recent submissions
Now showing items 21-40 of 47
-
Kontribusi Perhatian Orangtua dan Lingkungan Sosial Terhadap Aktivitas Belajar Siswa dan Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menguji: (1) Kontribusi perhatian orangtua dan lingkungan sosial secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui aktivitas belajar, (2) Kontribusi perhatian ... -
Implementasi Model Penilaian Proyek Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untukmengetahui guru di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura sudah memahami penilaian proyek, (2) Mendiskripsikan implementasi penilaian proyek dalam pembelajaran matematika berbasis lesson ... -
Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kecemasan matematika dan menemukan faktor-faktor penyebab kecemasan matematika. Jenis penelitian ini adalah studi kasus kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa ... -
Dukungan Fasilitas dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menguji: (1) Dukungan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika; (2) Dukungan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika; (3) Dukungan fasilitas belajar ... -
Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Discovery Learning dan Group Investigation Ditinjau dari Keaktifan Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk menguji perbedaan penggunaan strategi pembelajaran discovery learning dan group investigation terhadap hasil belajar matematika, untuk menguji perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari ... -
Pengembangan Soal Serupa PISA pada Konten Space And Shape Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal serupa PISA konten Space and Shape yang valid dan praktis serta melihat efek potensial soal terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ... -
Implementasi Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Keaktifan Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, ... -
Dampak Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan strategi Discovery Learning (DL) terhadap hasil belajarmatematika, (2) pengaruh tingkat kemampuan berpikir ... -
Perbedaan Penerapan Strategi Teams Games Tournaments dan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan penerapan strategi Teams Games Tournaments dan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan tingkat keaktifan siswa terhadap hasil belajar ... -
Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika dengan Pendekatan Scientific Terintegrasi Pada Model Problem Solving
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa menggunakan pendekatan scientific terintegrasi pada model problem solving. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain ... -
Kesalahan Siswa SMP Menyelesaikan Soal Aljabar Ditinjau dari Taksonomi SOLO di SMP Negeri 1 Sambi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal aljabar yang ditinjau dari lima level taksonomi SOLO. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek ... -
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Aljabar Berbasis TIMSS Pada Siswa SMP Kelas VIII
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika aljabar berbasis TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) dan mengetahui persentase kesalahan siswa. Jenis penelitian ... -
Peningkatan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Tipe NHT (Numbered Heads Together) (PTK Pada Siswa Kelas VIII G MTsN Gondangrejo Semester Genap Tahun 2015/2016)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar matematika kelas VIII G semester genap MTsN Gondangrejo Tahun 2015/2016), 2) untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar matematika ... -
Penelitian Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Jigsaw dan Bamboo Dancing Serta Motivasi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran Jigsaw dan Bamboo Dancing terhadap hasil belajar. (2) pengaruh motivasi siswa terhadap hasil belajar. (3) interaksi antar strategi pembelajaran ... -
Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Pisa Melalui Penerapan Problem Based Learning (PTK Siswa Kelas XI Semester Genap SMK Muhammadiyah Kartasura)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis PISA dengan subjek siswa kelas XI OC SMK Muhammadiyah Kartasura tahun ajaran 2015/2016 melalui strategi Problem Based ... -
Pengaruh Pembelajaran Role Play dan Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura, serta penggunaan strategi pembelajaran yang monoton dengan minimnya fasilitas pembelajaran membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian. ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Student Team Achievement Division (STAD) dan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Teras Tahun Ajar 2015/2016
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)danMake A Matchterhadap hasil belajar siswa, (2) Pengaruh keaktifan terhadap hasil belajar ... -
Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Pada Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian yaitu mendiskripsikan kesulitan siswa dalam memecahkan masalah soal cerita matematika pada siswa SMP dilihat dari aspek memahami masalah, merencanakan, melaksanakan, dan melihat kembali. Jenis penelitian ... -
Dampak Model Pembelajaran Dan Penalaran Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis: (1) Pengaruh pembelajaran matematika melalui model Problem Based Learning dan model Problem Based Learning Berbasis Numbered Heads Together terhadap hasil ... -
Dampak Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Jigsaw terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan minat belajar ...