Browsing Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa) by Issue Date
Now showing items 21-40 of 48
-
Riset Kolaborasi Pengembangan Buku Cerita Anak Bermuatan Kearifan Lokal Berpendekatan Sastra Didaktis Sebagai Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Guru sebagai pendidik senantiasa dituntut untuk melakukan penguatan –afirmasi- kompetensi di berbagai lini. Oleh karena itu, akademisi dapat berkontribusi dengan cara melakukan riset kolaborasi. Salah satu upaya yang ... -
Mengajar Cara Berpikir, Meraih Ketrampilan Abad 21
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)This research is a qualitative descriptive research, which aims to explain the application of teaching thinking in the second semester students' learning Teacher Education Elementary School Tadulako University. The first ... -
Profesionalisme Guru Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Education is an important level in the life of the nation. There are at least two reasons that can be identified so that education remains up to date for review. First, the need for education is crucial because it is ... -
Kualitas Pembelajaran Sekolah Dasar Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) belakangan ini mengusik masyarakat. MEA diyakini sebagai era di mana orang “bebas-sebebasnya” berbisnis tanpa aturan dan etika. Siapa yang kuat dia yang menang, siapa yang punya modal ia ... -
Pendidikan Dasar: Antara Harapan dan Kenyataan
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Kualitas pendidikan memepengaruhi kualitas sumber daya manusia. Upaya peningkatan pendidikan selalu menjadi perhatian serius di berbagai negara, tidak terkecuali negara Indonesia. Indonesia mempunyai pekerjaan rumah ... -
Pembelajaran Menggambar Ilustrasi Dengan Media Video Animasi Untuk Mengembangkan Kompetensi Guru SD Muhammadiyah Se-Kecamatan Tempel Yogyakarta
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan penelitiannya adalah (1)untuk mengetahui dan mendeskripsikan cara mengembangkan dan meningkatkan kompetensi guru-guru Sekolah Dasar Muhammadiyah terkait kemampuan menggambar ilustrasi hewan (2) untuk mengetahui ... -
Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Kelas IV B SDM 14 Surakarta
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)This research was intend to know the implementation of scientific process skills in elementary school of Muhammadiyah 14 Surakarta. It was qualitative research. The subject of this research was students on grade IV B. ... -
Model Pembelajaran Berbasis Manajemen Program Kerja Ilmiah Sebagai Salah Satu Solusi Pembelajaran Terbarukan Abad 21
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Penelitian ini membahas mengenai desain terhadap program kelas Sekolah Dasar yang mengedepankan aspek pembelajaran bermakna dan berpusat pada siswa, sesuai dengan yang diamanatkan dalam kurikulum 2013. Metode yang digunakan ... -
Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom di Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Pembelajaran yang baik adalah melibatkan seluruh civitas akademik di Sekolah Dasar. Blended learning merupakan pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas. Hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jaringan ... -
Pembelajaran Tematik SD Bermuatan IPS Dengan Media Gambar Sederhana
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Ranah pembelajaran tematik bermuatan IPS menggunakan pendekatan sosial yang menghubungkan satu fenomena sosial dengan fenomena sosial yang lainnya. Siswa dalam proses pembelajaran diajak memandang, memecahkan dan mengambil ... -
Prokrastinasi Guru
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Prokrastinasi dalam dunia akademik yaitu jenis penundaan yang dilakukan pada jenis tugas formal yang berhubungan dengan tugas akademik dengan ciri-ciri: penundaan untuk memulai maupun menyelesaikan kerja pada tugas yang ... -
Interaksi Pada Pendekatan Saintifik (Kajian Teori Scaffolding)
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Pendekatan saintifik merupakan salah satu unsur strategis di dalam praktik Kurikulum 2013 (K13). Pendekatan saintifik tersebut memiliki lima unsur yang merupakan satu kesatuan, yaitu: mengamati, menanya, mencoba, ... -
Peningkatan Keterampilan Menulis Petunjuk Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Multimedia Power Point Pada Siswa Kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Berdasarkan refleksi prasiklus diperoleh permasalahan bahwa pembelajaran menulis petunjuk pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang belum optimal.Permasalahan tersebut yaitu guru tidak memberikan peragaan dan kurang ... -
Mengefektifkan Peranan Guru Berbasis Kompetensi Melalui Model Covey
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk: (1)memberikan salah satu alternatif konsep cara mengefektifkan peranan guru berbasis kompetensi melalui model Covey; (2) Mendeskripsikan kendala dan solusi dalam mengefektifkan ... -
Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal, Kompetensi Guru Dan Hasil Belajar Peserta Didik
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Evaluation of learning outcomes play an important role in education. This is because the learning outcomes is one tool to see the achievement of students in learning activities. Results of learners are usually prepared ... -
Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Artikel ini membahas tentang kesiapan mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Kesiapan ini dilihat dari 5 dimensi, yaitu (1) tingkat kepribadian dan sosial mahasiswa calon guru, (2) ... -
Pengembangan Model Mind Mapping Berbantuan Gambar Untuk Meningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Di Kota Semarang
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan penelitian ini untuk (1) menghasilkan model pembelajaran mind mapping berbantuan gambar, yang efektif mampu meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa SD kelas V (2)menguji tingkat keefektifan ... -
Pemberdayaan Guru Bersertifikasi di SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Sertifikasi guru merupakan salah satu usaha penerintah Indonesia untuk meningkatkan profesionalitas dan kesejahteraan tenaga pendidik. Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan kegiatan pemberdayaan guru bersertifikasi, ... -
Progresivisme Dalam Pendidikan Di Indonesia
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Progresivisme yang mulai berkembang pada abad awal XX dalam dunia pendidikan dengan melihat situasi dan kondisi sekolah pada saat itu yang masih tradisional dan esensial dengan mengagungkan pengetahuan saja dan adanya ... -
Peningkatan Profesional Guru Bimbingan Dan Konseling
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Guru Bimbingan dan Konseling (Guru BK) merupakan pendidik professional. Dengan demikian kinerja Guru BK telah diakui sebagai jabatan professional baik oleh pemerintah, masyarakat pemakai jasa layanan BK, maupun masyarakat ...