Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020: Recent submissions
Now showing items 1-20 of 38
-
Proses Berpikir Siswa SD dalam Menyelesaikan Masalah Satuan Pengukuran Panjang pada Pembelajaran Matematika Humanistik
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2020-08)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir siswa SD dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan denganmeliputi langkah memahami masalah, merencanakan pemecahan, menyelesaikan masalah sesuai langkah kedua dan ... -
Pendekatan Steam Berbasis Quizizz terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2020-08)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pendekatan STEAM berbasis Quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi peluang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Berkebutuhan Khusus
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2020-08)Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Perangkat Pembelajaran Realistic Mathematics Education pada materi bangun ruang. Penelitian ini diawali dengan pembuatan desain pembelajaran dalam bentuk Lesson Planning (Rencana ... -
Analisis Tipe Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Kompetisi Matematika
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2020-08)Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe kesalahan siswa dalam mengerjakan soal kompetisi matematika pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu ... -
Peningkatan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Kelas VII Semester Gasal SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2020-08)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan reciprocal teaching. Penelitian ini menggunakan ... -
Analisis Kesalahan Konseptual dan Prosedural dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar yang Berorientasi HOTS Siswa SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2020-08)HOTS merupakan suatu proses berpikir siswa dalam level kognitif yang lebih tinggi yang dikembangkan dari berbagai konsep dan metode. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kesalahan serta mengetahui ... -
Kontribusi Strategi Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Berdasarkan Kemandirian Belajar
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2020-08)Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Mengetahui dampak penggunaan strategi pembelajaran Course Review Horay dan Make a Match terhadap prestasi belajar matematika, (2) Mengetahui dampak kemandirian belajar terhadap ... -
Kesesuaian Instrumen Matematika Berorientasi High Order Thinking Skill (HOTS) pada Soal Penilaian Tengah Semester
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2020-08)Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kesesuaian soal penilaian tengah semester matematika terhadap instrument matematika berorientasi High Order Thinking Skill (HOTS). (2) Menganalisis kesesuaian instrument ... -
Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita berbasis HOTS Konten Teorema Pythagoras
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2020-08)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita berbasis HOTS konten teorema Pythagoras aspek menganalisis, aspek mengevaluasi, dan aspek mencipta. Jenis penelitian ini ... -
Kesalahan Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020 dalam Mengerjakan Soal Cerita Berorientasi HOTS pada Materi SPLDV
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2020-08)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan dan faktor yang mempengaruhi kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal cerita berorientasi HOTS pada materi SPLDV berdasarkan indikator HOTS pada ... -
Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS)
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2020-08)Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan, dan menganalisis kemampuan siswa dalam Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Dalam penelitian ini hanya menggunakan aspek analisis, ... -
Analisis Kemampuan Berfikir Kritis dalam Mengerjakan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2020-08)Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa tipe Field Dependent dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari gaya kognitif kelas ... -
Analisis Literasi Matematika terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Berorientasi High Order Thinking Skills
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2020-08)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi metematika siswa dalam memecahkan masalah persamaan garis lurus di kelas VIII. Kemampuan literasi matematika pada penelitian ini terdiri dari enam indikator ... -
Kesulitan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Materi Kubus dan Balok
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2020-08)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal model PISA materi kubus dan balok. Peneliti menggunakan enam indikator dari tiap-tiap level pada PISA yaitu (1) menggunakan pengetahuannya ... -
Kesalahan Menyelesaikan Soal HOTS berdasarkan Langkah Krulik-Rudnick Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2020-08)Penelitian bertujuan mengidentifikasi serta menganalisis kesalahan menyelesaikan soal tipe Higher Order Thingking Skill (HOTS) materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan langkah Krulik dan Rudnick ... -
Profil Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS pada Materi Pola Bilangan
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2020-08)Perkembangan jaman menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir tingat tinggi. Dalam pembelajaran matematika, soal-soal yang menuntut Higher Order Thinking Skills (HOTS) semakin diintegrasikan dalam kurikulum ... -
Analisis Tipe Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Kompetisi Matematika
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2020-08)Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe kesalahan siswa dalam mengerjakan soal kompetisi matematika pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu ... -
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Model TIMSS Konten Bilangan pada Siswa dengan Kecerdasan Logis Matematis Rendah dan Sedang
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2020-08)Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika model TIMSS pada konten bilangan ditinjau dari kecerdasan logis-matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 siswa kelas VIII yang ... -
Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2020-08)Penelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena di mana siswa kesulitan dalam mengomunikasikan ide-ide matematika baik secara lisan, tertulis, gambar ,maupun grafik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan ... -
Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Geometri melaluli Modul Berbasis Teori Van Hiele
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2020-08)Modul Geometri berbasis Teori Van Hiele merupakan modul inovatif yang dikembangkan berdasarkan Teori Van Hiele dengan memusatkan pada aktivitas pembelajaran Geometri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ...