Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia: Recent submissions
Now showing items 1-20 of 58
-
Model Simulasi Kreatif Berbantu Media Video sebagai Alternatif Pembelajaran Inovatif
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Pembelajaran pada dasarnya merupakan suatu interaksi positif antara pengajar dan pebelajar. Pembelajaran inovatif kiranya mampu memfasilitasi siswa dalam membangun pengetahuan sendiri dalam rangka proses perilaku ke arah ... -
Pengembangan Komik dengan Topik Transportasi di Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Dasar di Lembaga Alam Bahasa Yogyakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-11-19)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komik. Topik yang digunakan ialah transportasi di Indonesia. Hasil penelitian ini ditinjau dari kualitas isi, tujuan, instruksional, dan teknis. Metode ... -
Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Menyimak merupakan langkah awal dari proses pembelajaran berbahasa. Menyimak juga merupakan keterampilan yang pertama kali dipelajari dan dikuasai manusia. Berkaitan dengan kemampuan menyimak ini, siswa harus mampu mengingat ... -
Budaya Literasi Kunci Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Berkualitas pada Era MEA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Bahasa hanya dimiliki oleh manusia. Seperti halnya bahasa Indonesia yang hanya dimiliki oleh bangsa Indonesia. Namun saat ini, bahasa Indonesia bukanlah milik seluruh rakyat Indonesia, tapi hanya dimiliki oleh para akademisi ... -
Model Ikol: Inovasi Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Model IKOL merupakan perpaduan dua model pembelajaran, yaitu model investigasi kelompok dan model organisasi lanjutan. Perpaduan dua model ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja siswa dalam pembelajaran sekaligus mampu ... -
Menilik Keberadaan Bahasa (Sastra) Indonesia sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan Di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Bahasa Indonesia menjadi bahasa penghela ilmu pengetahuan pada Kurikulum 2013 telah terlebih dahulu melalui perjalanan yang sangat panjang. Perjalanan bahasa Indonesia diawali sebagai bahasa persatuan di tahun 1928, bahasa ... -
Model Cinta sebagai Inovasi Model Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Pengoptimalan Keterampilan Menulis Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Paradigma baru pembelajaran bahasa Indonesia saat ini tengah diupayakan untuk mengubah orientasi pembelajaran bahasa yang teoretis gramatikal ke arah fungsi komunikatif. Berkaitan dengan model pembelajaran, menurut paradigma ... -
Kartif Kakising Alternatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAN Kebakkramat
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011-12-19)Penelitian ini bertujuan Mendiskripsikan penerapan pembelajaran dengan media kartif kakising di SMA Negeri Kebakkramat.Mendiskripsikan proses pembelajaran dengan media kartif kakising di SMA Negeri Kebakkramat. ... -
Quizlet : Penggunaan Aplikasi Smartphone untuk Siswa dalam Mendukung Mobile Learning
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)In our ever-changing marketplace, today’s students are being educated, largely, for jobs that haven’t yet been invented. Technology is being created and updated at a frenetic pace, and growing more pervasive and useful ... -
Menuju Kualitas Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Berkarakter Kebangsaan dalam Menyongsong Era MEA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Pendidikan merupakan sebuah strategi mencerdasakan manusia. Kecerdasan manusia menunjukkan identitas sebuah bangsa. Pendidikan yang berkualitas menunjukkan jati diri bangsa yang berkualitas pula. Bangsa Indonesia sebagai ... -
Bahasa Indonesia dalam Model Pembelajaran Integratif dan Media Pembelajaran Inovatif Serta Kaitannya dengan Kecakapan Hidup (Life Skills)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model pembelajaran integratif dan media inovatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia serta relevansinya dengan kecakapan hidup (life skills). Penelitian ini berupa studi pustaka. ... -
Evaluasi Autentik terhadap Penilaian Pembelajaran Sastra Tradisional pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Salah satu teknik penilaian yang memiliki relevansi kuat dengan pendekatan saintifik seperti dalam pembelajaran sastra tradisional adalah penilaian otentik. Dalam pembelajaran bahasa, penilaian otentik tidak sekadar ... -
Peran Guru dan Strategi Bude Kokom (Belajar Untung dengan Kooperatif Kompetitif) dalam rangka Optimlasisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era MEA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Kajian ini didasarkan pada kepedulian penulis sebagai masyarakat penutur bahasa Indonesia terhadap pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia melalui kegiatan pembelajaran bahasa saat menghadapi era Masyarakat Ekonomi ... -
Pemanfaatan Komik Strip sebagai Alternatif Pengembangan Bahan Ajar Memproduksi Cerita Ulang di SMA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Guru dalam perkembangan kurikulum saat ini memiliki tuntutan yang cukup bervariasi. Guru tidak hanya berperan sebagai fasilitator, tetapi juga motivator, inspirator, konduktor, serta evaluator. Tugas guru yang paling utama ... -
Pengaruh Menyimak Cerita terhadap Kemampuan Bercerita Fiksi pada Anak
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Penulisan makalah ini bertujuan untuk 1) mengetahui apakah menyimak cerita dapat memengaruhi kemampuan anak bercerita fiksi 2) mengetahui bagaimana proses menyimak mampu memengaruhi kemampuan anak dalam bercerita fiksi. ... -
Kritik Sosial dalam Cerpen Ketika Angin Mati Karya Indra Tranggono dan Relevansinya sebagai Materi Ajar di SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kritik sosial cerpen Ketika Angin Mati karya Indra Tranggono dan menjelaskan relevansinya sebagai bahan ajar di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. ... -
Akselerasi Peningkatan Mutu Proses Pendidikan di Nusa Tenggara Barat Berbasis Budaya Lokal Menuju Masyarakat Literasi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Masalah logis yang dikaji dalam tulisan ini adalah fakta munculnya berbagai persoalan pendidikan khususnya mutu proses pendidikan pada masyarakat NTB. Satu sisi dari tahun ke tahun, meski mengalami peningkatan namun masih ... -
Penilaian Autentik Materi Sastra pada Kurikulum 2013 sebagai Upaya Menyongsong MEA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Isu MEA hendaknya perlu ditanggapi dengan bijaksana. Penguatan dalam penggunaan bahasa Indonesia bagi warga sendiri perlu digalakkan oleh pemerintah. Jangan sampai MEA menjadikan masyarakat menjadi latah bahasa asing ... -
Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Ruang Publik di Kota Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Salah satu fungsi bahasa Indonesia dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional ialah sebagai lambang kebanggaan nasional, di samping fungsinya sebagai lambang identitas nasional, alat pemersatu bangsa, dan sarana komunikasi ... -
Pembelajaran Bahasa Indonesia Bermuatan Budaya sebagai Penguatan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA): (Pengalaman di USSH Ho Chi Minh City- Universitas Nasional Vietnam)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Bahasa dan Budaya merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Selain sebagai produk budaya, bahasa juga mencerminkan filosofi, nilai-nilai, dan ekspresi budaya material suatu bangsa. Bahasa Indonesia memiliki kekhusuan dalam ...