Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek): Recent submissions
Now showing items 301-320 of 541
-
PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI INTERAKSI MAHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05)Konsep IPA dapat tersajikan dalam berbagai format representasi, seperti verbal, grafik, gambar, matematik, grafis, simulasi komputer dan demonstrasi nyata (Kohl & Finkelstein, 2006).Kemampuan multi-representasi ... -
SAINS TRANSENDENTAL: MODEL PENANAMAN NILAI RUBUBIYYAH SISWA DALAM KONSEP CAHAYA
(2017-05-20)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan hasil survey terhadap 190 siswa di Madrasah Tsanawiyah, bahwa tingkat perkembangan religiusitas siswa menempati peringkat terendah dengan nilai 2,932 pada skala 1-5. Sementara ... -
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA (KHUSUSNYA MATERI BIOLOGI) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL (PROJECT BASED LEARNING) DALAM MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN “CINTAI LINGKUNGAN, AKU SELAMATKAN DUNIA”
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05)Kurikulum 2013 yang sedang diimplementasikan di sekolah–sekolah menuntut agar dalam pembelajaran terjadi aktivitas aktif dimana nantinya siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang bersifat kontekstual dan nyata. ... -
Pengaruh Intensitas Pembelajaran melalui Praktikum dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif pada Materi Plantae dan Animalia Kelas X SMA
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05)Perbaikan mutu dalam dunia pendidikan merupakan suatu hal yang harus selalu diupayakan oleh pendidik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran tertentu yang relevan dengan jenis ... -
Mind Map dalam Pembelajaran Berbasis Masalah: Tantangan bagi Guru pada Abad 21
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05)Pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan mind map memiliki tujuan yang paralel, keduanya didasarkan pada psiswangan pembelajaran konstruktivis.PBL dan mind map perlu diterapkan bersamaan sebagai model pembelajaran utama. ... -
CORAK MOTIF FLORA SARUNG TENUN BUTON SEBAGAI PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN (Studi Etnobotani terhadap masyarakat Buton)
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05)Sarung tenun Buton sangat beraneka ragam baik corak, motif maupun ragam hiasnya. Corak dan motif tenun Buton adalah salah satu hasil belajar dari alam yang berlangsung melalui sosialisasi ataupun enkulturasi. Belajar ... -
KEEFEKTIFAN DSLM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA TERHADAP MATERI HIDROLISIS GARAM
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05)Hidrolisis adalah reaksi yang melibatkan pemecahan ikatan dalam molekul yang menggunakan air. Reaksi dapat terjadi antara ion dan molekul air dan sering mengubah pH larutan. Karakteristik yang dimiliki materi hidrolisis ... -
OPTIMALISASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN SAINS MELALUI DISCOVERY LEARNING BERWAWASAN LINGKUNGAN
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05)Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah implementasi discovery learning berwawasan lingkungan pada muatan pelajaran sains; (2) Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada muatan pelajaran ... -
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSONS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MASARAN
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05)Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan pembelajaran menggunakan strategi peer lessons pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Masaran. Penelitian ini merupakan penelitian ... -
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05)Cooperative Learning adalah model pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik dalam kelompok sehingga akan membuat peserta didik lebih banyak belajar dan bekerjasama dibandingkan dengan peserta didik yang melakukan ... -
EFEKTIFITAS MODUL IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN TEMA SISTEM GERAK MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing dengan tema sistem gerak manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode trueexperimentaldesign ... -
Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Materi Gerakan dan Bacaan Sholat untuk Siswa Tunagrahita
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05)Sholat merupakan ibadah wajib bagi setiap umat muslim dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Kewajiban mendirikan sholat juga berlaku untuk siswa berkebutuhan khusus, termasuk siswa tunagrahita. ... -
PETA SEBARAN MALAPARI (Pongamia pinnata Merril) DI PULAU JAWA DAN UPAYA KONSERVASINYA
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05)Malapari (Pongamia pinnata Merril) dikenal sebagai jenis potensial penghasil biofuel untuk sumber energi terbarukan. Untuk menyiapkan program konservasi sumberdaya genetik untuk mendukung penyiapan populasi pemuliaan ... -
Intensitas Serangan Tungau Parasit Terhadap Larva Nyamuk Aedes Sp. Pada Daerah Endemis Demam Berdarah Dengue (DBD) Di Kabupaten Karanganyar
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05)Tungau parasit merupakan tungau yang memarasiti seluruh stadium nyamuk Aedes sp. Kemampuan memarasiti tungau parasit dapat diketahui dari intensitas serangannya. Sampai saat ini, belum diperoleh informasi mengenai besaran ... -
Pengembangan Modul Fisika Berbasis Saintifik untuk Siswa SMA/MA Kelas XI pada Materi Teori Kinetik Gas
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05)Siswa kelas XI memiliki kesulitan dalam mempelajarimateri teori kinetik gas karena sifatnyacukup abstrak. Agar siswa lebih mudah dalam memahami teori kinetik gas, diperlukan bahan ajar yang tepat dan sesuai dengan ... -
Pengembangan Data Keanekaragaman Anggrek dalam Bentuk Buku Panduan Lapangan Identifikasi Anggrek sebagai Sumber Belajar Biologi Siswa SMA/MA
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05)Indonesia merupakan negera terkaya akan tumbuhan anggrek. Kondisi alamnya yang subur menjadi habitat yang cocok untuk pertumbuhan anggrek. Hal ini dibuktikan dengan jumlah total sekitar 6.000 spesies ditemukan di hutan ... -
Pembelajaran Menggunakan Animasi Komputer PHET (Physics Education Technology) Simulation pada Materi Efek Fotolistrik
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05)Artikel ini menjelaskan bagaimana pembelajaran yang diajarkan dengan menggunakan media simulasi berbasis komputer yaitu PhET (Physics Education Technology) Simulation pada mata pelajaran Fisika. Fisika meliputi tiga ... -
GAME IMPLEMENTATION TOGA PLANTS COLORING FOR ADULTS
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05)Tanaman Obat Keluarga (TOGA) merupakan tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan ... -
Inovasi Media Pembelajaran Al Quran Metode Ummi Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Pengenalan Huruf Hijaiah
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan berbasis Android dan pengaruhnya dalam peningkatan keterampilan membaca Al Quran menggunakan metode Ummi. Jenis penelitian ini ... -
PENGEMBANGAN MAJALAH EDUCA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA TUNARUNGU KELAS XI SMA LB
(Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017-05)Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kegiatan pengajaran dan pembelajaran. Media pembelajaran IPA sangat dibutuhkan siswa tunarungu untuk memfasilitasi proses pembelajaran. Tidak tersedianya ...