Browsing Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS by Title
Now showing items 162-181 of 272
-
PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEER GROUP CAMP
(2012-06-04)Lembaga pendidikan bertanggungjawab terhadap pendidikan akademis dan karakter. Pendidikan tidak hanya berfokus pada pendidikan akademis yang mengutamakan kecerdasan otak kiri (headstart) tetapi juga berfokus pada ... -
PENDIDIKAN KARAKTER OLEH GURU (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam di Jakarta)
(Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)Pendidikan karakter mempunyai peran penting dalam pengembangan nilai-nilai positif. Pada saat ini kurikulum pendidikan karakter disajikan secara implisit atau termasuk dalam hidden curriculum. Penelitian ini bertujuan ... -
Pendidikan Karakter Taruna Sekolah Tinggi Kedinasan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Sekolah tinggi kedinasan merupakan sekolah tinggi yang berada di bawah naungan kementerian perhubungan. Mahasiswa yang bersekolah di sekolah kedinasan biasanya dikenal dengan istilah taruna. Pendidikan karakter yang ... -
PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI
(Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menberikan sumbangan pemikiran dan pengembangan aplikasi penelitian dalam pendidikan karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran terutama di perguruan tinggi. Pendidikan karakter ... -
Penerimaan Keluarga Pasien Skizofrenia yang Menjalani Rawat Inap di RSJ
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)Bagi sebagian masyarakat, skizofrenia merupakan kondisi yang memalukan sehingga keluarga pasien skizofrenia seringkali melakukan pemasungan atau mengasingkan pasien. Sementara itu, keluarga memiliki peran utama dalam ... -
Pengajar "Kita Pedas" Melalui Metode Sinetron: Mengembangkan Kesejahteraan Anak Berbasis Agama dan Budaya Bangsa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)Banyak fenomena yang terjadi di masyarakat sekarang ini dimana pelakunya bukan hanya orang dewasa melainkan anak usia prasekolah maupun sekolah, seperti kejadian bullying, narkoba, free sex, dsb. Hal ini terjadi karena ... -
PENGALAMAN MEMBANGUN PEMBELAJARAN BERLANDASKAN KARAKTER ISLAMI DI PSIKOLOGI UMS
(Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 4 ayat 3 menyatakan bahwa pendidikan merupakan suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Makalah ini didasari oleh pengalaman empirik ... -
Pengaruh Keberadaan Warung Internet di Lingkungan SMA Negeri 2 Sukoharjo Terhadap Motivasi Belajar Siswa
(Muhammadiyah University Press, 2017-04-29)Perkembangan warung internet telah merambah seluruh lapisan, baik lapisan budaya, sosial masyarakat hingga pendidikan. warnet sering diidentikkan sebagai suatu budaya populer (populer culture) dan hiburan massa (mass ... -
Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Self-Esteem Siswa Kelas VIII
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran dan kemampuan memecahkan masalah terhadap self-esteem (harga-diri) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Puri. Model pembelajaran dalam penelitian ini adalah ... -
PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) TERHADAP SOFT SKILLS MAHASISWA
(lppmums, 2011-05-28)Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) terhadap soft skills mahasiswa. Soft skills merupakan kemampuan nonteknis yang tidak terlihat wujudnya (intangible) namun ... -
Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Kepatuhan Santri di Pondok Pesantren Modern
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan formal berbasis religiusitas dengan peserta didik atau santri yang tinggal di dalamnya. Di pondok pesantren santri dihadapkan pada sejumlah tata tertib yang wajib untuk dipatuhi ... -
Pengembangan dan Validasi Instrume "Persepsi Siswa tehadap Karakter Moral Guru" di Indonesia dengan Model Rasch
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan studi pendahuluan (pre-liminary study) untuk mengembangkan sistem pendidikan moral di Indonesia yang lebih akuntabel dan terukur (accountable dan measureable). Pre-liminary study ... -
Pengembangan Instrumen Minat Vokasional Berbasis Tipologi Holland untuk Eksplorasi Karir Siswa Sekolah Menengah Pertama
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Penentuan karir pada lulusan Sekolah Menengah Pertama yang menjadi suatu momen yang penting bagi kehidupan individu ini, membuat beberapa siswa mencari bantuan untuk menentukannya baik melalui pihak sekolah maupun institusi ... -
Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik dan Validasinya
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Pada saat ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sedang gencar mempropagandakan pelaksanaan Kurikulum 2013 karena diharapkan pada tahun 2015 semua sekolah sudah menerapkan kurikulum baru tersebut. Salah satu aspek penting ... -
Pengembangan Instrumen Sikap Terhadap Statistika Menggunakan Skala Diferensial Semantik
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan instrumen pengukur sikap terhadap Statistika pada mahasiswa Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Prodi PEP), Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta (PPs UNJ) ... -
Pengembangan Karakter Berbasis Agama dan Budaya Untuk Kesejahteraan dan Masa Depan Anak Indonesia
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)Pendidikan memiliki esensi dan makna untuk pembentuk moral yang berbasis tadisi dan budaya, serta pendidikan akhlak sebagai wujud dari kehidupan beragama. Tujuannya adalah membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Character Project Citizen (CPC) Untuk Memperkuat Nilai Moral dalam Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Dengan diterapkannya Kurikulum 2013 maka diharapkan ditemukan sebuah pengembangan model pembelajaran Character Project Citizen dalam Pendidikan Kewarganegaraan yang akan memperkuat nilai moral sebagai pilar pendidikan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal adalah pendidikan karakter yang dikembangkan berdasarkan produk kebudayaan masyarakat pendukungnya. Negara Indonesia dengan budaya yang beragam menjadi lebih diuntungkan karena ... -
Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa dengan Kedisiplinan dan Pembiasaan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Tantangan pendidikan saat ini adalah krisis jati diri dan kebangsaan yang tercederai oleh sejumlah perilaku yang bertentangan dengan hakekat pendidikan tersebut. Tantangan bagi dunia pendidikan diantaranya adalah tindakan ... -
Pengembangan Pengujian Validitas Isi dan Validitas Konstrak: Interpretasi Hasil Pengujian Validitas
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Validitas bukan merupakan bagian dari instrumen pengukuran, namun lebih melekat pada interpretasi serta penggunaan skor yang dihasilkan tes pada subjek yang relevan. Dapat juga dikatakan bahwa validitas dibuktikan dengan ...