Now showing items 33-48 of 48

    • Pengembangan Pembelajaran Interaktif Kemampuan Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar 

      Ansori, Isa; Sukardi, S (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)
      Usia siswa Sekolah Dasar merupakan proses pengembangan dan perbaikan kemampuan gerak dasar, maka mereka harus diberikan fasilitas belajar yang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga mereka dapat memperluas ...
    • Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Dasar 

      Khulafa, Faris Nur; Umami, Fahry Zatul; Putri, Ratna Hapsari (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)
      Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA mulai berlaku pada 1 Januari 2016. Salah satu komponen penting bagi Indonesia untuk menghadapi MEA adalah jumlah wirausahawan dalam negeri, karena wirausahawan memiliki peranan besar ...
    • Penguatan Kompetensi Calon Guru Melalui Program Magang Pada Mahasiswa PGSD FKIP UMS 

      Fathoni, Achmad; Sudrajat, Kukuh Sandy; Prabowo, David (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)
      Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana program magang dapat menguatkan kompetensi calon guru SD yang terdiri dari 1) Kompetensi Paedagogik, 2) Kompetensi Profesional, 3) Kompetensi Sosial, dan 4) Kompetensi ...
    • Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Metode Field Trip Pada Siswa Kelas IV A SDN Tambakaji 04 Kota Semarang 

      Dewi, Indah Novita; Samadhy, Umar; Harrist, Busyairi (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)
      Fakta pembelajaran di kelas IV-A SD Tambakaji 04: proses pembelajaran mengarang, dimulainguru memerintahkan siswa mengarang dengan topik dari guru dan menggunakan ru- ang kelas sebagai tempat belajar. Produk siswa sedikit, ...
    • Peningkatan Keterampilan Menulis Petunjuk Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Multimedia Power Point Pada Siswa Kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang 

      Abbas, Nuraeni (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)
      Berdasarkan refleksi prasiklus diperoleh permasalahan bahwa pembelajaran menulis petunjuk pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang belum optimal.Permasalahan tersebut yaitu guru tidak memberikan peragaan dan kurang ...
    • Peningkatan Profesional Guru Bimbingan Dan Konseling 

      Widada, W (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)
      Guru Bimbingan dan Konseling (Guru BK) merupakan pendidik professional. Dengan demikian kinerja Guru BK telah diakui sebagai jabatan professional baik oleh pemerintah, masyarakat pemakai jasa layanan BK, maupun masyarakat ...
    • Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal, Kompetensi Guru Dan Hasil Belajar Peserta Didik 

      Fitrianawati, Meita (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)
      Evaluation of learning outcomes play an important role in education. This is because the learning outcomes is one tool to see the achievement of students in learning activities. Results of learners are usually prepared ...
    • Perspektif Calon Guru Terhadap Konsep Guru Profesional 

      Prasetyarini, Aryati (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)
      Artikel ini memaparkan hasil penelitian tentang perspektif calon guru terhadap konsep guru yang profesional. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi jenis kompetensi yang paling dominan yang harus dimiliki oleh seorang ...
    • Praktik Belajar yang Baik Melalui Manajemen Kurikulum Sekolah Alam 

      Gunansyah, Ganes; Saputri, Nikita Dyah Ayu (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)
      Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan kurikulum dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah alam. Metode yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan ...
    • Profesionalisme Guru Sekolah Dasar 

      Asih, Sri Sami (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)
      Education is an important level in the life of the nation. There are at least two reasons that can be identified so that education remains up to date for review. First, the need for education is crucial because it is ...
    • Progresivisme Dalam Pendidikan Di Indonesia 

      Unknown author (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)
      Progresivisme yang mulai berkembang pada abad awal XX dalam dunia pendidikan dengan melihat situasi dan kondisi sekolah pada saat itu yang masih tradisional dan esensial dengan mengagungkan pengetahuan saja dan adanya ...
    • Prokrastinasi Guru 

      Habiby, Wahdan Najib (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)
      Prokrastinasi dalam dunia akademik yaitu jenis penundaan yang dilakukan pada jenis tugas formal yang berhubungan dengan tugas akademik dengan ciri-ciri: penundaan untuk memulai maupun menyelesaikan kerja pada tugas yang ...
    • Riset Kolaborasi Pengembangan Buku Cerita Anak Bermuatan Kearifan Lokal Berpendekatan Sastra Didaktis Sebagai Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar 

      Apriliya, Seni (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)
      Guru sebagai pendidik senantiasa dituntut untuk melakukan penguatan –afirmasi- kompetensi di berbagai lini. Oleh karena itu, akademisi dapat berkontribusi dengan cara melakukan riset kolaborasi. Salah satu upaya yang ...
    • Studi Pengelolaan Kurikulum Program Inklusi di MIM PK Kartasura 

      Amalia, Nur; Hutami, Endah Retno (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)
      Surakarta sebagai kota ramah anak menginisiai daerah-daerah se-Solo Raya untuk mengembangkan pendidikan-pendidikan yang mampu mengakomodasi semua anak tanpa terkecuali. Hal tersebut melatar-belakangi pengembangan sekolah ...
    • The Digital Story Telling Development And Its Application For The PGSD Students Speaking Ability 

      Zuhdi, Ulhaq (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)
      The objective of this research was the development and the application of Digital Story Telling media to PGSD (Elementary School Teacher candidate) speaking ability. This research aimed to describe how the development ...
    • Tindak Tutur Negatif Pada Media Sosial : Studi Kasus Anak Usia Sekolah Dasar 

      Riyanto, Sugeng (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)
      Pemakaian bahasa yang dipakai oleh seorang penutur mencerminkan kemampuan kognitif atau kemampuan berpikir seseorang. Sebab apa yang diungkapkan oleh lisan adalah satu hal yang dipikirkan oleh orang tersebut. Kegiatan ...