Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016: Recent submissions
Now showing items 101-112 of 112
-
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematik
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Selain itu juga untuk mendeskripsikan (2) bagaimana kemampuan ... -
Dampak Problem Based Learning Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Koneksi Terhadap Hasil Belajar Matematika SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Tujuan diadakan penelitian ini untuk mengkaji: (1) Kontribusi strategi pembelajaranDiscovery Learning (DL)dan Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika, (2) kontribusi kemampuan koneksi matematik ... -
Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Persamaan Differensial Tingkat Satu
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesulitan dan faktor penyebab kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan persamaan differensial tingkat satu. Jenis penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Subjek ... -
Metode Socrates Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut siswa untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya dalam menghadapi fenomena tersebut. Salah satu kemampuan berpikir yang dapat dikembangkan adalah kemampuan ... -
Analisis Kesulitan Siswa Kelas IX SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Barisan Dan Deret
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa kelas IX SMP dalam menyelesaikan permasalahan mengenai materi barisan dan deret. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. ... -
Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbasis Lesson Study Pada Pembelajaran Matematika Kelas Viii Semester Ganjil Di UPTD SMP Negeri 1 Prambon Tahun Ajaran 2013/2014
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan keaktifan siswa setelah menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing berbasis Lesson Study pada materi teorema pythagoras. Penelitian ini ... -
Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berpendekatan Open Ended
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan untuk menghasilkan ide atau cara baru dalam menyelesaikan dan menghasilkan suatu produk. Dalam proses pembelajaran matematika berpikir kreatif sangat diperlukan untuk dapat ... -
Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita KPK dan FPB
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Materi KPK dan FPB penting sekali karena menunjang pembelajaran matematika berikutnya serta berguna dalam kehidupan sehari-hari.Namun ada beberapa siswa yang masih sering mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal ... -
Pengembangan Bahan Perkuliahan Kompilasi Mata Kuliah Persamaan Diferensial Elementer Prodi Pendidikan Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan perkuliahan kompilasi matakuliah Persamaan Diferensial Elementer yang berupa Rencana Program Dan Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) dan bahan ... -
Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) pengaruh penggunaan strategi inquiry based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar siswa,(2) pengaruh tingkat motivasi terhadap hasil belajar siswa,(3) interaksi ... -
Dampak Strategi Pembelajaran Dan Kerja Keras Terhadap Hasil Belajar Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Tujuan penelitian ada tiga. (1) Menguji pengaruh strategi Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika. (2) Menguji pengaruh kerja keras terhadap hasil belajar matematika. (3) Menguji ... -
Penggunaan Peta Konsep Dalam Penilaian Pemahaman Konsep Lingkaran
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konseptual siswa dalam konsep lingkaran dengan menggunakan peta konsep. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan pada 3 siswa kelas XI IPA ...