Browsing Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) by Title
Now showing items 17-35 of 35
-
Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar menuju Indoesia Emas 2045
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Visi Indonesia pada 2045 mendatang adalah sebuah tantangan bagi genehrasi saat ini untuk mempersiapkannya. Bonus demografi yang ada saat ini akan mengalami ledakan pada tahun 2045 mendatang. Urgensi tersebut melatarbelakangi ... -
Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru SD melalui Mata Kuliah Pengembangan dan Praktik Pembelajaran Bahasa Dan Sastra SD
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep Pedagogical Content Knowledge (PCK) pada mata kuliah P3 Bahasa dan Sastra SD bagi calon guru SD; (2) Mendeskripsikan kajian aspek Pedagogical Content Knowledge ... -
Pembelajaran Berpendekatan Local Wisdom di Boyolali sebagai Materi Ajar Sekolah Dasar
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan, pertama; Bagaimana wujud cerita rakyat berbentuk ebook yang bernilai keagamaan sebagai materi bahasa Indonesia berpendekatan local wisdom?, kedua; Bagaimana kesesuaian cerita ... -
Pendidikan Karakter Berjiwa Wirausaha melalui Pembuatan Kerajinan Recycle di SDN Kawatan Surakarta
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pendidikan karakter berjiwa wirausaha melalui pembuatan kerajinan recycle di SDN Kawatan No.19 Surakarta. 2) Kendala yang dihadapi dalam pendidikan karakter berjiwa ... -
Penerapan Model Kooperatif Tipe Plantet Questions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembulatan Bilangan pada Tema I Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV-B (SD Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016)
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pembulatan bilangan pada tema 1 subtema Keberagaman Budaya Bangsaku siswa kelas IV-B SD Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Subyek penelitian ... -
Penerapan Model Pembelajaran Problem based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII C Mata Pelajaran IPS di SMP Al-Islam 1 Surakarta
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (pbl) siswa kelas VII C SMP Al-Islam I Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ... -
Pengaruh Minat Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 01 Wonolopo
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara minat belajar siswa dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 01 Wonolopo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ... -
Pengembangan Buku Cerita Anak Bilingual berbasis Nilai-Nilai Tanggung Jawab bagi Siswa Sekolah Dasar
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku cerita anak bilingual bagi siswa sekolah dasar. Secara rinci penelitian ini bertujuan mengetahui (1) langkah-langkah pengembangan buku cerita anak bilingual berbasis karakter ... -
Pengembangan Buku Guru dan Buku Peserta Didik Berkarakter berbasis Kurikulum 2013
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian pengembangan buku guru dan buku peserta didik berkarakter berbasis kurikulum 2013 adalah menghasilkan buku ajar berkarakter berbasis kurikulum 2013 yang valid.Metode yang ... -
Penggunaan Alat Peraga Model Matrik Materi Perkalian untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui pennggunaan alat peraga model matrik dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang perkalian pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah Kupang Karangdowo Klaten. ... -
Penggunaan Strategi Pembelajaran Puzzle Drama dalam Muatan Pelajaran PKn dan IPS di Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Muatan pembelajaran tematik sekolah dasar kini begitu berkembang sesuai zamannya. Salah satunya pada muatan sosial seperti Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan pendidikan yang berguna ... -
Peningkatan Aktivitas Siswa melalui Pendekatan Kontekstual berbasis Alam dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang bersifat abstrak. Akan tetapi, fakta tersebut bertolak belakang dengan tahapan perkembangan kognitif siswa usia sekolah dasar yang masih pada tahap operasional konkret. ... -
Peningkatan Hasil Belajar PPKn menggunakan Media Puzzle Pancasila pada Siswa Kelas IA di SD Negeri Rambutan 03 Pagi
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada prinsipnya memiliki tujuan untuk mengembangkan sikap dan nilai moral siswa guna menyiapkan warga negara Indonesia yang lebih baik (a good citizen), berpartisipasi aktif ... -
Peningkatan Minat Belajar IPS melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Artikulasi bagi Siswa Kelas III di SD Muhammadiyah 16 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar IPS melalui strategi pembelajaran Artikulasi pada siswa kelas III SD Muhammadiyah 16 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian ... -
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Pembelajaran berdasarkan Masalah di Kelas X SMA Lab. School Pulau Arar
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X di SMA Lab. School Pulau Arar dengan menerapkan pembelajaran berdasarkan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ... -
Peningkatan Mutu Sekolah melalui Total Quality Management (TQM)
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Total Quality Management (TQM) berasal dari kata "Total" yang berarti keseluruhan atau terpadu, "Quality" yang berarti kualitas, dan "Management" yang telah disamakan dengan manajemen dalam Bahasa Indonesia yang berarti ... -
Peran Guru dalam Memberikan Layanan Bimbingan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah 23 Semanggi Surakarta
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) pelaksanakan bimbingan belajar menulis permulaan, (2) peran guru dalam melaksanakan bimbingan belajar menulis permulaan, (3) kendala dan solusi guru dalam memberikan ... -
Peran Orangtua dalam Pemanfaatan Media Sosial terhadap Pendidikan Anak
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Teknologi saat ini sebuah prameter garis terdepan yang memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan tak terkecuali oleh pengguna media sosial hampir semua Individu memilikinya. Peran penting teknologi inilah ... -
Problematika Pendidikan Inklusi di Indonesia
(Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 2019-01)Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan tentang problematika pendidikan inklusi yang ada di Indonesia dan bagaimana langkah yang dapat ditempuh untuk mewujudkan pendidikan inklusi yang sebenarnya. Latar belakang ...