Browsing Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya by Title
Now showing items 131-150 of 548
-
Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dan Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang paling efektif dari kedua model Two Stay Two Stray (TSTS) dan Think Pair Share(TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah ... -
EFEKTIVITAS MODEL PENEMUAN TERBIMBING DAN COOPERATIVE LEARNING DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Eksperimentasi di Kelas IX SMP se-Sub Rayon 04 Kabupaten Wonogiri)
(MUP, 2011-07)Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui manakah diantara model pembelajaran penemuan terbimbing, cooperative learning, dan konvensional yang dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik. (2) Untuk mengetahui ... -
Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII di SMP Negeri Se-Kabupaten Klaten
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Tujuan penelitian ini, yaitu: untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran STAD dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk dalam penelitian ... -
EFEKTIVITAS PENILAIAN DIRI DAN TEMAN SEJAWAT UNTUK PENILAIAN FORMATIF DAN SUMATIF PADA PEMBELAJARAN MATA KULIAH ANALISIS KOMPLEKS
(MUP, 2011-07)Indikasi keterlibatan mahasiswa secara aktif pada kegiatan pembelajaran di Perguruan Tinggi mulai merebak, namun keterlibatan mahasiswa sampai pada kegiatan penilaian khususnya penilaian formatif dan sumatif belum banyak ... -
Efektivitas Problem Solving dan Guided Inquiry terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep pada Siswa SMP
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitaian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran menggunakan pendekatan problem solving dan guided inquiry. Populasi ini dalam penelitian diambil tiga ... -
Eksperimen Pembelajaran Dengan Strategi Brain Based Learning dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)The purpose of this research: (1) To examine the influence of Brain Based Learning and Problem Based Learning strategy toward student learning outcomes. (2) To examine the influence of critical thinking skills toward ... -
Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Discovery Learning dan Inkuiri
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) kontribusi strategi pembelajaran Discovery Learning dan Inkuiri terhadap hasil belajar matematika. (2) kontribusi tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Group Investigation (GI) dan Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang memberikan hasil belaja matematika yang lebih baik, siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered HeadTogether (NHT), Group Investigation (GI) atau Team Assisted ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match atau TPS. (2) Manakah yang mempunyai ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning (DL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbasis Assessment for Learning (AFL) terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Tingkat Motivasi Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh masing-masing kategori model pembelajaran, tingkat motivasi, dan interaksinya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Missouri Mathematics Project (MMP) Dan Teams Games Tournament (TGT) Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Emotional Quotient (EQ) Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri se-Kodya Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3 x 3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri se-Kodya Surakarta semester ganjil tahun pelajaran ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devisions (Stad) Modifikasi, Think Pair And Share (TPS) dan Konvensional Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Kemandirian Pada Siswa SMP Se-Kabupaten Kudus
(Muhammadiyah University Press, 2012-04-09)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemandirian serta interaksinya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan menggunakan ... -
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP NEGERI SE-KABUPATEN GROBOGAN
(MUP, 2011-07)Noviana Dini Rahmawati, S850809313. Experimentation of Cooperative Learning Model using Teams Games Tournament (TGT) Type and Numbered Heads Together (NHT) on Linear Equations System in Two Variables Material be Viewed ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Make A Match (MAM) Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas XI SMA Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017
(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-03-18)Penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran, kecerdasan emosional, dan interaksinya terhadap prestasi belajar pada materi lingkaran. Populasi meliputi seluruh ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Tingkat Kedisiplinan Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh model pembelajaran Project Based Learningdan Discovery Learningterhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh tingkat kedisiplinan siswa terhadap prestasi ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Fungsi Ditinjau dari Interaksi Sosial Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik pada model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan saintifik, siswa dengan tingkat interaksi sosial ... -
Eksperimentasi Model Stad dan Tps Pada Materi Pokokpersamaan Garis Lurus
(Muhammadiyah University Press, 2012-05-09)The aims of this research are to find out the different effect of each categories of learning model. The research is quasi experimental with 1 × 3 factorial design. The population is all students of grade VIII State Junior ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Assessment For Learning dan Eksperimentasi Pembelajaran Menggunakan Perpaduan Metode Penemuan Dengan Pendekatan Investigasi 97
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh masing- masing kategori model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain ... -
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG YANG BERBASIS ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI TINGKAT KREATIVITAS SISWA
(MUP, 2011-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah di antara pendekatan pembelajaran CTL dan pembelajaran langsung yang berbasis AfL dan juga di antara kategori kreativitas siswa yang dapat menghasilkan prestasi belajar ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Dengan Model NHT Dan TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament terhadap hasil belajar. (2) pengaruh tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar. (3) ...