Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016: Recent submissions
Now showing items 61-80 of 112
-
Upaya Meningkatkan Sikap Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Posing Dalam Setting Team-Assisted Individualization (TAI)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kritis siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan problem posing dalam setting Team-Assisted Individualization (TAI) di kelas XII IPA 1 SMAN 1 Gamping tahun pelajaran ... -
Meningkatkan Toleransi Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Guided Discovery Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan toleransi siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model guided discovery setting pembelajaran kooperatif tipe TPS pada kelas X MIPA 5 MAN Yogyakarta 3. Penelitian ini ... -
Kontribusi Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi self-efficacy dan kemampuan komunikasi matematis terhadap prestasi belajar siswa kelas VI SD Diponegoro Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa ... -
Peningkatan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Siswa SMP Kelas VII
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan reciprocal teaching. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. ... -
Profil Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Visual-Spasial Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kecerdasan visual-spasial siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jaten Karanganyar ... -
Diagnosis Kesulitan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Dan Pemberian Scaffolding
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kesulitan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan, serta bentuk scaffolding untuk mengatasi kesulitan penalaran tersebut. Jenis penelitian ... -
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Teorema Pythagoras
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Matematika sebagai salah satu mata pelajaran sekolah tidak bisa terpisah dari disiplin ilmu lain dan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Koneksi matematis merupakan salah satu standar proses NCTM. Melalui koneksi ... -
Studi Komparasi Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif 5E dan STAD
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian kajian teori. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan model pembelajaran kooperatif tipe 5E dan STAD dalam meningkatkan keterampilan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, And Satisfaction) Berbantu Media Lingkungan Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp pada Materi Aritmetika Sosial
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Hasil observasi menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar matematika siswa masih rendah, sehingga diperlukan inovasi dalam pembelajaran. Salah satu inovasi yang ditawarkan adalah model pembelajaran Assurance, Relevance, ... -
Peran Kemampuan Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika yang Berkaitan dengan Geometri
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Salah satu cabang ilmu dalam matematika yang telah diajarkan kepada siswa mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi adalah Geometri. Siswa dituntut untuk dapat membayangkan suatu benda dalam benak mereka (visual ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Dengan Model NHT Dan TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament terhadap hasil belajar. (2) pengaruh tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar. (3) ... -
Persepsi Mahasiswa Matematika Terhadap Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Dalam Perkuliahan Geometri Analitik
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa matematika terhadap Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dalam perkuliahan Geometri Analitik.. Penelitian dilakukan pada semester 1 ... -
Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis : (1) pengaruh media Macromedia Flash 8 atau Powerpoin terhadap prestasi, (2) pengaruh keaktifan belajar yang tinggi, sedang, atau rendah terhadap prestasi, (3) pengaruh ... -
Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Artikel ini akan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan perbandingan senilai dan berbalik nilai. Pendeskripsian ini berdasarkan hal – hal yang perlu diperhatikan dalam menyelesaikan suatu ... -
Problematika Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di SMP dan Alternatif Pemecahannya
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Makalah ini berisi kajian hipotetik yang bertujuan mendiskripsikan tentang problematika pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi lengkung SMP kelas IX dan alternatif pemecahannya. Bangun ruang sisi lengkung pada ... -
Penerapan Model Pembelajaran Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Teknik Kendaraan Ringan D (TKR D) SMK N 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan memperbaiki proses pembelajaran sehingga dapat meningkatan keaktifan belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu perencanaan, ... -
Analisis Miskonsepsi Siswa Terhadap Simbol Dan Istilah Matematika Pada Konsep Hubungan Bangun Datar Segiempat Melalui Permainan Dengan Alat Peraga (SD Muhammadiyah 1 Surakarta)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengeksplorasi miskonsepsi terhadap simbol dan istilah matematika siswa di SD pada materi bangun datar, (2) mengetahui cara guru mengajarkan materi bidang datar untuk siswa ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Kesebangunan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX SMP pada materi kesebangunan yang terdiri dari 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. ... -
Peningkatan Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching (PTK di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Kelas IX Semester Gasal Tahun Ajaran 2015/2016)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika siswa kelas IX C SMP Muhammadiyah 10 Surakarta melalui pendekatan Reciprocal Teaching. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ... -
Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Artikel ini merupakan metode hasil kajian tentang Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan artikel ini untuk mengetahui bahwa PBL dapat meningkatkan kemampuan ...