Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta: Recent submissions
Now showing items 61-80 of 91
-
Hubungan Antara Peran Guru Pamong dan Minat Mahasiswa Menjadi Guru dengan Prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) Progdi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2010 FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi program pengalaman lapangan PPL. Hasil penelitian menunjukkan 1) Peran guru pamong berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi ... -
Dinamika Dan Tantangan Pembangunan Karakter Bangsa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Dinamika pembangunan bangsa dan kebangsaan terus berjalan dinamis, tantangan demi tantangan silih berganti sesuai dengan jamannya. Pola-pola perilaku bangsa ini bergerak terus dalam konsep karakter yang tidak jauh berbeda ... -
Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Seni Tari Melalui “Tebar Pesona” dan PjBL Pada Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Pendidikan Seni Budaya diberikan di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan ... -
Dampak Program Sertifikasi Guru terhadap Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2015/2016
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Sertifikasi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru. Sertifikat pendidik diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar profesional guru. Guru profesional merupakan syarat mutlak untuk menciptakan sebuah ... -
Peningkatan Mutu Pembelajaran PPKn Melalui Penelitian Tindakan Kelas (Studi Kasus di SD Negeri Kartasura 5)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan mutu pembelajaran PPKn melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian ini didasarkan atas banyaknya kompleksnya permasalahan dihadapi oleh guru SD dalam melakukan ... -
Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pelayanan Penjualan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Siswa Kelas XI Pemasaran – 1 SMK Negeri 1 Salatiga Semester 2 Tahun 2015/2016
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatkan motivasi dan hasil belajar untuk mata pelajaran Pelayanan Penjualan pada siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Pemasaran1 SMK Negeri 1 Salatiga dengan menggunakan ... -
Isu-Isu Strategis dalam Meningkatkan Efesiensi, Akuntabilitas, Transparansi dan Meminimalkan Penyalahgunaan Anggaran Sekolah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Artikel ini mempunyai tujuan untuk mengetahui : (1) efektivitas dan efisiensi penggunaan keuangan sekolah;(2) akuntabilitas dan transparansi keuangan sekolah,(3) bagaimana meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah. ... -
Peningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS 5 SMA Negeri Karangpandan Melalui Model Pembelajaran Sakadumen (One Case Two Minutes)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)“Peningkatkan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Sakadumen (One Case Two Minutes) pada siswa kelas XII IPS 5 SMA NEGERI Karangpandan tahun 2015.”. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang ... -
Pengembangan Karier Fungsional Guru Pada Tiga Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Sukoharjo
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menemukan teori substantif tentang: Pengembangan karier fungsional guru pada tiga Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah.Penelitian ini menggunakan ... -
Kesesuaian Implementasi Competency Based Training (CBT) di UPT Pelatihan Kerja Kediri
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan implementasi competency based training (CBT) di UPT pelatihan kerja ditinjau dari hasil uji kompetensi siswa serta requitment di dunia usaha/industri. Metode digunakan adalah ... -
Pembuatan Media Pembelajaran Audio-Visual Untuk Materi Overhaul Sepeda Motor Matic
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan dari penelitian ini adalah merancang, membuat, dan menguji kelayakan media pembelajaran audio visualyang tepat untuk digunakan sebagai pendukung pembelajaran Teknologi Sepeda motor khususnya pada materi Overhaul ... -
Model Manajemen Pendidikan Seni yang Efektif
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Kajian manajemen pendidikan dilakukan untuk memperoleh model manajemen pendidikan seni yang efektif. Potret pendidikan seni di Indonesia belum baik dan tidak efektif. Kurikulum yang ada berimplikasi pada proses belajar ... -
Pengantar Editor & Laporan Ketua Panitia Seminar Nasional Pendidikan (SNP) 2016
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02) -
Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model Games “Gedutan” dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X SMK – BM Se- Kota Medan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Akuntansi sering dianggap sebagai sesuatu yang sulit, rumit dan membosankan bagi siswa. Hal ini biasa terjadi pada siswa SMK kelas X yang baru mengenal akuntansi. Anggapan negatif terhadap akuntansi salah satunya dipengaruhi ... -
Rancangan Pengembangan Web Based Learning Mata Pelajaran Jaringan Dasar Paket Keahlian TKJ Pada SMKN Se Kota Malang
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Pembelajaran berbasis web merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media situs (website) yang bisa diakses melalui jaringan internet. Hal ini terjadi juga di SMKN Se Kota Malang, terutama pada masalah ... -
Model Evaluasi Pendidikan Karakter di SMA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah model evaluasi pendidikan karakter yang dapat memberikan informasi bagi pimpinan sekolah dan guru mata pelajaran, baik dari segi isi, cakupan, format maupun waktu penyampaian, ... -
Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Melalui ”Mebery” (Metode Bernyanyi) Pada Kelas X Akuntansi 3 SMK N 1 Salatiga Semester Gasal Tahun 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar Pengantar akuntansi pada peserta didik kelas X akuntansi 3 tahun pelajaran 2014 /2015 dengan pembelajaran MEBERY ( Metode Bernyanyi). ... -
Studi Konseptual Pengukuran Kinerja Akademik Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Perguruan Tinggi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai lembaga pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa, serta menyiapkan siswa sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang terampil, ... -
Pengembangan Accounting Electronic Module Berbantuan Program Aplikasi Accurate Accounting V5 Untuk Siswa SMK Kelas XI Program Keahlian Akuntansi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk pembelajaran berupa Accounting electronic module berbantuan program aplikasi accurate accounting v 5 untuk siswa SMK kelas XI program keahlian ... -
Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah ditentukan oleh berbagai faktor diantaranya peserta didik, guru, orang tua, dan lingkungan. Peserta didik adalah subjek dan objek dalam proses pembelajaran. Setiap aktivitas ...