Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016: Recent submissions
Now showing items 41-60 of 112
-
Eksperimen Pembelajaran Dengan Strategi Brain Based Learning dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)The purpose of this research: (1) To examine the influence of Brain Based Learning and Problem Based Learning strategy toward student learning outcomes. (2) To examine the influence of critical thinking skills toward ... -
Peningkatan Partisipasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian tindakan kelas ini, dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian terdiri ... -
Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa IQ adalah kecerdasan yang dianggap paling penting karena selalu menjadi tolok ukur kecerdasan seseorang. Namun, pendapat ini semakin lama semakin pudar sejalan dengan suasana ... -
Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII di SMP Negeri Se-Kabupaten Klaten
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Tujuan penelitian ini, yaitu: untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran STAD dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk dalam penelitian ... -
Penerapan Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Artikel ini merupakan metode hasil kajian mengenai penerapan pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Tujuan dari artikel ini untuk mengetahui bahwa pendekatan ... -
Implementasi Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dan Respon Siswa Dalam Pembelajaran
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini diadakan karena kenyataan di lapangan (siswa kelas VII SMP Negeri 12 Bandung) menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang rendah dan dapat dilihat dari rendahnya hasil tes pada bab sebelumnya ... -
Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Penerapan Lasswel Comunication Model
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan penerapan Lasswel Communication Model pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan ... -
Pengaruh Strategi React Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kontribusi strategi pembelajaran REACT terhadap hasil belajar matematika, (2) kontribusi tingkat minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara ... -
Analisis Kesalahan Buku Paket Matematika Yang Berjudul “Contextual Teaching And Learning: Matematika Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4 Oleh Atik Wintarti, dkk” Serta Alternatif Penyelesaiannya.
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Tujuan dari penulisan artikel ini adalah 1) Untuk mengetahui apa saja kesalahan yang ada dalam buku teks matematika berjudul “CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING: MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/ MADRASAH TSANAWIYAH ... -
Kreativitas Open Ended Problem Siswa Kelas VIIIG SMPN 17 Malang
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan mendeskripsikan kreativitas siswa kelas VIII G SMPN 17 Malang pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan masalah open ended. Data yang dikumpulkan berupa hasil ... -
Kreativitas Problem Posing Siswa Kelas VIII SMPN Malang
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian bertujuan mendeskripsikan kreativitas problem posing siswa kelasVIII. Subjek penelitian yaitu 32 siswa kelas VIII SMP N Malang pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Data yang dikumpulkan berupa hasil ... -
Pengaruh Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) konstribusi pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar, (2) konstribusi kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap ... -
Penerapan Metode Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Partisipasi Siswa pada Materi Bangun Ruang
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan partisipasi siswa pada materi bangun ruang dengan menggunakan metode pemecahan masalah dengan pendekatan reciprocal teaching. Materi bangun ... -
Pengembangan Media Permainan Balok Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa memahami materi pelajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development).Tujuan penelitian ini untuk ... -
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Matematis pada Mata Kuliah Statistika Non Parametri
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan dan menganalisis: 1) Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap prestasi belajar pada mata kuliah statistika non parametrik. 2).Pengaruh kemampuan pemahaman matematis ... -
Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Discovery Learning dan Inkuiri
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) kontribusi strategi pembelajaran Discovery Learning dan Inkuiri terhadap hasil belajar matematika. (2) kontribusi tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. ... -
Penggunaan Batang Persen untuk Menyelesaikan Permasalahan Tentang Persen
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)This study aims to figure out how percentage bar supports students in solving percentages problems: 1) students are able to compute the part of a whole while the percentage is given; 2) students are able to compute a ... -
Pengembangan Mobile Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Matriks Siswa SMK/SMA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu media pembelajaran berbasis ICT yang dapat diakses siswa menggunakan gadget/smartphone, agar siswa dapat mengulang kembali materi pelajaran kapan saja dan dimana saja dia ... -
Analisis Kasus Rendahnya Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Materi Irisan Kerucut dan Solusi Pemecahannya di Kelas XI IA 2 SMA IT Nur Hidayah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Materi irisan kerucut merupakan materi yang sudah lama tidak masuk ke dalam silabus, 10 tahun kemudian dimunculkan kembali pada kurikulum 2013.Pada kondisi lapangan, guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan materi ... -
Proses Scaffolding Berdasarkan Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Diagnosis kesulitan menjadi hal yang penting bagi seorang guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Dengan melakukan diagnosis, guru dapat mengetahui letak dimana siswa mengalami kesulitan belajar khususnya dari ...